Pendampingan Belajar Membaca Al-Qur’an Berbasis Metode Kibar pada Peserta Didik di TK Islam Ahlul Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.29407/dimastara.v5i1.27322Keywords:
Pendampingan, Membaca Al-Qur'an, Metode, KibarAbstract
Pendampingan ini diharapkan dapat menghasilkan peningkatan pada kualitas bacaan Al-Qur’an anak dengan cara memberikan pendampingan yang menyenangkan agar anak-anak lebih semangat, lebih tertarik dan tetap bersemangat selama mengikuti kegiatan belajar. Pendidikan Al-Qur’an memiliki peranan yang amat penting dalam membentuk karakter, akhlak, dan spiritualitas anak, sehingga pendidikan Al-Qur’an memiliki peran yang sangatlah penting untuk diberikan kepada anak sejak anak masih berusia dini. Kegiatan pendampingan ini berfokus pada belajar membaca Al-Qur’an berbasis metode kibar dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kemahiran anak dalam membaca Al-Qur’an. Metode Kibar dikembangkan sebagai bentuk penyempurnaan dari metode Iqra’ yang disajikan dalam bentuk yang lebih ringkas, sederhana, dan menyenangkan yang terdiri dari empat jilid yaitu Pra Kibar, Kibar A, Kibar B, dan Kibar C. Dalam pelaksanaan pendampingan ini digunakan metode Service Learning, yang terdiri atas tiga komponen utama, yakni tahap persiapan, pelaksanaan kegiatan, dan refleksi hasil. Hasil pendampingan melihatkan terdapat peningkatan dalam kemampuan anak dalam membaca Al-Qur’an baik dari aspek pengenalan huruf, kelancaran dalam membaca, dan pemahaman tajwid dasar. Selain itu, melalui metode kibar ini anak juga mampu membaca Al-Qur’an lebih cepat tanpa membutuhkan waktu yang lama. Dengan demikian, metode kibar terbukti sangatlah efektif dalam salah satu pendekatan yang dapat diimplementasikan dalam proses belajar mengajar membaca Al-Qur’an.
Downloads
References
[1] F. Purba, “Pendekatan dalam Studi Al-Quran: Studi tentang Metode dan Pendekatan Al-Quran,” J. As-Salam, vol. 1, no 2, pp. 27–38, 2016.
[2] M. Arsyad, muhammad A. Bima, M. D. R. K. Fauzy, M. I. Saputra, M. Thaib, and N. K. Ramadhan, “Al-Qur’an Sebagai Sumber Ajaran dan Hukum Islam,” J. Relig. J. Agama, Sos. dan Budaya, vol. 1, no. 3, p. 62, 2023, [Online]. Available: https://maryamsejahtera.com/index.php/religion/index
[3] Agus Salim Syukran, “Fungsi Al-Qur’an bagi Manusia,” Al-I’jaz J. Stud. Al-Qur’an, Falsafah dan Keislam., vol. 1, no2, pp. 90–108, 2019, doi: 10.53563/ai.v1i2.21.
[4] M. Azmy, M. Kustati, and Gusmirawati, “Pendampingan Membaca Al-Quran Dengan Metode Iqro Kepada Siswa Dalam Mengatasi Buta Aksara Di Sdn 26 Kuamang,” J. Gembira (Pengabdian Kpd. Masy., vol. 1, no. 6, pp. 36–42, 2023.
[5] Al Azhim and L. N. Kholidah, “Problematika Pelafalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini di Rhoudhotu Tarbiyatil Qur’an (RTQ) Al-Ghozali Tlogomas Malang,” JoLLA J. Lang. Lit. Arts, vol. 1, no. 1, pp. 62–75, 2021, doi: 10.17977/um064v1i12021p62-75.
[6] Heriah Fitria and Alwizar, “Kajian Pustaka tentang Isi dan Fungsi Al-Qur’an sebagai Pedoman Hidup Umat Islam,” Al-Zayn J. Ilmu Sos. Huk., vol. 3, no. 2, pp. 1163–1172, 2025, doi: 10.61104/alz.v3i2.1240.
[7] S. Mutiah, “Penerapan Metode Kibar Dalam Peningkatan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Di SMP Negeri 24 Medan,” Educ. J. Ilmu Pendidik. dan Pengajaran, vol. 2, no. 1, pp. 83–97, 2023, doi: 10.56114/edu.v2i1.9279.
[8] E. Rahma, H. Hertati, and M. A, “Tantangan Dan Solusi Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Di Smpn 9 Tualang,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 8, no. 1, pp. 3400–3405, 2025, doi: 10.31004/jrpp.v8i1.43586.
[9] N. Alifya, D. W. Pratama, Y. Sulistyono, and M. A. Anshori, “Peningkatan Kualitas Baca Tulis Al-Qur ’ an dengan Metode Iqro ’ untuk TPQ Al-Husna Pilang,” Bul. KKN Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 91–100, 2025, doi: 10.23917/bkkndik.v7i1.9903.
[10] E. Dewita, U. Muhammadiyah, and S. Barat, “Peningkatan Keterampilan Membaca Al-Qur ’ an Lansia dengan Metode Kibar,” J. menara Pengabdi., vol. 3, no. 3, pp. 108–118, 2023.
[11] D. Bestari and I. Muliati, “Implementasi Metode Kibar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di TPQ Baitul Muttaqin Kota Padang,” Tazakka J. Pendidik. dan Keislam., vol. 2, no. 02, pp. 107–119, 2024, doi: 10.24036/tazakka.v2i02.38.
[12] M. Ghozali and Subiyantoro, “Implementasi Q.S Ash-Shura Ayat 6 Dalam Pengawasan Mutu Program Kibar Pada Masa Pandemi,” J. Sekol., vol. 6, no. 3, pp. 64–80, 2022.
[13] E. Rahmi, “Efektivitas Metode Kibar Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Pada Taman Pendidikan Al-Qur’an,” El-Rusyd J. Sekol. Tinggi Ilmu …, vol. 4, no. 1, pp. 1–18, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.stitahlussunnah.ac.id/index.php/el-rusyd/article/view/52
[14] E. Farida, H. Lestari, and Z. Ismail, “Metode Qiroati dalam Pembelajaran Al-Qur’an: Studi Kasus di SDIT Insantama Leuwiliang,” Reslaj Relig. Educ. Soc. Laa Roiba J., vol. 3, no. 1, pp. 1–13, 2021, doi: 10.47467/reslaj.v3i1.224.
[15] S. Dzulficar, M. Ihsan, S. Tinggi, I. Tarbiyah, and S. Maarif, “Pengaruh Metode Kreatif Inovatif Brilian Aktif Religius ( KIBAR ) terhadap Baca Tulis Al Qur ’ an Siswa Kelas V SD Muhammadiyah I Bontang,” Nabawi J. Penelit. Pendidik. Indones., vol. 3, no. 3, 2025.
[16] tanto aljauhare Tontowie and A. Firdaus, “Meningkatkan Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode Iqra (Pengabdian Masyarakat di Desa Kertajaya Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran),” Khidmat, vol. 1, no. 2, pp. 93–101, 2021.
[17] R. Nurwahyudi, “Implementasi Metode Kibar dalam Belajar Membaca Al-Qur’an di Kelompok Roket TK IT Assalaam Pucanganom III Murtigading Sanden Bantul Yogyakarta,” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018.
[18] I. Mustika and W. Wikanengsih, “Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar Daring Berbasis Metakognitif Melalui Service Learning Approach,” Abdimas Siliwangi, vol. 4, no. 2, pp. 256–266, 2021, doi:http://dx.doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.7007.
[19] I. N. Sari and D. F. Heriyawati, “Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Komunitas Guru Sekolah Dasar Melalui Service Learning Approach di Kecamatan Sukun Kota Malang,” Engagem. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 563–573, 2020, doi: 10.29062/engagement.v4i2.141.
[20] E. Maimanati, Kibar: Cara Cepat dan Fasih Belajar Membaca Al-Qur’an. Yogyakarta, 2003.
[21] A. N. Phafiandita, A. Permadani, A. S. Pradani, and M. I. Wahyudi, “Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas,” JIRA J. Inov. dan Ris. Akad., vol. 3, no. 2, pp. 111–121, 2022, doi: 100.47387/jira.v3i2.262.
[22] I. Nasutin, febri nanda Monalisa, sarah lailatil Fadla, and eka putri Mildyani, “kompetensi evalutor dalam pelaksanaan evaluasi program pendidikan,” vol. 3, no. 02, pp. 193-202, 2023,[Online]. Available:
https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJPP%0AKompetensi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


