Efektivitas Program MBKM dalam Meningkatkan Literasi Digital dan Kompetensi Teknologi Siswa di SMK Al-Wasliyah Stabat
DOI:
https://doi.org/10.29407/dimastara.v4i2.26088Keywords:
MBKM, Asistensi Mengajar, Literasi dan Numerasi, Adaptasi TeknologiAbstract
Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan inisiatif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu bentuk implementasi dari program ini adalah Asistensi Mengajar, yang bertujuan memberikan dukungan bagi tenaga pengajar serta pengalaman praktis bagi mahasiswa. Kegiatan ini berperan sebagai solusi inovatif untuk membantu sekolah mengembangkan pembelajaran yang lebih kreatif dan berbasis teknologi. Mahasiswa yang terlibat dalam program ini turut serta dalam penelitian dan observasi untuk mengidentifikasi tantangan serta potensi di lingkungan pendidikan. Kegiatan ini bentuk kolaborasi antara mahasiswa, dosen, unit pengelola MBKM, dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), sehingga mendukung penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Program ini diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta memberikan dampak nyata bagi komunitas sekolah dan masyarakat. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis, serta penguasaan teknologi pendidikan bagi siswa dan tenaga pendidik. Evaluasi program memperlihatkann bahwa asistensi mengajar tidak hanya bermanfaat bagi sekolah namun memberikan pengalaman langsung bagi mahasiswa dalam memahami tantangan dan potensi pendidikan. Dengan demikian, program Asistensi Mengajar menjadi salah satu strategi inovatif dalam membangun ekosistem pendidikan yang lebih inklusif, modern, dan berbasis teknologi, sekaligus menciptakan sinergi antara dunia akademik dan dunia pendidikan di tingkat sekolah.
Downloads
References
[1] D. Pembelajaran, D. Kemahasiswaan, D. Jenderal, P. Tinggi, D. Teknologi, and K. Pendidikan, “BUKU PANDUAN MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA 2024,” 2024.
[2] P. J. Silaban, “Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan KAJIAN ASISTENSI MENGAJAR DI SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA CALON GURU SD PADA PROGRAM KAMPUS MERDEKA,” vol. 8, p. 13, 2023.
[3] N. Sabila and M. S. Hadi, “Optimalisasi Penggunaan Teknologi Pembelajaran dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin.”
[4] R. Hidayat and S. Sabarudin, “Implementasi MBKM dan Potensi Pengaplikasiannya pada Revolusi Industri 4.0,” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 4, no. 5, pp. 6875–6883, Sep. 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i5.3283.
[5] “Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Ke-7 (SNIP 2023) SHEs: Conference Series 6 (3) (2023) 320-326.” [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/shes
[6] R. Rodiyah, “Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional,” vol. 7, no. 2, p. 2021, doi: 10.15294/snhunnes.v7i2.737.
[7] M. Amien, A. Ajiz Bazazi, M. Husnur Robert, A. Dail Valahi, and L. Mauli Diana, “Pengabdian Masyarakat melalui Program Asistensi Mengajar di SMK Negeri 1 Sepulu,” vol. 1, no. 2, pp. 100–110, 2024, doi: 10.52620/jpmk.v1i2.153.
[8] M. R. Gurning et al., “Abdi Implementasi Pancasila: Jurnal Pengabdian Masyarakat,” 2022.
[9] E. Di et al., “ANDASIH Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Model Energi Indonesia, Tinjauan Potensi Energy Terbarukan Untuk Ketahanan,” 2020.
[10] J. Al Maesarah, J. Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Pendidikan, dan Kemasyarakatan, A. Gunawan, and Ma. Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah, “PENDAMPINGAN AKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR SANTRI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI PONDOK PESANTREN BABURROHMAT DESA RANCAPANGGUNG KECAMATAN CILILIN KABUPATEN BANDUNG BARAT,” 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eka Feby Ronauli Lubis, Muhammad Asrin Jazuli, Ismi Novitasari Sinaga, Ismi Novitasari Sinaga, Ummu Habibah Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0