Aplikasi Canva Untuk Tenaga Pendidik Di Sekolah Entrepreneur Tahfidz Kekasih Al Aqsa Sulawesi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.29407/dimastara.v4i2.25348Keywords:
Canva, Digitalisasi Pendidikan, Media Pembelajaran, Sekolah Tahfidz, Tenaga PendidikAbstract
Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan menjadi kebutuhan yang mendesak di era digital saat ini. Aplikasi Canva hadir sebagai salah satu solusi praktis dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan mudah diakses oleh tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan aplikasi Canva bagi guru di Sekolah Enterprenur Tahfidz Kekasih Al Aqsa, Sulawesi Selatan, dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar tenaga pendidik sebelumnya belum familiar dengan penggunaan aplikasi desain digital seperti Canva. Setelah dilakukan pelatihan dan pendampingan, terjadi peningkatan signifikan dalam kemampuan guru menciptakan media pembelajaran visual yang lebih komunikatif dan relevan dengan kebutuhan siswa. Canva juga terbukti mendorong kreativitas guru dalam menyampaikan materi, terutama dalam integrasi nilai-nilai keislaman dan kewirausahaan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan program pelatihan teknologi dan integrasi Canva ke dalam kurikulum pengembangan profesional guru secara berkelanjutan.
Downloads
References
[1] M. Admelia, N. Farhana, S. S. Agustiana, A. I. Fitri, and L. Nurmalia, ‘Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan’, KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 5, no. 2, p. 177, May 2022, doi: 10.28989/kacanegara.v5i2.1087.
[2] Tri Wulandari and Adam Mudinillah, ‘Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD’, Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), vol. 2, no. 1, pp. 102–118, Feb. 2022, doi: 10.32665/jurmia.v2i1.245.
[3] R. S. I. Dewi et al., ‘Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Canva for Education dalam Modul Ajar berbasis Problem Based Learning bagi Guru di SDN Bandungrejosari 2 Kecamatan Sukun Kota Malang’, Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, vol. 8, no. 3, pp. 843–856, Oct. 2024, doi: 10.29407/ja.v8i3.23638.
[4] J. Santoso, ‘Mengatasi Tantangan Keterlibatan Mahasiswa: Strategi Efektif untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Menarik’, Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, vol. 14, no. 2, pp. 469–478, Dec. 2023, doi: 10.37304/jikt.v14i2.267.
[5] D. Cahyani et al., ‘Peningkatan Ekonomi Keluarga melalui Pelatihan Bisnis Jamu Tradisional dengan Pendekatan PAR dan Capacity Building di Mojogebang’, vol. 5, no. 2, 2025, doi: 10.59818/jpm.v5i1.1254.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Thiara Tri Funny Manguma, Emil Fatra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0