Aplikasi Canva Untuk Tenaga Pendidik Di Sekolah Entrepreneur Tahfidz Kekasih Al Aqsa Sulawesi Selatan

Authors

  • Thiara Tri Funny Manguma Universitas Almarisah Madani
  • Emil Fatra Universitas Almarisah Madani

DOI:

https://doi.org/10.29407/dimastara.v4i2.25348

Keywords:

Canva, Digitalisasi Pendidikan, Media Pembelajaran, Sekolah Tahfidz, Tenaga Pendidik

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan menjadi kebutuhan yang mendesak di era digital saat ini. Aplikasi Canva hadir sebagai salah satu solusi praktis dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan mudah diakses oleh tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan aplikasi Canva bagi guru di Sekolah Enterprenur Tahfidz Kekasih Al Aqsa, Sulawesi Selatan, dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar tenaga pendidik sebelumnya belum familiar dengan penggunaan aplikasi desain digital seperti Canva. Setelah dilakukan pelatihan dan pendampingan, terjadi peningkatan signifikan dalam kemampuan guru menciptakan media pembelajaran visual yang lebih komunikatif dan relevan dengan kebutuhan siswa. Canva juga terbukti mendorong kreativitas guru dalam menyampaikan materi, terutama dalam integrasi nilai-nilai keislaman dan kewirausahaan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan program pelatihan teknologi dan integrasi Canva ke dalam kurikulum pengembangan profesional guru secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] M. Admelia, N. Farhana, S. S. Agustiana, A. I. Fitri, and L. Nurmalia, ‘Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan’, KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 5, no. 2, p. 177, May 2022, doi: 10.28989/kacanegara.v5i2.1087.

[2] Tri Wulandari and Adam Mudinillah, ‘Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD’, Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), vol. 2, no. 1, pp. 102–118, Feb. 2022, doi: 10.32665/jurmia.v2i1.245.

[3] R. S. I. Dewi et al., ‘Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Canva for Education dalam Modul Ajar berbasis Problem Based Learning bagi Guru di SDN Bandungrejosari 2 Kecamatan Sukun Kota Malang’, Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, vol. 8, no. 3, pp. 843–856, Oct. 2024, doi: 10.29407/ja.v8i3.23638.

[4] J. Santoso, ‘Mengatasi Tantangan Keterlibatan Mahasiswa: Strategi Efektif untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Menarik’, Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, vol. 14, no. 2, pp. 469–478, Dec. 2023, doi: 10.37304/jikt.v14i2.267.

[5] D. Cahyani et al., ‘Peningkatan Ekonomi Keluarga melalui Pelatihan Bisnis Jamu Tradisional dengan Pendekatan PAR dan Capacity Building di Mojogebang’, vol. 5, no. 2, 2025, doi: 10.59818/jpm.v5i1.1254.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-06-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

Aplikasi Canva Untuk Tenaga Pendidik Di Sekolah Entrepreneur Tahfidz Kekasih Al Aqsa Sulawesi Selatan. (2025). Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(2), 44-53. https://doi.org/10.29407/dimastara.v4i2.25348

Similar Articles

1-10 of 34

You may also start an advanced similarity search for this article.