Main Article Content

Abstract

Situs web merupakan salah satu media berbasis teknologi untuk menyebarkan informasi. situs web pemerintah memainkan peran penting dalam memberikan aksesbilitas yang optimal serta memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan. Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan  (DLHKP) Kota kediri, Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 bertanggung jawab dalam pengelolaan sampah dan limbah B3 di Kota Kediri yang juga membutuhkan partisipasi masyarakat dalam menjalankan tugas. DLHKP Kota Kediri berupaya untuk memberikan informasi melalui penyuluhan dengan menggunakan teknologi berupa situs web untuk meningkatkan partisipasi masyarakat terkait pengelolaan sampah dan limbah. oleh karena itulah dibutuhkan perancangan antarmuka situs web yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pengguna. Dalam perancangan antarmuka situs web ini menggunakan metode Goal Directed Design (GDD) yang melibatkan enam tahap : research, modeling, requirement, framework, refinement dan support. Setelah itu dilanjutkan dengan Usability Testing yang menunjukkan 75,37% responden menerima rancangan yang disusulkan serta User Experience Questionaire (UEQ). Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada metode UEQ mendapat hasil akhir, dikategorikan Excellent (Luar biasa) pada aspek Daya Tarik dan Stimulasi, dikategorikan Good (Baik) pada aspek kejelasan dan Ketepatan, dikategorikan Above Average (di atas rata-rata) pada aspek Kebaruan dan dikategorikan Below Average (di bawah rata-rata) pada aspek efisisensi.

Keywords

Informasi; situs web; Goal Directed Design; User Experience Questionaire

Article Details

How to Cite
Ristyawan, A., Firliana, R., Sucipto, S., Widodo, W., Indrawan, D. R., Wibisono, R. M., & Andriyanto, T. (2024). Perancangan antarmuka situs web profil DLHKP Kota Kediri Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(2). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/dimastara/article/view/22710

References

  1. [1] H. Ristiawan, “Analisis User Situs web Pemerintah Untuk Pengembangan Situs web Berbasis Citizen Centric User Analysis of Government Situs web,” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 4, no. 2, pp. 122–135, 2015.
  2. [2] R. Setiawan and P. E. Mountaines, “Perancangan Tampilan Antarmuka Situs web Program UMKM Tupai Tech Menggunakan Figma,” J. Tek. Komput., vol. 1, no. 3, pp. 132–140, 2022, doi: 10.14710/jtk.v1i3.37608.
  3. [3] N. W. Elazri, S. H. Wijoyo, and B. S. Prakoso, “Analisis Kebutuhan dan Perancangan Antarmuka Pengguna Situs Web Pet N Pop menggunakan Metode Goal-Directed Design dan Post-Study System Usability Questionnaire ( Studi Kasus : PT Mahitala Bramanta Digital ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 3, pp. 1082–1094, 2022, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/10700/4738.
  4. [4] Anwar A’an Choiril, Az-Zahra Hanifah Muslimah, and Rokhmawati Retno Indah, “Evaluasi dan Perancangan Ulang User Interface menggunakan Metode Goal Directed Design (GDD) pada E-Learning SMKN 1 Sambeng Lamongan,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 5, pp. 2336–2345, 2022, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11054.
  5. [5] R. R. Marbun, F. Al Mufied, and R. Fauzi, “Perancangan User Interface/User Experience (Ui/Ux) Situs web Helpmeong Untuk Shelter Menggunakan Metode Goal-Directed Design,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 7, no. 4, pp. 1096–1109, 2022, doi: 10.29100/jipi.v7i4.3190.
  6. [6] C. N. A. Cooper, R. Reimann, D. Cronin, About Face (4th edition), 4th ed. Willey, 2014.
  7. [7] A. Madan and S. K. Dubey, “Usability evaluation methods: a literature review,” Int. J. Eng. Sci. Technol., vol. 4, no. 2, pp. 590–599, 2012.
  8. [8] D. Albers et al., “Usability evaluation-Advances in experimental design in the context of automated driving human-machine interfaces,” Inf., vol. 11, no. 5, 2020, doi: 10.3390/INFO11050240.
  9. [9] E. of human-system interaction Technical Committee ISO/TC 159. Subcommittee SC 4, ISO 9241-11:2018 Ergonomics of Human-system Interaction: Egonomie de L’interaction Homme-système. Usability : definitions and concepts. Utilisabilité : définitions et concepts. Part 11. Partie 11. ISO, 2018.
  10. [10] N. Bevan and M. Macleod, “Usability measurement in context,” Behav. Inf. Technol., vol. 13, no. 1–2, pp. 132–145, 1994.
  11. [11] T. Darin, B. Coelho, and B. Borges, Which Instrument Should I Use? Supporting Decision-Making About the Evaluation of User Experience, vol. 11586 LNCS. Springer International Publishing, 2019.
  12. [12] R. Harrison, D. Flood, and D. Duce, “Usability of mobile applications: literature review and rationale for a new usability model,” J. Interact. Sci., vol. 1, no. 1, p. 1, 2013, doi: 10.1186/2194-0827-1-1.
  13. [13] J. R. Lewis, “Psychometric Evaluation of the PSSUQ Using Data from Five Years of Usability Studies,” Int. J. Human–Computer Interact., vol. 14, no. 3–4, pp. 463–488, Sep. 2002, doi: 10.1080/10447318.2002.9669130.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>