Optimalisasi Potensi Flora Lokal Melalui Pelatihan Ecoprint Sebagai Upaya Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Siswa SDN Tiron 3 Banyakan Kabupaten Kediri
DOI:
https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27711Keywords:
Ecoprint, Kepedulian Lingkungan, KreativitasAbstract
Pemanfaatan potensi flora lokal sebagai sumber belajar perlu dioptimalkan dalam rangka meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Pelatihan ecoprint merupakan salah satu kegiatan edukatif yang mengintegrasikan seni dan kepedulian lingkungan melalui pemanfaatan bahan alam seperti daun dan bunga dalam pembuatan motif pada kain. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pengetahuan siswa mengenai pelestarian lingkungan, (2) mengembangkan kreativitas dalam berkarya dengan bahan alami, serta (3) menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui produk ramah lingkungan. Program pelatihan dilaksanakan terhadap siswa SDN Tiron 3 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri dengan pendekatan praktik langsung (learning by doing). Tahapan yang dilakukan meliputi sosialisasi ecoprint, eksplorasi flora lokal, praktik teknik pounding, serta pameran hasil karya. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, terwujudnya keterampilan dalam menciptakan produk ecoprint yang unik, serta munculnya minat untuk mengembangkan produk sebagai alternatif usaha kreatif. Dengan demikian, pelatihan ecoprint berbasis pemanfaatan flora lokal tidak hanya berdampak pada peningkatan kompetensi seni, tetapi juga mendukung penguatan karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Abidin, J., & Hasibuan, E. A. (2022). Pentingnya kesadaran untuk peduli untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Jurnal Nauli, 1(3), 59–65.
Hikmawati, H., Yahya, M., Elpisah, E., & Fahreza, M. (2022). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4117–4124.
Luailiya, N., Misrochah, N., Nurfiani, H., Masyaid, A., Astuti, D. M., Afifah, E., & Komalasari, T. (2024). Pelatihan ecoprint dalam mendukung kreativitas siswa kelas 5 MI Tarbiyatus Shibyan. Jurnal Pengabdian Kolaboratif, 2(2), 8–16.
Mas’ud, M. A., & Slamet, S. (2024). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Self-Esteem pada Anak Usia Sekolah. MUNAQASYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 98–108.
Nurhayati, L., Purba, L. P., Wibowo, D. P., & Imu, F. A. (2023). Pengembangan kreatifitas melalui pelatihan ecoprint untuk mendorong industri kreatif di Bendul Merisi Wonocolo Surabaya. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1193–1201.
Pratama, K. W., Sasmita, G. G., & Sasmita, W. (2025, July). Peran Guru Kelas Dalam Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Era Generasi Alpha. Dalam Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 8, hlm. 2132–2143).
Pratama, K. W., Wenda, D. D. N., ‘Adziima, M. F., Wiganata, S. A., & Maulana, G. F. (2025). Parenting Daily Activities dan Self-Esteem untuk Mengatasi Demotivasi Siswa serta Fenomena Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 6(4), 711–723.
Rafiditya, N., & Syarifuddin, A. (2020). Self-esteem pada anak usia sekolah. (Sumber teori self-esteem 5 aspek).
Savana, T., Mawarni, P. Y., & Ambarwati, Y. (2023). Pengenalan kearifan lokal melalui pelatihan pembuatan batik ecoprint pada siswa sekolah dasar SDN Pangur 1 Ngawi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5695–5705.
Subiyati, S., Rosyida, A., & Wartiono, T. (2021). Pelatihan eco-print kain kapas/cotton pada siswa SMK tekstil pedan. Abdi Masya, 1(2), 41–46.
Zunaidah, E. F., Hasan, M., & Imron, I. F. (2023). Campus on duty (CoD): Peningkatan literasi budaya dan interaksi sosial siswa pasca pandemi COVID-19. Jurnal Pengabdian, 12(1), 53–61.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dinda Wulansari, Anis Nur Fadhilah, Mukhamad Riki Mahendra, Fahreza Fheeba Anggar Ditya, Kurniawan Wahyu Pratama, Ilmawati Fahmi Imron

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

