Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah semakin cepat sehingga tanpa disadari sudah mempengaruhi setiap aspek kehidupan manusia. Penggunaan handphone melanda pada anak-anak (7-11 tahun), dan lebih ironisnya lagi digunakan untuk anak usia (3-6 tahun), yang seharusnya belum layak untuk menggunakan handphone. Radiasi sinar handphone dapat menyebabkan gangguan penglihatan. Umumnya saat melihat banyak anak-anak yang kecanduan bermain handphone. Saat ini efek dari radiasi gelombang elektromagnetik memang tidak terasa secara langsung, namun jika digunakan terus menerus dalam durasi yang lama menimbulkan masalah kesehatan yaitu gangguan pada mata. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan kesadaran siswa dalam penggunaan handphone. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, diskusi. Evaluasi kegiatan dengan membandingkan nilai pre test sebagian besar belum tahu dan nilai post test dari 5 pertanyaan, 3 diantaranya siswa paham 24 (100%) serta intensitas penggunaan handphone sebanyak 12 siswa (50%) menggunakan handphone > 4 jam. Sebisa mungkin anak tidak dibiasakan bermain handphone sejak dini. Dengan begitu, anak tidak akan menganggap bahwa bermain handphone adalah kebiasaan, jadi mereka bisa terhindari dari bahaya radiasi yang mengancam.

Keywords

Edukasi Bahaya Radiasi Handphone Anak

Article Details

How to Cite
Permadani, S., Lonika, V., Rahmawati, J. F., & Risnasari, N. (2023). Edukasi Bahaya Radiasi Handphone Bagi Kesehatan Mata Pada Anak di SDN 1 Mrican . Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan Dan Sains, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.29407/abhipraya.v1i1.21480

References

  1. Abdu, S., Saranga’, J. L., Sulu, V., & Wahyuni, R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Ketajaman Penglihatan. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i1.59
  2. Alim, M. S. (2022). Studi Pendahuluan Rapid Thermal Annealing Berbasis Material Komposit Untuk Aplikasi Case Ponsel Antiradiasi Melalui Teknik Accumulative Roll Bonding (ARB).
  3. Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2015). Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Perkembangan Anak. Prosiding The 5th International Conference on Indonesian Studies: “Ethnicity and Globalization,” 2, 400.
  4. Bawelle, C. F. N., Lintong, F., & Rumampuk, J. (2016). Hubungan penggunaan smartphone dengan fungsi penglihatan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado angkatan 2016. Jurnal E-Biomedik, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.35790/ebm.4.2.2016.14865
  5. Ernawati, W. (2015). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Tajam Penglihatan Pada Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) Di Sd Muhammadiyah 2 Pontianak Selatan. Jurnal ProNers, 3(1). Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkeperawatanFK/article/view/10533
  6. Kurniawan, A. M., Azizah, A. N., & Mutmainnah, D. S. (2020). Penyuluhan Bahaya Radiasi Handphone Pada Anak Di Desa Mulyadadi Kecamatan Majenang. 2, 21–24.
  7. Ningsih, A. (2017). Hubungan Lama Penggunaan, Tampilan Layar, dan Posisi Tubuh Saat Menggunakan Smartphone Terhadap Keluhan Mata pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. 1–24.

Most read articles by the same author(s)