Pemberdayaan Ibu Hamil Dalam Meningkatkan Kesehatan Reproduksi Melalui Program Kelas Ibu Hamil

Authors

  • Sundari Universitas Muhammadiyah Madiun
  • Mufida Dian Hardika Universitas Muhammadiyah Madiun
  • Fara Frameswari Universitas Muhammadiyah Madiun

DOI:

https://doi.org/10.29407/abhipraya.v2i2.25243

Keywords:

Pemberdayaan, Kesehatan Reproduksi, Kelas ibu hamil

Abstract

Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia masih menjadikan tantangan besar dalam pembangunan kesehatan, terutama yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman pengetahuan dan kesiapan seorang ibu dalam menjalani masa kehamilan dan persalinan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah ini adalah melalui pemberdayaan ibu hamil dalam program Kelas Ibu Hamil. Program ini memberikan tujuan dalam memberikan edukasi dan dukungan kepada ibu hamil agar mampu menjaga kesehatan reproduksi secara mandiri dan efektif. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di PMB Atika dengan melibatkan 10 ibu hamil trimester I, II dan III. Metode pelaksanaan dalam pengabdian ini dengan memberikan penyuluhan kemudian memberikan pre test dan post test kepada 10 ibu hamil. Hasil dari pengabdian menunjukkan peningkatan pengetahuan ibu hamil sebesar 62% menjadi 89% tentang sistem reproduksi wanita dalam konteks kehamilan. Kegiatan ini membuktikan bahwa pendekatan partisipatif dalam Kelas Ibu Hamil efektif dalam meningkatkan pengetahuan dalam menjaga kesehatan reproduksi. Diperlukan pengembangan lebih lanjut dari sisi akses edukasi agar program dapat menjangkau lebih luas dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. (2024). Cerita Data Statistic Untuk Indonesia Edisi 2024.01

Chusniah, Windi. (2019). Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Malang: Wineka Media.

Handayani, T. Y., Sari, D. P., Margiyanti, N. J., Ridmadhanti, S., & Tarigan, R. A. (2021). Peningkatan pengetahuan ibu hamil melalui kelas ibu hamil. Jurnal Inovasi Dan Terapan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 72-76. https://ayosehat.kemkes.go.id/ikut-kelas-ibu-hamil-apa-saja-manfaatnya

Islami, I., & Sukarmin, S. (2022). Upaya Peningkatan Kesehatan Ibu Melalui Kegiatan Pemberdayaan Dalam Kelas Ante Natal. Jurnal ABDIMAS Indonesia, 4(2), 174-177.

Kementrian Kesehatan RI. (2019). Pedoman pelaksanaan kelas ibu hamil. Jakarta : Kementrian Kesehatan RI.

Lucia, S., Purwandari, A., & Pesak, E. (2015). Pengaruh pelaksanaan kelas ibu hamil terhadap pengetahuan tentang persiapan persalinan. JIDAN Jurnal Ilmiah Bidan, 3(1), 61-65.

Ningsih, D. A., Kholifah, U. N., Susiana, S., Silaturrohmih, S., Musyarrofah, S. H., & Nurhidayati, S. (2022). Kelas Ibu Hamil Bernuansa Islami dalam Upaya Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Janin: Islamic Class for Pregnant Women in an Effort to Improve Maternal and Fetal Health. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 732-739.

Permenkes No.65 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan dan Pembinaan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan

Notoatmodjo, S. (2014). Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Yudianti, I., & Tarsikah, T. (2020). Pemberdayaan Kader Kesehatan Dalam Rangka Meningkatkan Kesehatan Ibu Dan Anak Di Kelurahan Gadang Kota Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo, 1(2), 80-85.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pemberdayaan Ibu Hamil Dalam Meningkatkan Kesehatan Reproduksi Melalui Program Kelas Ibu Hamil. (2025). Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan Dan Sains, 2(2), 18-23. https://doi.org/10.29407/abhipraya.v2i2.25243

Similar Articles

1-10 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.