Pemberdayaan Ibu Hamil Dalam Meningkatkan Kesehatan Reproduksi Melalui Program Kelas Ibu Hamil
DOI:
https://doi.org/10.29407/abhipraya.v2i2.25243Keywords:
Pemberdayaan, Kesehatan Reproduksi, Kelas ibu hamilAbstract
Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia masih menjadikan tantangan besar dalam pembangunan kesehatan, terutama yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman pengetahuan dan kesiapan seorang ibu dalam menjalani masa kehamilan dan persalinan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah ini adalah melalui pemberdayaan ibu hamil dalam program Kelas Ibu Hamil. Program ini memberikan tujuan dalam memberikan edukasi dan dukungan kepada ibu hamil agar mampu menjaga kesehatan reproduksi secara mandiri dan efektif. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di PMB Atika dengan melibatkan 10 ibu hamil trimester I, II dan III. Metode pelaksanaan dalam pengabdian ini dengan memberikan penyuluhan kemudian memberikan pre test dan post test kepada 10 ibu hamil. Hasil dari pengabdian menunjukkan peningkatan pengetahuan ibu hamil sebesar 62% menjadi 89% tentang sistem reproduksi wanita dalam konteks kehamilan. Kegiatan ini membuktikan bahwa pendekatan partisipatif dalam Kelas Ibu Hamil efektif dalam meningkatkan pengetahuan dalam menjaga kesehatan reproduksi. Diperlukan pengembangan lebih lanjut dari sisi akses edukasi agar program dapat menjangkau lebih luas dan berkelanjutan.
Downloads
References
Badan Pusat Statistik. (2024). Cerita Data Statistic Untuk Indonesia Edisi 2024.01
Chusniah, Windi. (2019). Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Malang: Wineka Media.
Handayani, T. Y., Sari, D. P., Margiyanti, N. J., Ridmadhanti, S., & Tarigan, R. A. (2021). Peningkatan pengetahuan ibu hamil melalui kelas ibu hamil. Jurnal Inovasi Dan Terapan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 72-76. https://ayosehat.kemkes.go.id/ikut-kelas-ibu-hamil-apa-saja-manfaatnya
Islami, I., & Sukarmin, S. (2022). Upaya Peningkatan Kesehatan Ibu Melalui Kegiatan Pemberdayaan Dalam Kelas Ante Natal. Jurnal ABDIMAS Indonesia, 4(2), 174-177.
Kementrian Kesehatan RI. (2019). Pedoman pelaksanaan kelas ibu hamil. Jakarta : Kementrian Kesehatan RI.
Lucia, S., Purwandari, A., & Pesak, E. (2015). Pengaruh pelaksanaan kelas ibu hamil terhadap pengetahuan tentang persiapan persalinan. JIDAN Jurnal Ilmiah Bidan, 3(1), 61-65.
Ningsih, D. A., Kholifah, U. N., Susiana, S., Silaturrohmih, S., Musyarrofah, S. H., & Nurhidayati, S. (2022). Kelas Ibu Hamil Bernuansa Islami dalam Upaya Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Janin: Islamic Class for Pregnant Women in an Effort to Improve Maternal and Fetal Health. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 732-739.
Permenkes No.65 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan dan Pembinaan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan
Notoatmodjo, S. (2014). Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Yudianti, I., & Tarsikah, T. (2020). Pemberdayaan Kader Kesehatan Dalam Rangka Meningkatkan Kesehatan Ibu Dan Anak Di Kelurahan Gadang Kota Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo, 1(2), 80-85.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sundari, Mufida Dian Hardika, Fara Frameswari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License