Pengaruh Metode Bermain Bola Tangan dan Lempar Tangkap Bola Terhadap Efektifitas Pembelajaran Passing Atas Bolavoli pada Kelas XII TPHP SMK Putra Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung
PDF

Keywords

Metode Bermain
efektifitas pembelajaran
passing atas
bolavoli

How to Cite

Pengaruh Metode Bermain Bola Tangan dan Lempar Tangkap Bola Terhadap Efektifitas Pembelajaran Passing Atas Bolavoli pada Kelas XII TPHP SMK Putra Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. (2017). Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(2), 230-239. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11897

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode bermain bola tangan dan lempar tangkap bola terhadap efektifitas pembelajaran passing atas bolavoli pada siswa kelas XII TPHP SMK Putra Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XII TPHP SMK Putra Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrument berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan metode bermain bola tangan dan lempar tangkap bola untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran passing atas bolavoli melalui pengamatan aktivitas siswa diketahui kenaikannya mencapai 34,65%, 2) Melalui siklus tindakan pembelajaran metode bermain bola tangan dan lempar tangkap bola terbukti dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran passing atas bolavoli melalui pengamatan aktivitas guru kenaikannya mencapai 28,12%, dan  3) Melalui siklus tindakan pembelajaran metode bermain bola tangan dan lempar tangkap bola terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa mencapai 40,01 %.

PDF

References

Akbar, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas: Filosofi Metodologi & Implementasi. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mujiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Darmawan, A.R. (2012). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Kemampuan Passing Atas Bolavoli Peserta Ekstrakulikuler di SMA N 1 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY

Kemmi’s & Taggart. (1988). The Action Research Planner. Victoria: eakin University.

Mahendra, A. (2000). Bola Tangan. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional.

Mahendra, A. (2003). Falsafah Pendidikan Jasmani. Jakarta: Direktorat Pendidikan Luar Biasa.

Nuril, A. (2007). Panduan Olahraga Bolavoli. Solo: Eka Pustaka.

PBVSI. (2002). Bolavoli. http://id.Wikipedia.org/wiki/Bola_voli. Diakses 30 Januari 2017.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Copyright on any article is retained by the author(s).
  2. The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
  3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
  4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
  5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License