PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PG-PAUD UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI DITINJAU DARI STATUS PEKERJAAN

Main Article Content

Kuntjojo - Kuntjojo

Abstract

Salah satu faktor penting dalam keberhasilan akademik dan pekerjaan adalah motivasi berprestasi. Oleh karena itu faktor ini hendaknya dikembangkan secara optimal berdasarkan pada kebutuhan dan data yang valid. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkap seberapa besar motivasi  berprestasi mahasiswa Semester V 2014/2015 Prodi PG-PAUD UNP Kediri dan perbedaan motivasi berprestasi antara mahasiswa yang berstatus sebagai guru dengan mahasiswa yang bersastus sebagai guru. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner dan skala motivasi berprestasi serta dianalisis statistik deskriptif dan Independent Samples T Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagain besar mahasiswa (64%), faktor pendorong terbesar untuk berprestasi adalah adanya keinginan untuk bisa mewujudkan keinginanannya menjadi guru TK/RA (49%) dan yang menjadi penghambat terbesar keinginan untuk berprestasi  adalah terbatasnya waktu dan tenaga karena kuliah sambil bekerja (84%) dan mahasiswa yang belum berstatus sebagai guru memiliki motivasi berprestasi yang lebih tinggi dibanding mahasiswa yang sudah berstatus sebagai guru.

Keywords : motivasi berprestasi, status pekerjaan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kuntjojo, K.-. (2015). PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PG-PAUD UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI DITINJAU DARI STATUS PEKERJAAN. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/78
Section
Artikel
Bookmark and Share