Pengaruh Cash Ratio, Debt To Equity Ratio, Return On Assets, Dan Tax Rate Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Main Article Content

Sigit Puji Winarko

Abstract

Dividend Payout Ratio merupakan rasio yang memperlihatkan bagian earning yang dibayarkan sebagai dividen kepada investor. Penentuan besarnya DPR seharusnya mempertimbangkan pada peluang proyek yang ada, karena hal ini akan berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan saham biasa. Rasio keuangan merupakan suatu alternatif yang dapat mengukur DPR. Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi dividend payout ratio meliputi: cash ratio, debt to equity ratio, return on assets, dan tax rate. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cash ratio, debt to equity ratio, return on asset, dan tax rate terhadap dividend payout ratio.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian dilakukan di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2015 dengan jumlah sampel sebanyak 26 perusahaan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Cash Ratio (X1), Debt To Equity Ratio (X2), Retun On Asset (X3), Tax Rate (X4), dan Dividend Payout Ratio (Y) sebagai variabel terikat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara simultan (uji F), uji statistik secara parsial (uji t), koefisien determinasi dan dengan taraf signifikan α = 5%, dengan menggunakan alat bantu program SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (Uji t) variabel Cash Ratio, Debt To Equity Ratio dan Return On Assets berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio. Sedangkan variabel Tax Rate tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio. Hasil uji secara simultan (Uji F) menunjukkan variabel Cash Ratio, Debt To Equity Ratio, Return On Asset, dan Tax Rate berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio.

Article Details

How to Cite
WINARKO, Sigit Puji. Pengaruh Cash Ratio, Debt To Equity Ratio, Return On Assets, Dan Tax Rate Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.. JAE (JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 22-35, mar. 2017. ISSN 2541-0180. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/603>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Volume 2 No 1 Tahun 2017