PEMBERIAN DONGENG MELALUI AUDIO VISUAL TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK RASEKOLAH DI TK DHARMA WANITA I KEMADUH DESA KEMADUH KECAMATAN BARON KABUPATEN NGANJUK PEMBERIAN DONGENG MELALUI AUDIO VISUAL TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK RASEKOLAH DI TK DHARMA WANITA I KEMADUH DESA KEMADUH KECAMATAN BARON KABUPATEN NGANJUK

Main Article Content

Rahayu Budi Utami

Abstract

Pemberian bercerita secara efektif jelas akan terjadi proses kemampuan bahasa dan mengembangkan bahasanya anak mencapai titik maksimal. Dengan membacakan buku atau mendongeng sama dengan mengenalkan kosa kata baru pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian dongeng melalui audio visual terhadap perkembangan bahasa anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita 1 Kemaduh Desa Kemaduh Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk. Desain penelitian ini Pra-Eksperimen dengan pendekatan one group pre test post test design pada tanggal 28 Maret – 08 April 2016 di TK Dharma Wanita I Kemaduh Desa Kemaduh Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk pada anak prasekolah dengan populasi 20 anak. Teknik total sampling dengan 20 responden. Dalam penelitian ini variabel independen pemberian dongeng melalui audio visual variabel dependen perkembangan bahasa anak prasekolah dikumpulkan dengan observasi dan wawancara. Uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test dengan α = 0,05. Hasil penelitian sebelum diberikan dongeng melalui audio visual yaitu 7 responden (23,33%) mempunyai perkembangan bahasa anak perlu mendapatkan stimulai lebih intensif. Sesudah diberikan dongeng tidak satupun dari responden (0,00%) mempunyai perkembangan bahasa anak perlu mendapatkan stimulasi lebih intensif. Hasil uji didapatkan p value = 0,003 ≤ α = 0,05 maka Ha ditrima berarti ada pengaruh pemberian dongeng melalui audio visual terhadap perkembangan bahasa anak prasekolah di TK Dharma Wanita I Kemaduh Desa Kemaduh kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk. Pemberian dongeng adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. Sehingga peran aktif orang tua perlu untuk meningkat perkembangan bahasa anak dengan memberikan dongeng.

Article Details

How to Cite
UTAMI, Rahayu Budi. PEMBERIAN DONGENG MELALUI AUDIO VISUAL TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK RASEKOLAH DI TK DHARMA WANITA I KEMADUH DESA KEMADUH KECAMATAN BARON KABUPATEN NGANJUK. JURNAL NUSANTARA MEDIKA, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 51-60, may 2017. ISSN 2541-2477. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akper/article/view/696>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Artikel