Abstrak
Tujuan ini yang ingin dicapai dalam penelitian yaitu: 1) mengetahui sejauh mana aktivitas mahasiswa dalam belajar handspring pada senam artistik, 2) Mengetahui sejauh mana respon siswa terhadap pembelajaran handspring pada senam artistik dengan menggunakan gaya mengajar inkuiri, 3) Mengetahui sejauh mana hasil belajar pembelajaran handspring pada senam artistik dengan menggunakan gaya mengajar inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action research). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan selama dua siklus dimana dalam satu siklus terdiri dari 4 pertemuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan olahraga angkatan 2015 kelas D sebanyak 41 mahasiswa. Hasil penelitian untuk tes keterampilan gerakan handspring pada siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan, sehingga dari peneliti menyimpulkan dengan pendekatan modifikasi pembelajaran melalui gaya mengajar inkuiri mampu meningkatkan penguasaan keterampilan pada gerakan handspring.
Referensi
Aqib, Zaenal dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SMP, SMA, SMK.Bandung : Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Azhar, Arsyad. 2007. Media pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Bahagia, Yoyo dan Suherman, A. 1992/2000. Prinsip-Prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta: Depdikbud.
Kusuma, Wijaya. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indek.
Mahendra, Agus. 2001. Pembelajaran Senam di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mahendra, Agus. 2003. Asas dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Depdiknas. Jakarta.
Mahendra, Agus. 2003. Pembelajaran Senam. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Margono, Agus. 2009. Senam. Surakarta: UNS Press.
Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.Algensindo.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suyati & Margono, A. 2000. Teori dan Praktek Senam I. Surakarta: UNSPress.
Suyati R. dkk.1992. Materi Pokok Senam. Jakarata. Departemen Pendidikan dan kebudayan.
Syarifuddin, A. dan Muhadi. 1992. Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud.Ditjen. Dikti.
##submission.copyrightStatement##