Peningkatan Keterampilan Memberi Umpan Balik Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan pendampingan yang mampu meningkatkan keterampilan mengajar terutama pada aspek memberi umpan balik guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Taman kabupaten sidoarjo setelah diberikan pendampingan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action reseach). Tindakan dalam penelitian ini yaitu, 1. Pemberian tayangan video keterampilan memberi umpan balik pada data primer, 2. Pendampingan perekaman dan diskusi hasil dilapangan, 3. Refleksi. Subjek dari penelitian ini ada 4 Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SDN di Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Data hasil dari penelitian yang diperoleh dari nilai keterampilan memberi umpan balik pada 4 guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yaitu: (1) SDN Sepanjang I sebelumnya mendapatkan nilai 2 menjadi 5, (2) SDN Ketegan I sebelumnya mendapatkan nilai 2 menjadi 5, (3) SDN Trosobo I sebelumnya mendapatkan nilai 0 menjadi 2, (4) SDN Kramat Jegu II sebelumnya mendapatkan nilai 0 menjadi 2. Rata- rata pre-test 1 dan rata-rata post-test 3.5. Berdasarkan perhitungan statistik diketahui bahwa nilai  8.70 >  2.35 sehingga dapat disumpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test, dimana nilai pre-test lebih rendah dibandingkan dengan nilai post-test.

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i1.658
PDF

Referensi

Apruebo, Roxel A. 2005. Sport Psychology. Manila: UST Publishing House.
Firmansyah, H. 2009. Pengaruh Gaya Mengajar dan Umpan Balik Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Senam. PORTAL JURNAL UPI. Volume 5, Nomer 1, 2011.
Hamalik, Oemar. 2003. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Hattie, J, and Timperley, H. 2007. Review of Educational Research. University of Auckland March 2007, Vol. 77, No. 1, pp. 81–112.
Irwan. D, Zoeraini 2005. Sertifikasi dan Lisensi Dosen Profesional. Bandung: IKA FIP Se-Indonesia, 2005 Harsuki, Profesi Olahraga di Indonesia Surabaya: ISORI, 1987 Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia, Dokumen tentang Professionalisme Olahraga Indonesia Jakarta: Dep P dan K, 1983.
Kimm and Swanwick. 2009. Clinical Teaching Made Easy. British Journal of Hospital Medicine, March 2009, Vol 70, No 3.
Kristiyandaru, A. 2010. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Maksum, Ali. 2012. Metodelogi Penelitian dalam Olahraga. Penerbit: Unesa University Press.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT.Raja Grafindo persada, 2012.
Sudijandoko, Andun. 2010. Pembelajaran Pendidikan Jasmani yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 7, Nomor 1, 2010.
Suherman, A. 1998. Revitalisasi Ketelantaran Pengajaran dalam Pendidikan Jasmani, IKIP Bandung Press.
Suroto dan Khory, D.F. 2013. Peningkatan Keterampilan Mengelola Pembelajaran Aktif melalui Pendekatan Lesson Study (Studi pada Guru Penjasorkes SDN di Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo). (laporan akhir) Surabaya : LPPM Unesa.
Vishwanath Bite and Madhuri Bite. 2012. The Criterion : Managerial Skill for Teacher. An International Jurnal in English. Vol. III, Issue III September 2012.
##submission.license.cc.by4.footer##

##submission.copyrightStatement##

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##