Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar smash normal bolavoli pada peserta didik Kelas XI SMA Negeri Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik KelasĀ XI SMA Negeri Colomadu Karanganyar yang berjumlah 32 peserta didik yang terdiri dari 15 peserta didik putra dan 17 peserta didik putri. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan presentase. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar smash normal bolavoli pada siklus I siswa yang dinyatakan tuntas mencapai 56,25% atau sebanyak 18 siswa dari total 32 siswa. Peningkatan hasil belajar smash normal bolavoli juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 87,50% atau sebanyak 28 siswa yang tergolong kriteria tuntas hasil belajar, yang tuntas di KI1, KI2, KI3 dan KI4. Adapun 4 siswa lainnya tergolong dalam kategori belum tuntas. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dan pembahasan yang telah diungkapkan pada Bab IV, simpulan penelitian ini adalah hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar smash normal bolavoli pada peserta didik Kelas XI SMA Negeri Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II.
Referensi
Agus, Kristiyanto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surakarta: UNS Press.
Agus, Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori &Aplikasi Paikem :Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Bachtiar. 2002. PermainanBesar II Bola Volidan Bola Tangan. Jakarta :Universitas Terbuka.
Bonnie Robison. 1993. Bola Voli Bimbingan, Petunjuk Teknik Bermain. Semarang :Dahara Prize
Dieter Beutelstahl. 2012. Belajar Bermain Bola Volley. Bandung : CV Pionir Jaya
Dimyati dan Mudjiono.2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Ashadi
Mahasatya.FKIP. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Husdarta dan Yudha M. Saputra. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah
Isjoni. 2012. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
M.Yunus. 1992. Bola Voli Olahraga Pilihan. Jakarta : Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Muhajir. 2004. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Bandung:Erlangga
Nana Sudjana. 2000. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Nuril Ahmadi. 2007. Panduan Olahraga Bola Voli. Yogyakarta : Era Pustaka Utama
Oemar Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinargrafika.
PBVSI. 2005. Peraturan Permainan Bola Voli. Jakarta: FIVB
Rusman. 2010. Model-Model PembelajaranMengembangkanProfesional Guru. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
Rusli Lutan. 2000. Strategi Belajar Mengajar Penjaskes. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktek. Terjemahan Yusron, N. Bandung : Nusa Media.
Suharno, HP. 1974. Dasar-Dasar Permainan Bola Voli. Yogyakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sunardi dan Kardiyanto.D.W. 2013. Bolavoli. Surakarta: UNS Press.
Syaiful Sagala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
##submission.copyrightStatement##