Abstrak
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan pengaruh antara pendekatan pembelajaran drill dan bermain terhadap hasil belajar servis bawah dalam permainan bolavoli; 2) Efektifitas pembelajaran drill dan pembelajaran bermain terhadap hasil belajar servis bawah dalam permainan bolavoli. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Banyuwangi dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 75 siswa yang terbagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 25 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik kuantitatif deskriptif dan komparatif, sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes servis bawah bolavoli, dengan mencatat hasil nilai pre-test maupun post-test pada masing-masing kelompok. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh pendekatan pembelajaran driil dan bermain berbeda secara signifikan, analisa Tamhane nilai Sig. = 0,019 < 0,05 dan hasil uji t Sig = 0,048 < 0,05; 6). Pembelajaran driil memberikan pengaruh yang lebih baik (efektif) daripada pembelajaran bermain terhadap hasil belajar servis bawah bolavoli siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banyuwangi, nilai rata-rata siswa kelompok 1 (14,72) > kelompok 2 (8,92) dengan beda rata-rata sebesar 5,80
Kata Kunci: Pembelajaran, Driil, Bermain, Servis Bawah, Bolavoli
Referensi
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bahagia, Y. 2007. Pengaruh Aktivitas Bermain Atletik Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar. Disampaikan pada Acara Seminar Nasional Keolahragaan Indonesia Bali.file.upi.edu/Direktori/OLAHRAGA/RINGKASAN_HASIL_PENELITIAN.pdf. Diakses 23 Nopember 2016.
Beutelstahl, Dieter, 2005. Belajar Bermain Bola Voli. Bandung : Pioner Jaya.
Ghozali, I. 2002. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Koesyanto, H. 2003. Belajar Bermain Bola Voli. FIK Unnes Semarang.
Maksum, A. 2012. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Yunus, M. 1992. Olahraga Pilihan Bola. Jakarta : Depdikbud.
Poerwadarminta, W. J. S., 2002. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Departemen Pendidikan dan Kebudayan.
Suherman, S. 2000, Dasar-Dasar Penjaskes. DEPDIKNAS. Direktorat Jenderal Pendidikan Nasional dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
##submission.copyrightStatement##