Media pembelajaran sebagai solusi untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pada siswa

Abstrak

Pemilihan media pembelajaran yang tepat terbukti memberikan dampak positif bagi pengetahuan dan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran. Mereka merujuk pada materi dalam pembelajaran yang dilakukan oleh siswa olahraga sebagai salah satu persiapan bagi guru yang harus memahami peraturan wasit agar seluruh proses pembelajaran dapat benar-benar memanfaatkan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran terhadap mengingat pengetahuan dan kemampuan wasit bola voli. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi-eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol kuasi pretest dan posttest. Penelitian ini melibatkan 30 siswa wasit bola voli yang diperoleh dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian ini merupakan instrumen yang menggunakan kuesioner pada tingkat pengetahuan dan kemampuan wasit bola voli, yang dibagi menjadi 10 indikator. Kuesioner ini memperoleh reliabilitas 0,826. Analisis data ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov, uji homogenitas menggunakan uji statistik Levin), dan uji-t dilakukan dengan bantuan SPSS 25 untuk menguji efeknya pada setiap subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok wasit bola voli eksperimental adalah 216,93 ± 7,75, sedangkan skor rata-rata kelompok tingkat pengetahuan dan kemampuan wasit bola voli kontrol adalah 189,47 ± 7,18, kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol.

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v10i2.23311
PDF (English)

Referensi

Cereda, F. (2023). Methods and models in the context of physical activity and physical education: strenght, weakness and gaps. Journal of Physical Education and Sport, 23(5), 1064–1075. https://doi.org/10.7752/jpes.2023.05133

Culajara, C. J. (2022). Barriers to learning and performing in physical education in modular remote learning and coping strategies perceived by the students. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 3(1), 11–24. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2022.vol3(1).8559

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 97–140. https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791

Gravett, S., & van der Merwe, D. (2023). Learning-centered lesson design and learning about teaching in a pre-service teacher education course. Cogent Education, 10(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2202123

Husain, M. Z., Hasan, A., Wahab, N. B. A., & Jantan, J. (2015). Determining Teaching Effectiveness for Physical Education Teacher. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172, 733–740. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.426

Kasih, I., Faridah, E., Widianingsih, O., Sinulingga, A., & Amirzan. (2023). Improving volleyball competence: E-module-based volleyball learning media innovation. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 4(3), 283–296. https://doi.org/10.25299/esijope.2023.vol4(3).14437

Kevin Filo, D. L., & Karg, A. (2015). Sport and social media research: A review. Sport Management Review, 18(2), 166–181. https://doi.org/10.1016/j.smr.2014.11.001

Leser, R., Baca, A., & Uhlig, J. (2011). Effectiveness of multimedia-supported education in practical sports courses. Journal of Sports Science and Medicine, 10(1), 184–192.

Li, H. (2016). Technical Teaching and Training of Volleyball. Emim, pp. 243–245. https://doi.org/10.2991/emim-16.2016.54

Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan di MA Swasta Kabupaten Lumajang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 110–116. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Parente, T. A., Ginciene, G., & Impolcetto, F. M. (2020). Volleyball in school physical education and student difficulties: Analysis based on tactical principles. Journal of Physical Education and Sport, 20(5), 2945–2951. https://doi.org/10.7752/jpes.2020.s5400

Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430

Pratiwi, E. (2020). Buku Ajar Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Pedoman Guru dalam Mengajar Penjas). In Bening Media Publishing. Bening Media Publishing. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=CnweEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA177&dq=strategi+pembelajaran&ots=VSIIin9v1e&sig=7rZ6a-Yws2dmozW1oaTFPaErBy4%0Ahttp://eprints.uniska-bjm.ac.id/5824/1/A5_starategi penjas_endang_compressed.pdf%0Ahttps://eprints.uniska-bjm.

Putra, R. H., Zarwan, & Ihsan, N. (2019). Implementation of the Learning Process of Physical Education, Sport, and Health. Advances in Social Science, Education, and Humanities Research, 460, 23–25. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200805.008

Rahmawati, E. M., & Mukminan, M. (2018). Pengembangang m-learning untuk mendukung kemandirian dan hasil belajar mata pelajaran Geografi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 157. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12726

Samsuddin, S., Indra, K., & Herli, P. (2022). the Effectiveness of E-Learning-Based Volleyball Service Video Media on Students Affected By Covid-19 At Faculty of Sports Science, Universitas Negeri Medan. Physical Education Theory and Methodology, 22(1), 7–13. https://doi.org/10.17309/TMFV.2022.1.01

Santoso, N., Dwi cahyo, A., & Wiyanto, A. (2021). Sports and health physical education issues in online learning during the COVID-19 pandemic in Madrasah Ibtidaiyah 5 North Lampung. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 7(3), 494–507. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v7i3.16314

Septiana, R. A., & Kurnia, D. (2020). Penggunaan mobile learning dalam pembelajaran Penjas The use of mobile learning in Physical Education learning. Journal of Physical and Outdoor Education, 2(1), 59–67.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif. Alfabeta, 2022.

Suharta, A., Endriani, D., Dewi, R., & Supriadi, A. (2022). Development of Volleyball Game Model Using Learning Media. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(2), 271–278. https://doi.org/10.33369/jk.v6i2.21636

Sujarwo., & Margono. (2023). Tingkat pengetahuan wasit bolavoli tentang filosofi dan perannya dalam suatu pertandingan. Jurnal Porkes, 6(1), 38–49. https://doi.org/10.29408/porkes.v6i1.12276

Tang, L. (2011). Multimedia application research in sport education. Procedia Engineering, 15, 4246–4250. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2011.08.796

Widiyatmoko, F. A., & Hudah, M. (2017). Evaluasi Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Penjas. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(2), 44–60. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/587

Yang, Z. (2023). Research on volleyball teaching and training based on the improvement of athletes ’ physical quality. International Journal of New Developments in Education, 5(8), 111–114. https://doi.org/10.25236/IJNDE.2023.050820

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

##submission.copyrightStatement##

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##