Dampak pembelajaran online pada kursus bola basket: Studi desain eksperimental sejati pada siswa olahraga

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan pembelajaran daring untuk mata kuliah bola basket di STKIP PGRI Bangkalan dibandingkan dengan mata kuliah bola basket luring. Menggunakan desain eksperimental sejati dengan pengaturan kontrol posttest saja, penelitian ini mengumpulkan data melalui skor pretest dan posttest. Studi ini memastikan validitas melalui validasi ahli dan menilai keandalan menggunakan korelasi momen produk. Tes normalitas dilakukan dengan uji Kolmogorov-Smirnov satu sampel, sedangkan perbedaan dievaluasi menggunakan uji-t sampel independen. Penelitian ini mengungkapkan perbedaan yang signifikan antara lingkungan belajar online dan offline. Analisis menyoroti penurunan kinerja selama kursus online dengan perbedaan rata-rata 9,29870, menggarisbawahi tantangan yang dihadapi siswa dalam beradaptasi dengan platform pembelajaran online. Studi ini menyumbangkan wawasan berharga tentang efektivitas pembelajaran online dalam pendidikan jasmani, memberikan dasar untuk strategi dan intervensi pendidikan di masa depan.

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v10i2.22956
PDF (English)

Referensi

Ahmed, T. A. E., Seleem, H. A. I., Elsayed, G. M. Y., Housen, N. T. E., Sofy, N. M. R., & Elshltawy, S. N. H. (2023). Online learning basketball using social media to enhance learners’ performance of some fundamental skills. Journal of Education and Health Promotion, 12(1), 1–7. https://doi.org/10.4103%2Fjehp.jehp_1091_22

Alfina, O. (2020). Penerapan Lms-Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Majalah Ilmiah METHODA, 10(1), 38–46. https://doi.org/10.46880/methoda.vol10no1.pp38-46

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Ariyanto, A., Rumahlewang, E., & Solissa, J. (2022). Comparison Between Offline And Online Physical Education Learning Outcomes: An Ex Post Facto Research At Sma Negeri 30 Banda Maluku, Central Maluku. MANGGUREBE: Journal Physical Education, Health and Recreation, 3(1), 18–26. https://doi.org/10.30598/manggurebevol3no1page18-26

Belleza, S. S., Aytona, K. J., Delideli, H. M., & Vidad, M. (2024). The Lived Experiences of the Bachelor of Physical Education Students in Online Learning Modality. Journal of Tertiary Education and Learning, 2(1), 12–19. https://doi.org/10.54536/jtel.v2i1.1591

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503

Hutami, E. R. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Bagi Siswa Sd, Guru, Dan Orangtua. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(1), 51–61. https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40706

Jin, Z., & Zou, W. (2021). Research on the Design of Online Teaching System of Basketball Basic Technology. PRIME: Pacific Rim Meeting, 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1992/3/032080

Mendoza, D. (2023). Coping Strategies of Students in the Online Teaching and Learning of Physical Education. Physical Education and Sports: Studies and Research, 2(1), 10–25. https://doi.org/10.56003/pessr.v2i1.207

Muhammad, T. (2017). Perancangan Learning Management System Menggunakan Konsep Computer Supported Collaborative Learning Abstraksi This time many Universities have implemented e-learning to support learning activities . However AMIK Hass Bandung The Campus where Researchers c. Jurnal Produktif, 1, 35–63.

Muhid, A. (2019). Analisis Statistik Edisi 2. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Nurcahyo, B., & Riskayanto, R. (2018). Analisis Dampak Penciptaan Brand Image Dan Aktifitas Word of Mouth (Wom) Pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 14. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i1.12026

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku ajar dasar-dasar statistik penelitian.

Nyberg, G., Backman, E., & Tinning, R. (2024). Moving online in physical education teacher education. Sport, Education and Society, 29(3), 358–370. https://doi.org/10.1080/13573322.2022.2142776

Palupi, R., Yulianna, D. A., & Winarsih, S. S. (2021). Analisa Perbandingan Rumus Haversine Dan Rumus Euclidean Berbasis Sistem Informasi Geografis Menggunakan Metode Independent Sample t-Test. JITU : Journal Informatic Technology And Communication, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.36596/jitu.v5i1.494

Pranata, K., Fikri, A. N., & Zulherman, Z. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Melalui Zoom Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6231–6240. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2982

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.

Purba, D., & Purba, M. (2022). Aplikasi Analisis Korelasi dan Regresi menggunakan Pearson Product Moment dan Simple Linear Regression. Citra Sains Teknologi, 1(2), 97–103.

Putri, W. (2021). Difficulties of Future Physical Education Teacher for Elementary School in Attending Synchronous Online Learning during Covid-19 Pandemic. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 5(1), 68–75. https://doi.org/10.17509/tegar.v5i1.38893

Ramadhani, R. P., & Waluyo. (2021). Online Learning Analysis on the Application of Basketball Learning Process in High School. PHEDHERAL, 18(1), 84–94.

Ridayati, R. (2017). Uji Beda Pelanggaran Traffic Light Berdasarkan Lokasi Pelanggarannya. Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, 8(2), 65. https://doi.org/10.28989/angkasa.v8i2.120

Rifqi, H. M., Handayani, A., & Ajie, G. R. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMA N 3 Pati. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 258–268. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3465

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 66–71.

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Tala, O., & Karamory, H. (2017). Analisis Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Ef INDONESIA Olifia Tala 1 , Herman Karamoy 2 2. Jurnal Akuntansi, Program Studi Ekonomi, 06(01), 57–64.

ÜNLÜ, H. (2022). Do Physical Education Lessons Teach with Distance Education? Online Physical Education Lessons. Ankara Üniversitesi Beden Eğitimi ve Spor Yüksekokulu SPORMETRE Beden Eğitimi ve Spor Bilimleri Dergisi, 148–164. https://doi.org/10.33689/spormetre.1055629

Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Dharma Praja Denpasar. Pangkaja: Jurnal Agama Hindu, 24(1), 107. https://doi.org/10.25078/pkj.v24i1.2185

Wibowo, A. T., Akhlis, I., & Nugroho, S. E. (2015). Pengembangan LMS (Learning Management System) Berbasis Web untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa. Scientific Journal of Informatics, 1(2), 127–137. https://doi.org/10.15294/sji.v1i2.4019

Yang, J.-W., & Choi, O.-J. (2022). Comparison of Middle School Students" Perception on Offline and Online Physical Education Classes. Korean Journal of Sports Science, 31(5), 1045–1055. https://doi.org/10.35159/kjss.2022.10.31.5.1045

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

##submission.copyrightStatement##

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##