Abstrak
Penguasaan keterampilan dalam tenis sangat penting bagi pemain tenis, terutama pemain tenis pemula yang membutuhkan banyak waktu latihan untuk menguasai keterampilan tersebut. Saat ini, para pemain tenis hanya memiliki sedikit waktu untuk berlatih, mengingat durasi latihan bersama pelatih yang singkat. Diperlukan model pelatihan yang dapat meningkatkan penguasaan keterampilan tenis bagi pemula. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan keberhasilan dan efektivitas model pelatihan tenis lapangan yang dikembangkan untuk pemain tenis pemula dalam meningkatkan keterampilan mereka. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 tahap, tahap eksperimental kecil dengan 15 atlet dan tahap uji coba besar dengan 40 atlet. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes dyer tenis. Berdasarkan hasil penilaian bahan pengembangan peralatan olahraga, pelatih tenis yang kompeten dalam bidangnya dan ahli pengukuran olahraga dalam studi "Pengembangan pelatihan keterampilan tenis berbasis pelatih untuk atlet pemula" menyatakan bahwa kualitas perangkat bantu dikategorikan sebagai "baik" untuk digunakan. Berdasarkan uji t-pasangan dalam penelitian ini, diketahui bahwa nilai Sig (2-tailed) adalah 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 atau 0,000 < 0,05. Maka, terdapat perbedaan nyata antara data tes dyer tenis pre-test dan post-test untuk atlet tenis lapangan pemula. Model yang dikembangkan oleh pelatih tenis lapangan efektif bagi atlet tenis lapangan pemula.
Referensi
Afendi, F., Wani, B., & Rewo, J. M. (2021). Pengembangan Model Latihan Pukulan Forehand Tenis Meja Sebagai Aktivitas Pembelajaran Pjok Pada Siswa SMP. Jurnal Edukasi Citra Olahraga, 1(3). https://doi.org/10.38048/jor.v1i3.497
Agustiyanto, A. (2023). Effect of boteli and frequency modification exercise in improving groundstroke forehand really skills in tennis. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 9(2). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v9i2.19953
Alim, A. (2019). Pengaruh Model Latihan Kekuatan Spesifik Tenis Terhadap Kekuatan Petenis DIY. MEDIKORA, 17(1). https://doi.org/10.21831/medikora.v17i1.23489
Amni, H., Sulaiman, I., & Hernawan, H. (2019). Model Latihan Keterampilan Groundstroke Pada Cabang Olahraga Tenis Lapangan. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 4(2). https://doi.org/10.17509/jtikor.v4i2.18968
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Brouwers, J., Sotiriadou, P., & De Bosscher, V. (2015). An examination of the stakeholders and elite athlete development pathways in tennis. European Sport Management Quarterly, 15(4). https://doi.org/10.1080/16184742.2015.1067239
Budi, D. R., Syafei, M., Nanang, M., Kusuma, H., Suhartoyo, T., Hidayat, R., & Deri, A. (2020). Pengaruh metode latihan terhadap peningkatan hasil pukulan forehand dan backhand tenis lapangan. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.13920
Cahyadi, R. I., Saputra, Y. M., & Mahendra, A. (2019). Pengaruh Informasi Umpan Balik Knowledge Of Results (KR) dan Motor Ability terhadap Tingkat Penguasaan Groundstroke Forehand Tenis. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 4(2). https://doi.org/10.17509/jtikor.v4i2.21617
Chae, M. (2017). An innovative teaching approach to product development: creating tennis wear for female baby boomers. Fashion and Textiles, 4(1). https://doi.org/10.1186/s40691-017-0098-9
Connaughton, D., Hanton, S., & Jones, G. (2010). The development and maintenance of mental toughness in the world’s best performers. Sport Psychologist, 24(2). https://doi.org/10.1123/tsp.24.2.168
Cunningham, I., Mergler, J., & Wattie, N. (2022). Training and development in sport officials: A systematic review. In Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports (Vol. 32, Issue 4). https://doi.org/10.1111/sms.14128
Fajra Manai, A. S., Pusmiati, I. A. M. M., Mangolo, S. M. T., & Ibrahim, M. M. (2021). Studi Eksperimen Pendekatan Belajar Sistem Terpusat Dan Acak Terhadap Kemampuan Tenis Lapangan. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 5(2). https://doi.org/10.26858/sportive.v5i2.23117
Falcão, W. R., Bloom, G. A., & Sabiston, C. M. (2020). The impact of humanistic coach training on youth athletes’ development through sport. International Journal of Sports Science and Coaching, 15(5–6). https://doi.org/10.1177/1747954120933975
Fauzi, D., Hanif, A. S., & Siregar, N. M. (2021). The effect of a game-based mini tennis training model on improving the skills of groundstroke forehand drive tennis. Journal of Physical Education and Sport, 21. https://doi.org/10.7752/jpes.2021.s4311
Frans Devin Tarigan, & Amir Supriadi. (2021). Pengembangan Alat Latihan Ketepatan Sasaran Forehand Drive Padacabang Olahraga Tenis Lapangan Tahun 2021. Journal Physical Health Recreation, 2(1). https://doi.org/10.55081/jphr.v2i1.520
Gumantan, A., Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2021). Pengembangan Alat Ukur Tes Fisik dan Keterampilan Cabang Olahraga Futsal berbasis Dekstop Program. JOSSAE Journal of Sport Science and Education, 6, 146–155. https://doi.org/10.26740/jossae.v6n2.p146-155
Irfan Arifianto, & Raibowo, S. (2020). Model Latihan Koordinasi Dalam Bentuk Video Menggunakan Variasi Tekanan Bola Untuk Atlet Tenis Lapangan Tingkat Yunior. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 78–88. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2671
Juliansyah, M. A., Iyakrus, I., & Destriana, D. (2019). Pengaruh Latihan Menggunakan Raket Tenis Lapangan Terhadap Hasil Pukulan Overhead Lob Bulu Tangkis. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 6(2). https://doi.org/10.36706/altius.v6i2.8075
Lauer, L., Gould, D., Roman, N., & Pierce, M. (2010). How parents influence junior tennis players’ development: Qualitative narratives. Journal of Clinical Sport Psychology, 4(1). https://doi.org/10.1123/jcsp.4.1.69
Lubans, D. R., Morgan, P. J., Cliff, D. P., Barnett, L. M., & Okely, A. D. (2010). Fundamental movement skills in children and adolescents: Review of associated health benefits. In Sports Medicine (Vol. 40, Issue 12). https://doi.org/10.2165/11536850-000000000-00000
Masrun, M., Umar, U., Yendrizal, Y., & Khairuddin, K. (2022). Efektivitas Case Method Terhadap Hasil Belajar Service Tenis. Jurnal Patriot, 4(4). https://doi.org/10.24036/patriot.v4i4.896
Mossman, G. J., Robertson, C., Williamson, B., & Cronin, L. (2021). Coaches, parents, or peers: Who has the greatest influence on sports participants’ life skills development? Journal of Sports Sciences, 39(21). https://doi.org/10.1080/02640414.2021.1939980
Ngatman, Guntur, Gani, I., & Broto, D. P. (2023). Tennis training model to improve groundstroke skills in children. Cakrawala Pendidikan, 42(1). https://doi.org/10.21831/cp.v42i1.47414
Pino-Ortega, J., & Rico-González, M. (2021). The Use of Applied Technology in Team Sport. In The Use of Applied Technology in Team Sport. https://doi.org/10.4324/9781003157007
Pluta, B., Galas, S., Krzykała, M., & Andrzejewski, M. (2020). The motor and leisure time conditioning of young table tennis players’ physical fitness. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(16). https://doi.org/10.3390/ijerph17165733
Prasetiono, B. A., & Gandasari, M. F. (2018). Model Rangkaian Tes Keterampilan Tenis Lapangan pada Pemain Putra Kelompok Usia 12-14 Tahun. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i2.12498
Raibowo, S., Adi, S., & Hariadi, I. (2020). Efektivitas dan Uji Kelayakan Bahan Ajar Tenis Lapangan Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(7). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i7.13726
Raibowo, S., Fathoni, A. F., & Adi, S. (2022). Audio-visual teaching materials supporting tennis. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 8(2). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v8i2.17748
Ratten, V. (2019). Sports Technology and Innovation. In Sports Technology and Innovation. https://doi.org/10.1007/978-3-319-75046-0
Sitompul, S. R. (2020). Development of tennis serve learning models based on multiple training. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 8(6). https://doi.org/10.13189/saj.2020.080702
Sugihartono, T. (2019). Model Problem Based Learning Meningkatkan Keterampilan Senam Irama Pada Pembelajaran Penjasorkes. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 8(1). https://doi.org/10.36706/altius.v8i1.8274
Suryono, S. (2016). Pengaruh metode latihan dan persepsi kinestetik terhadap keterampilan groundstrokes tenis lapangan pada siswa SD. Jurnal Keolahragaan, 4(2). https://doi.org/10.21831/jk.v4i2.10901
Yang, H. (2013). Evaluation model of physical fitness of young tennis athletes based on AHP-TOPSIS comprehensive evaluation. International Journal of Applied Mathematics and Statistics, 39(9).
##submission.copyrightStatement##