Abstrak
Karena sejumlah keadaan, seperti tekanan sosial yang meningkat, kurangnya langkah-langkah keamanan yang tepat, dan pengaturan yang membebani secara emosional di mana banyak pasien tiba-tiba sekarat, sendirian dan takut, pandemi COVID-19 memiliki efek buruk pada kesejahteraan masyarakat. Terlepas dari keadaan saat ini, sangat penting bahwa pembelajaran berlanjut dalam konteks yang tidak dapat diprediksi ini. Dalam upaya untuk membantu kesejahteraan dan perkembangan siswa, peneliti menganalisis kemampuan untuk mengelola kesejahteraan seseorang, terutama dalam pandemi ini bagi siswa yang terdaftar dalam pendidikan jasmani. Bahan dan metode. Penelitian ini dilakukan untuk menilai manajemen kesejahteraan guru pendidikan jasmani prajabatan di kampus JPLPC-Malvar Universitas Negeri Batangas selama pandemi dengan tujuan untuk menentukan implikasinya terhadap pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif-korelasional dengan menggunakan kuesioner sebagai alat utama pengumpulan data kuantitatif, yang menjadi sasaran analisis statistik dengan menggunakan frekuensi dan persentase, mean dan standar deviasi, dan chi-square. Hasil. Dari data yang dikumpulkan, kesejahteraan selama pandemi sangat terjaga dalam hal merasa senang, apresiatif, dan bangga ketika menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan. Posisi seks dan sosial ekonomi sangat terkait dengan manajemen kesejahteraan responden selama pandemi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian responden terhadap kesejahteraan mereka, itu sangat dikelola; Oleh karena itu, program yang diusulkan untuk sepenuhnya memperkuat dan merevitalisasi manajemen kesejahteraan harus dilaksanakan dan dimasukkan dalam proses pengajaran kesehatan fisik dan kesejahteraan bagi guru pendidikan jasmani pra-layanan.
Referensi
Beddington, J., Cooper, C. L., Field, J., Goswami, U., Huppert, F. A., Jenkins, R., Jones, H. S., Kirkwood, T. B. L., Sahakian, B. J., & Thomas, S. M. (2008). The mental wealth of nations. In Nature (Vol. 455, Issue 7216). https://doi.org/10.1038/4551057a
Butze, O. (2020). How Researchers, Instructors, and students can practice well-being during the Covid 19 Pandemic. Social Science Space. https://www.socialsciencespace.com/2020/04/how-researchers-instructors-and-students-can-practice-well-being-during-the-covid-19-pandemic/
Coughenour, C., Gakh, M., Pharr, J. R., Bungum, T., & Jalene, S. (2021). Changes in Depression and Physical Activity Among College Students on a Diverse Campus After a COVID-19 Stay-at-Home Order. Journal of Community Health, 46(4). https://doi.org/10.1007/s10900-020-00918-5
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. In Educational Research. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Epel, E. (2020). Emotional well-being and Coping during Covid 19. Stress Scientist and Vice Chair of Adult Psychology. https://www.wellesley.edu/sites/default/files/assets/departments/humanresources/files/benefits/emotional_well-being_and_coping_during_covid-19_.pdf
Fredrickson, B. L., Cohn, M. A., Coffey, K. A., Pek, J., & Finkel, S. M. (2008). Open Hearts Build Lives: Positive Emotions, Induced Through Loving-Kindness Meditation, Build Consequential Personal Resources. Journal of Personality and Social Psychology, 95(5). https://doi.org/10.1037/a0013262
Fredrickson, B. L., & Joiner, T. (2018). Reflections on Positive Emotions and Upward Spirals. Perspectives on Psychological Science, 13(2). https://doi.org/10.1177/1745691617692106
Graham, C., & Chattopadhyay, S. (2013). Gender and well-being around the world. International Journal of Happiness and Development, 1(2). https://doi.org/10.1504/ijhd.2013.055648
Huang, X., Wei, F., Hu, L., Wen, L., & Chen, K. (2020). Epidemiology and clinical characteristics of COVID-19. In Archives of Iranian Medicine (Vol. 23, Issue 4). https://doi.org/10.34172/aim.2020.09
Jena, P. K. (2020). Impact of Pandemic COVID-19 on Education in India. International Journal of Current Research (IJCR). https://doi.org/10.31235/osf.io/2kasu
Kadariya, S., Gautam, R., & Aro, A. R. (2019). Physical Activity, Mental Health, and Well-being among Older Adults in South and Southeast Asia: A Scoping Review. In BioMed Research International (Vol. 2019). https://doi.org/10.1155/2019/6752182
McCloughen, A., Foster, K., Huws-Thomas, M., & Delgado, C. (2012). Physical health and well-being of emerging and young adults with mental illness: An integrative review of international literature. In International Journal of Mental Health Nursing (Vol. 21, Issue 3). https://doi.org/10.1111/j.1447-0349.2011.00796.x
Miyamoto, Y., & Ryff, C. D. (2011). Cultural differences in the dialectical and non-dialectical emotional styles and their implications for health. Cognition and Emotion, 25(1). https://doi.org/10.1080/02699931003612114
Stepanović, S. (2020). The impact of the COVID-19 pandemic on education. Nastava i Vaspitanje, 69(2), 183–196. https://doi.org/10.5937/nasvas2002183s
Tanhan, A., Yavuz, K. F., Young, J. S., Nalbant, A., Arslan, G., Yıldırım, M., Ulusoy, S., Genç, E., Uğur, E., & Çiçek, İ. (2020). A proposed framework based on the literature review of online contextual mental health services to enhance well-being and address psychopathology during covid-19. Electronic Journal of General Medicine, 17(6), 1–11. https://doi.org/10.29333/ejgm/8316
Zengin, M., Yayan, E. H., & Vicnelioğlu, E. (2021). The effects of the COVID-19 pandemic on children’s lifestyles and anxiety levels. Journal of Child and Adolescent Psychiatric Nursing, 34(3). https://doi.org/10.1111/jcap.12316
##submission.copyrightStatement##