Peranan senam irama terhadap kebugaran jasmani untuk siswa sekolah dasar

Abstrak

Kebugaran jasmani bagi anak sekolah dasar merupakan aspek utama dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam irama terhadap kebugaran jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian pra-ekperimen dengan rancangan penelitian pretest – posttest kelompok tunggal (The One Group Pretest Posttest Design). Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh atau total sampling dengan jumlah 30 siswa. Kemudian teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk usia 6 – 9 Tahun. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa sumbangan relatif dari penggunaan senam irama meningkat dengan hasil pretest/posttest = 10,87/19,77 x 100%= 54,98%. Dengan demikian sumbangan lebih dari 50% yang berarti senam irama pada penelitian ini dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan kebugaran jasmani anak di Sekolah Dasar dan untuk 45,02% dapat diperoleh dari perlakuan lain.

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i1.12551
PDF (English)

Referensi

Alamsyah, D. A. N., Hestiningsih, R., & Saraswati, L. D. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kebugaran jasmani pada remaja siswa kelas XI SMK Negeri 11 Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(3), 77–86.

Barnett, L. M., van Beurden, E., Morgan, P. J., Brooks, L. O., & Beard, J. R. (2009). Childhood Motor Skill Proficiency as a Predictor of Adolescent Physical Activity. Journal of Adolescent Health, 44(3), 252–259. https://doi.org/10.1016/J.JADOHEALTH.2008.07.004.

Chen, W., Mason, S., Hammond-Bennett, A., & Zalmout, S. (2016). Manipulative skill competency and health-related physical fitness in elementary school students. Journal of Sport and Health Science, 5(1), 491–499.

Faisal, F., Razali, R., & Marlina, Y. (2016). Hubungan Kebugaran Jasmani Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX SMP Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 1(2). Retrieved from http://www.jim.unsyiah.ac.id/penjaskesrek/article/view/873.

Fenanlampir, A., & Faruq, M. M. (2015). Tes & Pengukuran dalam Olahraga. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Kadi, K., Halida, H., & Yuniarni, D. (2018). Senam Irama dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Karya Yosef. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(6). Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/25980.

Prativi, G. O. (2013). Pengaruh Aktivitas Olahraga terhadap Kebugaran Jasmani. Journal of Sport Sciences and Fitness, 2(3), 56–61.

Rismayanthi, C. (2012). Hubungan Status Gizi Dan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(1). https://doi.org/10.21831/JK.V42I1.2229.

Stodden, D., Langendorfer, S., & Roberton, M. A. (2009). The Association Between Motor Skill Competence and Physical Fitness in Young Adults. Research Quarterly for Exercise and Sport, 80(2), 223–229. https://doi.org/10.1080/02701367.2009.10599556.

Subarjah, S. (2016). Hubungan antara Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. SOSIOHUMANIKA : Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan, 9(1), 117–130. Retrieved from http://www.journals.mindamas.com/index.php/sosiohumanika/article/view/660.

Sudarsono, N. C. (2008). Kuliah Pengantar pada Kelas Foundation - Mata Kuliah Fintess and Art Tingkat Persiapan STEKPI.

Wirnantika, I., Pratama, B. A., & Hanief, Y. N. (2017). Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV SDN Puhrubuh I dan MI Mambaul Hikam di Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(2), 240. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11898.

Wisahati, A. S., & Santosa, T. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.

Wrotniak, B. H., Epstein, L. H., Dorn, J. M., Jones, K. E., & Kondilis, V. A. (2006). The Relationship Between Motor Proficiency and Physical Activity in Children. Pediatrics, 118(6), e1758–e1765. https://doi.org/10.1542/PEDS.2006-0742.

Yuliansih, A. (2015). Pengaruh Senam Irama Terhadap Kemampuan Motorik Anak Usia 5 Tahun. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##

##submission.copyrightStatement##

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##