PENINGKATKAN MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK MELALUI SPORT EDUCATION MODEL PADA PERMAINAN BOLABASKET

How to Cite

burst, rizki. (2015). PENINGKATKAN MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK MELALUI SPORT EDUCATION MODEL PADA PERMAINAN BOLABASKET. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/199

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan intrinsik motivation dan ekstrinsik motivation pada siswa yang mengikuti pembelajaran permainan bola basket dengan menggunakan sport education model. Hal ini dirasa penting karena (Hastie & Trost, 2002; Siedentop et al, 2004; Perlman, 2010) dalam PerlmanĀ  (2012) menyatakan salah satu model instruksi yang telah selaras dengan elemen kunci design kurikulum yang baik dan berpengaruh positif mengatasi siswa dengan kecenderungan kurang motivasi adalah sport education model. Namun penelti merasa bahwa belum ada kepastian jenis motivasi mana yang lebih meningkat dari kedua jenis motivasi tersebut. Penelitian menggunakan design one group pretest-posttest dimana data diambil dari data sekunder Burstiando(2015). Instrumen penelitian menggunakan intrument yang dikembangkan oleh Standage dkk, 2005. Treatment penelitian dilakukan selama 10 pertemuan pada kedua kelompok dengan waktu efektif 65 menit per pertemuan. Analisis data menggunakan aplikasi Ms. Excel dan SPSS 20.0 untuk mempermudah ketepatan analisis. Hasil dari penelitian ini adalah Sport Education Model secara signifikan meningkatkan motivation baik secara intrinsik maupun ekstrinsik siswa pada permainan bola basket.

Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

Downloads

Download data is not yet available.