Penerapan Metode K-Mean untuk Menentukan Sanksi Karyawan yang Datang Terlambat

  • Fajar Teguh Wicaksono Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Resty Wulaningrum Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ardi Sanjaya Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 20 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 33
Keywords: Mitsubishi, K-Mean, Sanksi, Karyawan

Abstract

Salah satu perusahaan yang memakai teknologi informasi adalah Mitsubishi. Perusahaan yang bergerak di bidang kendaraan ini tidak hanya menggunakan teknologi dalam bidang pemasaran saja tetapi diimplementasikan dalam beberapa sistem untuk mempercepat kinerja para pegawai. Salah satunya adalah pemberian sanksi terhadap pegawai yang tidak disiplin, dengan banyaknya pegawai disertai waktu kerja yang panjang membuat beberapa karyawan menjadi tidak disiplin. Seringkali didapati saat jam istirahat pegawai tidak kembali ke kantor melainkan langsung pulang, Banyaknya divisi membuat pemantauan terhadap karyawan oleh pimpinan menjadi kurang maksimal karena setiap divisi memiliki manajemen yang berbeda-beda sehingga pemberian sanksi kepada karyawan yang tidak disiplin menjadi kurang maksimal. Berdasarkan permasalahan diatas maka dibuat aplikasi berbasis WEB dengan metode K-Mean untuk dapat menentukan pegawai yang akan mendapatkan sanksi serta memudahkan pimpinan dalam pencarian data.

References

Adi, Nugroho. 2004. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
Bunafit, Nugroho. 2006. Membuat Aplikasi Sistem Pakar dengan PHP dan My SQL dengan PHP dan MySQL dengan Editor Dreamweaver. Yogyakarta: Ardana Media.
Fitri, N. Y. dan Nurhadi. Analisis dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada SMK YADIKA Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi. Volume 2, No. 1.
Safar, M. dan Devitra J. 2018. Analisis dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa dengan Metode Profile Matching pada Man Insan Cendekia Jambi. Jurnal Manajemen Informasi. Volume 3, No. 3.
Sari, R. W., Wanto, A. dan Windarto, A. P. 2018. Implementasi Rapid miner Dengan Metode K-Means (Study Kasus: Imunisasi Campak Pada Balita Berdasarkan Provinsi). Jurnal KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer). Volume 2 No. 1.
Sidik, Betha. 2014. Pemograman Web dengan PHP. Bandung: Informatika Bandung
Published
2021-04-29
How to Cite
Fajar Teguh Wicaksono, Resty Wulaningrum, & Ardi Sanjaya. (2021). Penerapan Metode K-Mean untuk Menentukan Sanksi Karyawan yang Datang Terlambat. Nusantara of Engineering, 4(1), 89. https://doi.org/10.29407/noe.v4i1.15915