Penentuan Barang Terpopuler Menggunakan Algoritma Frequent Patern Growth (FP-Growth) Pada Data Transaksi Penjualan Odeliz.ID

  • Abidah Wafiyah Ramadhaniah Afandi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Miftahur Rahman Universitas Muhammadiyah Jember https://orcid.org/0000-0002-8000-0240
  • Wiwik Suharso Universitas Muhammadiyah Jember
Abstract views: 17 , PDF downloads: 12
Keywords: FP-Growth, Frequent Itemset, Rok, Populer, Thriftshop

Abstract

Odeliz.ID menjadi salah satu thriftshop yang ikut bersaing dalam dunia bisnis fashion dan menjual berbagai jenis rok kedalam empat kategori yaitu, premium, basic, semibasic, dan sale. Untuk menemukan barang terpopuler yang dibeli konsumen, digunakan algoritma frequent patern growth untuk menganalisis barang terpopuler dari data transaksi penjualan Odeliz.Id. Nilai support dan confidence digunakan sebagai ukuran analisis data. Rok dengan kategori B atau basic memiliki nilai support tertinggi sebesar 0.52 atau 52%, yang berarti kategori ini menjadi rok yang paling populer dikalangan pembeli. Pembeli yang membeli rok dengan kategori P atau premium bersamaan dengan kategori B atau basic memiliki nilai support dan confidence tertinggi sebesar 10.8% dan 21.9%. Rok dengan kategori premium dan basic paling sering dibeli secara bersamaan karena memiliki nilai support dan confidence tertinggi sebesar 10.8% dan 21.9%, hal ini bisa menjadi saran untuk promosi produk dengan cara membundling harga yang mengandung dua kategori rok ini. Penerapan algoritma FP-Growth berhasil dalam mengidentifikasi pola-pola frekuensi tinggi dalam data transaksi penjualan Odeliz.ID. Frequent itemset yang didapat atau barang barang yang sering dibeli secara bersamaan adalah barang dengan kategori premium dan basic, premium dan semibasic, basic dan semibasic.Nilai support mengindikasikan seberapa sering suatu produk dibeli dan nilai confidence mengukur seberapa sering barang yang dibeli secara bersamaan dalam suatu transaksi.

References

[1] S. Y. Park, H., Kwon, T. A., Zaman, M. M., & Song, “Thrift shopping for clothes: To treat self or others?,” J. Glob. Fash. Mark., vol. 11(1), pp. 56–70, 2020.
[2] S. P. Dewi, N. Nurwati, and E. Rahayu, “Penerapan Data Mining Untuk Prediksi Penjualan Produk Terlaris Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 3, no. 4, pp. 639–648, 2022, doi: 10.47065/bits.v3i4.1408.
[3] L. Oktaviani, Tri Anelia, Hegarmanah Muhabatin, Yudhistira Arie Wijaya, and Dian Ade Kurnia, “Penerapan Algoritma Fp-Growth Untuk Menganalisis Pola Belanja,” KOPERTIP J. Ilm. Manaj. Inform. dan Komput., vol. 5, no. 1, pp. 29–35, 2021, doi: 10.32485/kopertip.v5i1.153.
[4] I. Astrina, M. Z. Arifin, and U. Pujianto, “Penerapan Algoritma FP-Growth dalam Penentuan Pola Pembelian Konsumen pada Kain Tenun Medali Mas,” Matrix J. Manaj. Teknol. dan Inform., vol. 9, no. 1, p. 32, 2019, doi: 10.31940/matrix.v9i1.1036.
[5] F. Firmansyah and O. Nurdiawan, “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Frequent Pattern - Growth Untuk Menentukan Pola Pembelian Produk Chemicals,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 547–551, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i1.6371.
[6] I. Farah Fu, M. Aswad, J. Ekonomi Syariah, F. Ekonomi dan Bisnis Islam, and U. Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pakaian Thrifting Di Toko Thriftshop Sidoarjo,” J. Cendekia Ilm., vol. 1, no. 3, pp. 169–177, 2022, [Online]. Available: https://journal-nusantara.com/index.php/J-CEKI/article/view/218
[7] R. Aditiya, S. Defit, and G. W. Nurcahyo, “Prediksi Tingkat Ketersediaan Stock Sembako Menggunakan Algoritma FP-Growth dalam Meningkatkan Penjualan,” J. Inform. Ekon. Bisnis, vol. 2, pp. 67–73, 2020, doi: 10.37034/infeb.v2i3.44.
[8] E. Nofianti, W. A. Triyanto, and N. Latifah, “Penentuan Strategi Pemasaran Menggunakan Frequent Pattern Growth (Fp-Growth) Pada Toko Komputer,” Indones. J. Technol. Informatics Sci., vol. 1, no. 2, pp. 59–62, 2020, doi: 10.24176/ijtis.v1i2.4941.
[9] R. Wahyusari, “Penerapan Algortima FP-Growth Untuk Menemukan Pola Peminjaman Alat Pada Workshop Teknik Mesin,” Log. J. Ilmu Komput. dan Pendidik., vol. 1, no. 3, pp. 406–411, 2023, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2745%0Ahttps://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/download/2745/1211
[10] B. S. Pranata and D. P. Utomo, “Penerapan Data Mining Algoritma FP-Growth Untuk Persediaan Sparepart Pada Bengkel Motor (Study Kasus Bengkel Sinar Service),” Bull. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 83–91, 2020.

PlumX Metrics

Published
2024-09-11
How to Cite
Afandi, A. W. R., Rahman, M., & Suharso, W. (2024). Penentuan Barang Terpopuler Menggunakan Algoritma Frequent Patern Growth (FP-Growth) Pada Data Transaksi Penjualan Odeliz.ID. Generation Journal, 8(2), 93-100. https://doi.org/10.29407/gj.v8i2.22994