Implementasi Algoritma AES Pada Aplikasi Pembelian Voucher Hotspot Berbasis Android

  • Rony Heri Irawan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Umi Mahdiyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rizki Dwi Kurniawan Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 75 , PDF downloads: 32
Keywords: AES, Encryption, Hotspot, Voucher

Abstract

Pada era digital yang semakin maju, kebutuhan akan akses internet yang cepat dan aman semakin meningkat. Dalam konteks ini, voucher hotspot menjadi salah satu cara yang populer untuk memperoleh akses internet yang terjangkau dan mudah digunakan. Saat ini, penggunaan voucher masih menggunakan metode cetak voucher ke kertas. Hal ini dapat menimbulkan kekurangan salah satunya yaitu menimbulkan sampah kertas bekas voucher tersebut. Dengan permasalahan tersebut, maka dibuatlah sebuah aplikasi pembelian voucher berbasis android dengan implementasi algoritma enkripsi AES. Enkripsi AES adalah algoritma enkripsi yang terkenal karena kemanannya yang sudah terjamin. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah sistem atau aplikasi pembelian voucher hotspot berbasis android dengan enkripsi AES. Dari pengujian sistem yang telah dilakukan dengan metode blackbox, aplikasi yang dibuat telah berjalan sesuai dengan rancangan dan menjawab permasalahan penelitian

References

T. S. Fitria and A. Prihanto, “IMPLEMENTASI GENERATE VOUCHER HOTSPOT DENGAN BATASAN WAKTU (TIME BASED) DAN KUOTA (QUOTA BASED) MENGGUNAKAN USER MANAGER DI MIKROTIK,” 2018. [Online]. Available: www.mikrotik.com.

A. Syaputra and D. Stiadi, “PEMANFAATAN MIKROTIK UNTUK JARINGAN HOTSPOT DENGAN SISTEM VOUCHER PADA DESA UJANMAS KOTA PAGAR ALAM,” JIRE (Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika), vol. 3, no. 2, Nov. 2020.

A. Zakaria, A. Prihantara, and A. A. Hartono, “Integrasi Application Programming Interface, PHP, dan MySQL untuk Otomatisasi Verifikasi dan Aktifasi Pengguna Layanan Hotspot MikroTik,” JUITA : Jurnal Informatika, vol. 7, no. 2, pp. 63–69, Sep. 2019.

I. Sommerville, Software engineering. Pearson, 2011.

A. Prameshwari and N. P. Sastra, “Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 128 Untuk Enkripsi dan Dekripsi File Dokumen,” Eksplora Informatika, vol. 8, no. 1, p. 52, Sep. 2018, doi: 10.30864/eksplora.v8i1.139.

K. Muttaqin and J. Rahmadoni, “Analysis And Design of File Security System AES (Advanced Encryption Standard) Cryptography Based,” Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS), vol. 1, no. 2, pp. 113–123, May 2020, doi: 10.37385/jaets.v1i2.78.

PlumX Metrics

Published
2024-01-27
How to Cite
Irawan, R. H., Mahdiyah, U., & Kurniawan, R. D. (2024). Implementasi Algoritma AES Pada Aplikasi Pembelian Voucher Hotspot Berbasis Android. Generation Journal, 8(1), 18-26. https://doi.org/10.29407/gj.v8i1.20817

Most read articles by the same author(s)