Aplikasi Pemasangan Baliho Berbasis Markerless Augmented Reality
DOI:
https://doi.org/10.29407/gj.v7i3.20838Keywords:
Billboards, Environment, Augmented RealityAbstract
Penggunaan baliho sebagai media promosi kegiatan, iklan, dan kampanye politik di luar ruangan masih dapat memberikan pengaruh terhadap perilaku dan sikap masyarakat hingga sekarang. Namun, pemasangan baliho yang tidak teratur dapat berdampak negatif terhadap lingkungan dan tata ruang publik, termasuk mengurangi penghijauan dan menciptakan visualisasi yang buruk. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang Aplikasi Pemasangan Baliho Berbasis Markerless Augmented Reality yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality untuk memproyeksikan baliho berupa objek 3D secara real-time ke dalam lingkungan nyata. Proses pembuatannya menggunakan Blender untuk membuat objek 3D, Vuforia SDK sebagai plugin Augmented Reality, Unity untuk pembuatan user interface aplikasi, dan smartphone Android sebagai alat uji coba. Harapan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi yang efektif dalam membantu pengguna dalam pemasangan baliho sesuai lokasi yang diinginkan sembari dengan mematuhi peraturan yang berlaku, serta meningkatkan pengalaman pengguna melalui fitur seperti rotasi objek dan pengambilan foto dengan objek.
References
A. Priana, “Efektivitas Iklan Baliho Grace Natalie Dalam Meningkatkan Citra Diri Sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Tahun 2019,” Commed J. Komun. dan Media, vol. 4, no. 2, pp. 108–122, 2020, doi: 10.33884/commed.v4i2.1652.
W. J. Kurniawan and R. Muzawi, “Perancangan Sistem Periklanan Dengan Teknologi Augmented Reality dan Metode Location Based Service,” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 167–173, 2020, doi: 10.31539/intecoms.v3i2.1583.
I. K. Arya Wiratama, D. Care Khrisne, and M. Sudarma, “Augmented Reality Berbasis Android Untuk Pengenalan Peralatan Laboratorium,” J. SPEKTRUM, vol. 5, no. 1, p. 89, 2018, doi: 10.24843/spektrum.2018.v05.i01.p13.
Z. Surya Dilaga Putra, “Penerapan Augmented Reality Pada Alat Musik,” pp. 52–57, 2022.
N. Rianto, A. Sucipto, and R. Dedi Gunawan, “Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android (Studi Kasus: SDN 1 Rangai Tri Tunggal Lampung Selatan),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, pp. 64–72, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika.
H. Adhiansyah, “Perancangan Sistem Informasi Pada UMKM Ikan Hias Nusatic,” vol. 7, no. 2, pp. 83–95, 2023.
H. Setiawan, H. Mukhtar, and Soni, “APLIKASI PENGENALAN SITUS BERSEJARAH DI KOTA PEKANBARU DENGAN AUGMENTED REALITY MARKERLESS BERBASIS ANDROID,” vol. 9, no. 2, pp. 2–3, 2019.
A. D. Rachmanto and M. S. Noval, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PROMOSI UNIVERSITAS NURTANIO BANDUNG MENGGUNAKAN UNITY 3D | Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi,” FIKI |Jurnal Teknol. Inf. dan Komun., vol. 9, no. 1, pp. 29–37, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jurnalfiki/article/view/237.
N. M. Farhany, S. Andryana, and R. T. Komalasari, “Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Informasi Museum Fatahillah Dan Museum Wayang Menggunakan Metode Markerless,” J. ELTIKOM, vol. 3, no. 2, pp. 104–111, 2019, doi: 10.31961/eltikom.v3i2.140.
D. F. Wabula, D. W. Widodo, and P. Kasih, “Implementation of Augmented Reality Technology on Covid-19 Educational Media for Children,” pp. 172–177, 2022.
P. A. S. A. Rahmadhan A, “Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakanaugmented Reality (Ar),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 24–31, 2021.
J. Bima Putra, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK PEMBELAJARAN BENTUK BAKTERI DAN VIRUS PENYEBAB PENYAKIT PADA MANUSIA BERBASIS ANDROID,” 2021.
D. A. Akbar and I. R. I. Astutik, “Website-Based Sales Information System at One Coffe Point Cafe,” Procedia Eng. Life Sci., vol. 1, no. 2, 2021, doi: 10.21070/pels.v1i2.1008.
R. Efendi, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Untuk Deteksi Pengenalan Tanaman Obat Berbasis Android,” IKRA-ITH Inform., vol. 4, no. 1, pp. 35–45, 2020, [Online]. Available: rizalefendi248@gmail.com.
R. Akhsani, A. Kounitas, N. Putra, S. Fajar, T. Mesin, and F. Teknik, “Penerapan Teknologi Virtual Tour Untuk Pengembangan Media Promosi Kampus Berbasis Web,” vol. 7, no. 2, pp. 133–140, 2023.
M. Bagus Sasmita, C. Taurusta, and A. Eviyanti, “APLIKASI PENGENALAN VIRUS COVID 19 BERBASIS AUGMENTED REALITY,” vol. 12, no. 1, pp. 1–11, 2023, doi: 10.31571/saintek.v9i1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License