Made Ayu Dusea Widyadara Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Minat Belanja Konsumen Pada Toko Online Berryben
Abstract
Abstrak - Penggunaan Internet yang semakin pesat membuat perubahan gaya hidup untuk
berkecenderungan melakukan segala aktivitasnya melalui internet dengan jumlah pengguna
internet yang mencapai angka 82 juta orang atau sekitar 30% dari total penduduk di Indonesia.
Salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan adalah mengunjungi online shop. Kemudahan
layanan yang ditawarkan melalui belanja online membuat cara ini semakin diminati banyak
pengguna internet. Data dari Menkominfo yang menyebutkan bahwa nilai transaksi ecommerce
pada tahun 2013 mencapai angka Rp130 triliun. Ini merupakan angka yang sangat fantastis
mengingat bahwa hanya sekitar 7% dari pengguna internet di Indonesia yang pernah belanja
secara online, ini berdasarkan data dari McKinsey. Dibandingkan dengan China yang sudah
mencapai 30%, Indonesia memang masih tertinggal jauh. Dengan presentase yang masih sedikit
peneliti ingin mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat konsumen dalam
belanja online. Dengan menggunakan path analysis peneliti mendapatkan hasil yang
mempengaruhi minat konsumen dalam belanja online antara lain variabel perceived concentration,
variabel perceived enjoyment, dan variabel perceived ease of use.
Kata kunci - Belanja Online, Ecommerce, Minat Konsumen, Online Shop, Pengguna Internet
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License