Made Ayu Dusea Widyadara Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Minat Belanja Konsumen Pada Toko Online Berryben

  • Made Ayu Duesa Widyadara Universitas Nusatara PGRI Kediri
Abstract views: 170 , PDF downloads: 1422

Abstract

Abstrak - Penggunaan Internet yang semakin pesat membuat perubahan gaya hidup untuk
berkecenderungan melakukan segala aktivitasnya melalui internet dengan jumlah pengguna
internet yang mencapai angka 82 juta orang atau sekitar 30% dari total penduduk di Indonesia.
Salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan adalah mengunjungi online shop. Kemudahan
layanan yang ditawarkan melalui belanja online membuat cara ini semakin diminati banyak
pengguna internet. Data dari Menkominfo yang menyebutkan bahwa nilai transaksi ecommerce
pada tahun 2013 mencapai angka Rp130 triliun. Ini merupakan angka yang sangat fantastis
mengingat bahwa hanya sekitar 7% dari pengguna internet di Indonesia yang pernah belanja
secara online, ini berdasarkan data dari McKinsey. Dibandingkan dengan China yang sudah
mencapai 30%, Indonesia memang masih tertinggal jauh. Dengan presentase yang masih sedikit
peneliti ingin mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat konsumen dalam
belanja online. Dengan menggunakan path analysis peneliti mendapatkan hasil yang
mempengaruhi minat konsumen dalam belanja online antara lain variabel perceived concentration,
variabel perceived enjoyment, dan variabel perceived ease of use.
Kata kunci - Belanja Online, Ecommerce, Minat Konsumen, Online Shop, Pengguna Internet

PlumX Metrics

Published
2018-07-12
How to Cite
Widyadara, M. A. D. (2018). Made Ayu Dusea Widyadara Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Minat Belanja Konsumen Pada Toko Online Berryben. Generation Journal, 2(2), 33-41. https://doi.org/10.29407/gj.v2i2.12248