Analisis jalur pengaruh sosialisasi terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan kota kediri dengan kesadaran sebagai variabel intervening

  • Erna Puspita
Abstract views: 3042 , PDF downloads: 2922

Abstract

Pentingnya pajak bagi pembangunan di Indonesia membuat pemerintah terus berupaya meningkatkan penerimaan dari sektor ini. Mengingat semakin banyaknya bangunan baru yang ada di Kota Kediri, menuntut pemerintah dalam hal ini Dispenda Kota Kediri memberikan sosialisasi perpajakan kepada wajib pajak Bumi dan Bangunan yang ada di Kota Kediri. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak terhadap peraturan perpajakan yang berlaku. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sosialisasi yang dilakukan oleh Dispenda Kota Kediri terhadap kepatuhan wajib pajak dengan menggunakan variabel kesadaran sebagai perantara.

Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner yang dibagikan kepada wajib pajak PBB Kota Kediri yang terdaftar di Dispenda Kota Kediri, dan wawancara kepada pihak pegawai Dispenda Kota Kediri. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur, untuk mengetahui pengaruh langsung variabel Sosialisasi (X) terhadap variabel Kepatuhan (Y), dan pengaruh tidak langsung, yaitu pengaruh variabel Sosialisasi (X) terhadap variabel Kepatuhan (Y) melalui variabel Kesadaran (Z).

Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Sosialisasi berpengaruh secara langsung terhadap variabel Kepatuhan sebesar 19,4%, variabel Sosialisasi berpengaruh secara tidak langsung terhadap variabel Kepatuhan melalui variabel Kesadaran sebesar 38,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sosialisasi akan efektif meningkatkan kepatuhan wajib pajak apabila sosialisasi tersebut efektif meningkatkan kesadaran wajib pajak.

 

Kata Kunci : Sosialisasi, Kepatuhan, Kesadaran

Published
2016-09-01
How to Cite
Puspita, E. (2016). Analisis jalur pengaruh sosialisasi terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan kota kediri dengan kesadaran sebagai variabel intervening. JAE (JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI), 1(1), 1-8. https://doi.org/10.29407/jae.v1i1.428
Section
Volume 1 No 1 Tahun 2016