THE EFFECT OF SERVICE QUALITY AND PRODUCT QUALITY ON PURCHASE DECISIONS WITH CUSTOMER SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLES

  • Tia peppy Melly anggraeni UNIVERSITAS NEGERI SAYYID ALI RAHMATULLAH
  • Agus Eko Sujianto UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Abstract views: 1625 , pdf downloads: 834
Keywords: Service Quality, Product Quality, Purchase Decision, Consumer Satisfaction

Abstract

Pasar bebas yang diterapkan di Indonesia akhir-akhir ini membuat seorang pemilik usaha perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan produk untuk meningkatkan keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan kepuasan konsumen sebagai intervening pada Nirmala Food and Beverages Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Nirmala Food and Beverages Trenggalek, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan waktu penelitian pada bulan Januari 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online melalui google form. Alat analisisnya menggunakan SPSS 23.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh yang tidak signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh yang tidak signifikan antara kualitas pelayanan melalui keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen, ada pengaruh yang tidak signifikan antara kualitas pelayanan melalui keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen, ada pengaruh yang tidak signifikan antara kualitas pelayanan melalui keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen pengaruh antara kualitas pelayanan melalui keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen, terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara kualitas pelayanan melalui keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen, terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara kualitas pelayanan melalui keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen. pengaruh kualitas produk melalui keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen pada Nirmala Food and Beverages Trenggalek.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Kepuasan Konsumen.

References

Adabi, Nadhril. 2020. "Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Indihome di Witel Telkom Depok." Jurnal Manajemen 12.1.
Alma, B. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeth.
Anggraini, Fifin, and Anindhyta Budiarti. 2020. "Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek." Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 8.3.
Arianto, Nurmin, and Briani Dewi Astri Octavia. 2018. "Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian." Jurnal Disrupsi Bisnis 4.2.
Baihaky, Safarudin, Dkk,. 2022. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokkebi Snacks Malang. Jurnal Ilmu Sosial. Vol. 1. No. 2.
Brian, C.A. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, Harga dan Kepercayaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi layanan E-commerce Berrybenka.com). Diponegoro Journal of Mangement, Volume 7, Nomor 1, Tahun 2018, Halaman 1-20, ISSN: 2337-3792.
Dewi, Sisca Juwita Kartika dan Anik Lestari Andjarwati. 2018. Pengaruh Kuliatas Produk dan Harga Terhadap Niat Beli Ulang dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Jilbab Rabbani di Surabaya Timur) Jurnal Ilmu Managemen. Vol. 6 No. 3.
Dewi, Wahyu Setia, dkk,. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Journal Of Management, Vol. 2 No.2.
Erfin Septianing Tias Ayu Tantri1, dkk. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Konsumen Toko Sepatu Kakiku Kencong). Jurnal of organization and business management. Vo. 2. No. 3.
Halim, Fitria, dkk. 2021. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Hamidi, Dendi Zainuddin dan Sugih Prakoso. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Variabel Intervening Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Kecap Manis Merek “Gan” Di Kota Sukabumi). Jurnal Ekonomak.Vol. 4. No. 2.
Husna, Khotimatul. 2020. Sukses Berbisnis Ala Nabi. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Istiana, Dipa Mulia. 2021. "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada Transportasi Online Roda Dua PT X." Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik) 12.2..
Kotler, Philip, et al. 2019. Marketing Management: 4th European Edition. Pearson UK.
Kotler, Philip, Hermawan Kartajaya, and Iwan Setiawan. 2019. "Marketing 3.0: From products to customers to the human spirit." Marketing wisdom. Springer: Singapore.
Kotler, Philip. 2020. "The consumer in the age of coronavirus." Journal of Creating Value 6.1.
Oktafalia, M. 2019. Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk High End Make Up And Skin Care Pada Generasi Millenial Jakaerta. Jurnal Bina Manajemen, Vol. 7 No.
Rahim, Endang dan Roni Mohamad. 2021. "Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Perspektif Syariah." MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah) 2.1.
Rangkuti, Sahnan. 2018. "Konsumsi dalam Ekonomi Islam" dalam Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis 1.2
Sembiring, I. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Mc Donald’s MT. Haryono Malang)”. Jurnal. Unversitas Brawijaya Malang.
Setiawan, Heri; Maria Magdalena Minarsih, Azis Fathoni. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Journal Of Management, Volume 2 No.2.
Situmorang, Evinda Deviana Br, dkk,. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Amanda Brownies. Jurnal Riset Manajemen. Vol. 6. No. 1.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). 3rd edn. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 4 No. 1.
Tjiptono, Fandy. 2019. Pemasaran Jasa. Malang: Banyumedia Publishing.
Zakiy, Muhammad dan Putri Azzahroh Evrita. 2017. “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 3 No. 1.

PlumX Metrics

Published
2022-07-01
How to Cite
Melly anggraeni, T. peppy, & Sujianto, A. E. (2022). THE EFFECT OF SERVICE QUALITY AND PRODUCT QUALITY ON PURCHASE DECISIONS WITH CUSTOMER SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLES. JAE (JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI), 7(2), 13-30. https://doi.org/10.29407/jae.v7i2.17865
Section
Volume 7 No 2 Tahun 2022