PENGARUH FASILITAS KREDIT BANK TERHADAP KINERJA UMKM DENGAN STRATEGI BISNIS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • Lusia Sebo Nakabili Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Adia Adi Prabowo
  • Dewi Kusuma Wardani
Abstract views: 122 , pdf downloads: 208
Keywords: Bank Credit Facilities, Business Strategy, and MSME Performance.

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah fasilitas kredit bank berpengaruh terhadap kinerja UMKM  dengan strategi bisnis sebagai variabel intervening. Metode penelitian ini menggunkaan metode deskriptif dan data primer dengan menggunakan kuesioner.

Peneliti mengambil sampel pelaku UMKM yang ada di kota Yogyakarta yang memiliki pinjaman kredit di bank.  Teknik pengambilan sampel menggunakan convinience sampling yakni pengambilan sampel dari populasi berdasarkan kriteria tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan cara bertemu secara langsung dengan responden dan menitipkan kuesioner kepada orang lain untuk disebarkan kembali guna mendapatkan jawaban yang banyak dari responden. Jumlah kuesioner yang diolah adalah  sebanyak 102 responden. Data di analisis menggunakan regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas kredit bank berpengaruh negatif  terhadap strategi bisnis, fasilitas kredit bank secara  langsung  berpengaruh negatif  terhadap kinerja umkm dan secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap kinerja  UMKM.

Kata Kunci: Fasilitas Kredit Bank, Strategi Bisnis, dan Kinerja UMKM.

Published
2020-11-01
How to Cite
Nakabili, L. S., Adi Prabowo, A., & Kusuma Wardani, D. (2020). PENGARUH FASILITAS KREDIT BANK TERHADAP KINERJA UMKM DENGAN STRATEGI BISNIS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. JAE (JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI), 5(3), 84-93. https://doi.org/10.29407/jae.v5i3.14089
Section
Volume 5 No 3 Tahun 2020