Penerapan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan UMKM Keripik Pepaya di Desa Lubuk Enau

Authors

  • Herlin Zafitry Universitas Indo Global Mandiri
  • Nina Eka Triyani Universitas Indo Global Mandiri
  • Muhammad Ichsan Aziz Universitas Indo Global Mandiri
  • Siti Komariah Hildayanti Universitas Indo Global Mandiri
  • Reny Aziatul Pebriani Universitas Indo Global Mandiri
  • Herda Sabriyah Dara Kospa Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.29407/ja.v8i3.21158

Keywords:

Digital Marketing, MSMEs, Papaya Chips

Abstract

Transformasi teknologi yang terus berkembang dapat menghasilkan inovasi yang menarik perhatian masyarakat seiring berjalannya waktu. Pemasaran digital adalah suatu bentuk upaya yang menggunakan media digital, seperti internet, digunakan untuk mempromosikan dan memasarkan suatu brand. Namun pemahaman masyarakat desa yang kurang mengenai penjualan di pasar menjadi permasalahan yang perlu dipahami. Desa Lubuk Enau menjadi tempat kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-Tematik Fakultas Ekonomi Universitas Indo Global Mandiri, dalam rangka Upaya Pengembangan Kewirausahaan Berkelanjutan di Desa Lubuk Enau. Pembinaan tersebut diharapkan dapat memudahkan para pelaku ekonomi UMKM untuk membuat marketplace yang bertujuan untuk penjualan produk olahan kuliner seperti instagram facebook, whatsapp, dan juga e-commerce lainnya. Peningkatan promosi penjualan online bertujuan untuk memperluas pemasaran keripik pepaya sehingga dapat menambah perekonomian para pelaku usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrah, Reta, Haki Why Perwirianto, Maulida Zulfania, Dewi Ratih, Elvina Nadya Aprilianda, Satrio Hanif Haryawan, Mochamad Apriadi Rachmawan Putra, et al. (2022). Penerapan Branding Produk Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (2): 740–46. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4702.

Harahap, Hamida Syari, Nita Komala Dewi, and Endah Prawesti Ningrum. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences 3 (2): 77. https://doi.org/10.32493/jls.v3i2.p77-85.

Nur Ahmas, Ahmad Almaududi, Tris Sutrisno, and Ina Ratnasari. (2022). Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6 (1): 124. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7625

Rahayu, Rosi Ria, Rafika Sari, Prima Darma Putra, and Endah Dewi Purnamasari. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatan Penjualan Kripik Nanas Desa Lubuk Enau. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (5): 10082–87. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21055

Retnasary, Maya, Sri Dewi Setiawati, Diny Fitriawati, and Reddy Anggara. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata 1 (1): 76–83. https://doi.org/10.51977/jiip.v1i1.130

Rizaldi, Taufiq, and Hermawan Arief Putranto. (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Marketing dan Branding Pada UMKM. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 56–59. https://publikasi.polije.ac.id/prosiding/article/view/1186.

Masrizal, M. ., Sihombing, V. ., Munthe, I. R. ., Nasution, M. ., Ramadhani, S. ., & Petromak Sinaga, G. N. . (2024). Penyuluhan Optimalisasi Pemasaran Keripik Jangek, Pepaya, dan Chia Puding di Desa Gunung Selamat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(3), 3647-3653. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i3.3868

Muljanto Silajadja, Pamela Magdalena, & Trinandari Prasetyo Nugrahanti. (2023). Pemanfaatan Media Sosial (Digital Marketing) untuk Pemasaran Produk UMKM. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(2), 88–100. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i2.1001

Nafisa Salma Az-zahra. (2021). Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM, NCOINS : National Conference Of Islamic Natural Science (2021). https://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/NCOINS/article/view/47.

Riska Amalia, Siti Syaodah, Susilawati Susilawati, & Riki Gana Suyatna. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Studi Kasus Batik Tedjo. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 295–301. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i1.568

Sagita, Gita, and Zeffanya Raphael Wijaya. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. EBISMEN : Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen 1 (3): 24–31. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/EBISMEN/article/view/37.

Sahputri, Sindi, Febie Juma Pristika, Aminah Cinda Kasih, Muhammad Irwan, and Padli Nasution. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Produk UMKM ‘Halua’ Di Desa Paya Rengas. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume 3 (5): 5181–91. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5964.

Wardani, D., Sari, R. ., Putra, P. D. ., & Purnamasari, E. D. (2023). Strategi Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Produk Keripik Nanas Di Desa Lubuk Enau: Indonesia-Inggris. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10260–10263. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.19865

Additional Files

PlumX Metrics

Published

06-10-2024

How to Cite

Zafitry, H., Triyani, N. E., Aziz, M. I., Hildayanti, S. K., Pebriani, R. A., & Kospa, H. S. D. (2024). Penerapan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan UMKM Keripik Pepaya di Desa Lubuk Enau. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 8(3), 885–891. https://doi.org/10.29407/ja.v8i3.21158