Penerapan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan UMKM Keripik Pepaya di Desa Lubuk Enau
Abstract
Transformasi teknologi yang terus berkembang dapat menghasilkan inovasi yang menarik perhatian masyarakat seiring berjalannya waktu. Pemasaran digital adalah suatu bentuk upaya yang menggunakan media digital, seperti internet, digunakan untuk mempromosikan dan memasarkan suatu brand. Namun pemahaman masyarakat desa yang kurang mengenai penjualan di pasar menjadi permasalahan yang perlu dipahami. Desa Lubuk Enau menjadi tempat kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-Tematik Fakultas Ekonomi Universitas Indo Global Mandiri, dalam rangka Upaya Pengembangan Kewirausahaan Berkelanjutan di Desa Lubuk Enau. Pembinaan tersebut diharapkan dapat memudahkan para pelaku ekonomi UMKM untuk membuat marketplace yang bertujuan untuk penjualan produk olahan kuliner seperti instagram facebook, whatsapp, dan juga e-commerce lainnya. Peningkatan promosi penjualan online bertujuan untuk memperluas pemasaran keripik pepaya sehingga dapat menambah perekonomian para pelaku usaha.
Downloads
References
Anugrah, Reta, Haki Why Perwirianto, Maulida Zulfania, Dewi Ratih, Elvina Nadya Aprilianda, Satrio Hanif Haryawan, Mochamad Apriadi Rachmawan Putra, et al. (2022). Penerapan Branding Produk Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (2): 740–46. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4702.
Harahap, Hamida Syari, Nita Komala Dewi, and Endah Prawesti Ningrum. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences 3 (2): 77. https://doi.org/10.32493/jls.v3i2.p77-85.
Nur Ahmas, Ahmad Almaududi, Tris Sutrisno, and Ina Ratnasari. (2022). Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6 (1): 124. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7625
Rahayu, Rosi Ria, Rafika Sari, Prima Darma Putra, and Endah Dewi Purnamasari. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatan Penjualan Kripik Nanas Desa Lubuk Enau. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (5): 10082–87. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21055
Retnasary, Maya, Sri Dewi Setiawati, Diny Fitriawati, and Reddy Anggara. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata 1 (1): 76–83. https://doi.org/10.51977/jiip.v1i1.130
Rizaldi, Taufiq, and Hermawan Arief Putranto. (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Marketing dan Branding Pada UMKM. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 56–59. https://publikasi.polije.ac.id/prosiding/article/view/1186.
Masrizal, M. ., Sihombing, V. ., Munthe, I. R. ., Nasution, M. ., Ramadhani, S. ., & Petromak Sinaga, G. N. . (2024). Penyuluhan Optimalisasi Pemasaran Keripik Jangek, Pepaya, dan Chia Puding di Desa Gunung Selamat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(3), 3647-3653. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i3.3868
Muljanto Silajadja, Pamela Magdalena, & Trinandari Prasetyo Nugrahanti. (2023). Pemanfaatan Media Sosial (Digital Marketing) untuk Pemasaran Produk UMKM. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(2), 88–100. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i2.1001
Nafisa Salma Az-zahra. (2021). Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM, NCOINS : National Conference Of Islamic Natural Science (2021). https://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/NCOINS/article/view/47.
Riska Amalia, Siti Syaodah, Susilawati Susilawati, & Riki Gana Suyatna. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Studi Kasus Batik Tedjo. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 295–301. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i1.568
Sagita, Gita, and Zeffanya Raphael Wijaya. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. EBISMEN : Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen 1 (3): 24–31. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/EBISMEN/article/view/37.
Sahputri, Sindi, Febie Juma Pristika, Aminah Cinda Kasih, Muhammad Irwan, and Padli Nasution. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Produk UMKM ‘Halua’ Di Desa Paya Rengas. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume 3 (5): 5181–91. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5964.
Wardani, D., Sari, R. ., Putra, P. D. ., & Purnamasari, E. D. (2023). Strategi Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Produk Keripik Nanas Di Desa Lubuk Enau: Indonesia-Inggris. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10260–10263. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.19865
Copyright (c) 2024 Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.