Rekayasa Limbah Cangkang Pilla Ampullacea Sebagai Penyaring Air Rumahan Dengan Variasi Ketebalan

  • Ahmad Doni Mutiara Bahtiar PSDKU Politeknik Negeri Malang Di Kediri
Abstract views: 344 , pdf downloads: 339
Keywords: cangkang, membran, keong sawah

Abstract

Rekayasa cangkang keong sawah (Pilla Ampellacea) ini adalah upaya pemanfaaatan limbah cangkang keong sawah yang selama ini hanya dibuang begitu saja supaya mempunyai nilai lebih yang bermanfaat untuk masyarakat.  Serta cangkang keong sawah mudah untuk diternakan dan hidup bebas di daerah tropis seperti di Indonesia. Penelitian ini mengusulkan sebuah gagasan baru menggunakan cangkah keoang sawah sebagai membrane penyaring air kran di perumahan untuk mengikat logam-logam yang berbahaya  apabila dikonsumsi oleh manusia. Selain logam-logam yang berbahaya juga mengikat bakteri e-coli yang menyebabkan diare. Cangkang keong sawah tersebut dicuci dengan larutan asam asetat dan disikat sampai bersih. Kemudian di giling sampai berbentuk serbuk dan mengalami berbagai macam perlakuan sampai terbentuk membran saringan air. Penelitian ini sebagai awal untuk mengatahui kemampuan keefetifan cangkang keong sawah sebagai media untuk menyaring air dalam mengikat logam dan bakteri di air. Tentunya penelitian berikutnya akan tetap dilaksanakan untuk mengetahui seberapa kemampuan teknis dari kekuatan membran terhadap tekanan air.Untuk mengetahui membran yang efektif untuk menyaring air dari kran perumahan maka dilakukan variasi ketebalan membran yaitu 2,4,6,8 mm

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dieter, George. E. 1996. Metalurgi Mekanik. Erlangga. Jakarta.

Elices, M and Llorca. J. 2002. Fiber Fracture. Elsevier. England.

Espert, Ana. 2003. Natural Fibres/Polypropylene Composites From Residual And Recycled Materials : Surface Modification of Cellulose Fibers, Properties And Environmental Degradation. KTH Fiber-och Polymerteknologi. Sweden.

Fitradi, R B. 2015. Preparasi dan Modifikasi Membran untuk Pengolahan Air. Researchgate : 1-15. Researchgate.net/publication/287596029

Gibson, Ronald. F. 1994. Principles of Composite Material Mechanics. McGraw-Hill, Inc. New York.

Jacobs, James. A and Kilduff, Thomas. F. 1994. Engineering Materials Technology : Structure, Processing, Properties & Selection. Prentice-Hall International, Inc. London.

Jafferjee Brother. et al. 2003. Composite Applications Using Coir Fibers in Srilanka. Final Report. Netherlands.

Mel, M. Schwartz. 1997. Composite Materials : Properties, Nondestructive Testing, and Repair. New Jersey.

Matthew, F.L and Rawlings, R. D. 1994. Composites Materials : Engineering And Science. Chapman & Hall. London.

Mirbagheri, Jamal. et al. 2007. Prediction of The Elastic Modulus of Wood Flour / Kenaf Fibre / Polypropylene Hybrid Composites. Iranian Polymer Journal. Iran.

Monteiro, N. Sergio. et al. 2005. Mechanical Strength of Polyester Matrix Composite Reinforced with Coconut Fiber Wastes. Revista Materia. Brazil.

Prasetyo, Eko. 2006. Pengaruh Fraksi Volume Serbuk Kayu dan Temperatur Penginjeksian Terhadap Sifat Mekanik Komposit Plastik Serbuk Kayu Pada Proses Injeksi. Unibraw.

PlumX Metrics

Published
2021-01-21
How to Cite
[1]
A. D. M. Bahtiar, “Rekayasa Limbah Cangkang Pilla Ampullacea Sebagai Penyaring Air Rumahan Dengan Variasi Ketebalan”, JMN, vol. 3, no. 2, pp. 55-61, Jan. 2021.