Pengaruh Variasi Tekanan Kompaksi Powder Metallurgy Elektroda Metal Matrix Composites Tembaga - Grafit Terhadap Material Removal Rate Dan Electrode Relative Wear Pada Proses EDM Mesin Chimer EZ

  • Dwi Handoko Politeknik Negeri Pontianak
Abstract views: 460 , pdf downloads: 625
Keywords: EDM, Elektrode, ERR, MMC, MRR

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan pembuatan metal matrix composite dari bahan serbuk tembaga murni yang akan dipadu dengan bahan penguat berupa serbuk grafit yang dilanjutkan dengan pengujian pada mesin EDM. Metode pencampuran kedua material ini dilakukan dengan proses Powder metalurgi melalui tahapan pencampuran (mixing), penekanan (compaction) dan dilanjutkan dengan proses pemanasan dengan suhu 800 oC(sintering). Pada penelitian ini ingin diketahui pengaruh tekanan akibat proses powder metalurgi terhadap laju keausan material (MRR) dan laju keausan elektroda (ERR) pada material baja ST.37 mesin EDM Chimer EZ Dengan parameter pemakan tetap, arus 2 Amper dan kedalaman 5 mm. Pengujian yang dilakukan yaitu kekerasan dan struktur mikro. Dari hasil penelitian ini menunjukkan dengan semakin meningkatnya tekanan kompaksi laju keausan material MRR dan kekerasan semakin meningkat, sementara laju keausan terendahi terjadi pada tekanan kompaksi 25.000 KN

Downloads

Download data is not yet available.

References

Petrus Londa. Pengaruh Variabel Pemotongan terhadap Keausan Elektroda dan Benda Kerja pada Proses EDM. Jurnal ROTASI – Vol. 16, No. 4, Oktober 2014: 9−16.

Adi Muttaqin. Studi Eksperimental Pengaruh Variasi Jenis Material Elektroda terhadap Peformansi Pemesinan Drilling EDM Menggunakan EDM Tipe Relaksasi (Rc). Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XX Program Studi MMT-ITS, Surabaya 1 Februari 2014.

Fuller, E. John, Electric Discharge Machining, ASM International vol.16, pp. 557 – 564, 2002.

Ahmad Junaidi, Pengaruh Temperatur Sinter terhadap Kekerasan Elektrode Tembaga-5% Karbon yang Dibuat dengan Metode Serbuk Metalurgi. Jurnal Austenit Volume 3, Nomor 2, 2011.

Patna Partana, Studi Pengaruh Material Elektroda pada Proses Electrical Discharge Machining, Jurnal Media Mesin, Surakarta, 2008.

Suhardjono. Pengaruh Arc On dan Arc Off Time terhadap Kekasaran Permukaan dan Laju Pembuangan Geram Hasil Permesinan Sinking EDM. Jurnal Teknik Mesin, Vol.6 No. 1. 2004.

Rival, Electrical Discharge Machining of Titanium Alloy Using Copper Tungsten Electrode With SiC Powder Suspension Dielectric Fluid, Thesis S2, Fakulti Kejuruteraan, Mekanikal, Universiti Teknologi Malayasia, 2005.

Bagiasna, K. Proses-proses non Konvensional, Departemen Mesin, Institut Teknologi Bandung. 1978.

PlumX Metrics

Published
2020-09-06
How to Cite
[1]
D. Handoko, “Pengaruh Variasi Tekanan Kompaksi Powder Metallurgy Elektroda Metal Matrix Composites Tembaga - Grafit Terhadap Material Removal Rate Dan Electrode Relative Wear Pada Proses EDM Mesin Chimer EZ”, JMN, vol. 3, no. 1, pp. 46-54, Sep. 2020.