Ahmad Shiddiq Analisa Kepuasan Konsumen Menggunakan Klasifikasi Decision Tree Di Restoran Dapur Solo (Cabang Kediri)

  • Ahmad Shiddiq Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ratih Kumalasari Niswatin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Intan Nur Farida Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstract

Abstrak – Kepuasan konsumen merupakan tingkat dimana anggapan terhadap produksesuai dengan harapan para konsumen. Harapan konsumen umumnya merupakan prakiraan ataukeyakinan konsumen tentang apa yang akan diterimanya bila telah membeli atau mengkonsumsisuatu produk. Kenyataannya, apa yang bisa memuaskan konsumen di satu situasi mungkin tidakbisa memuaskan konsumen yang sama di lain situasi. Ditambah dengan sistem keluhan konsumenyang hanya disediakan contact person oleh pihak restoran. Dengan demikian, kepuasan konsumensangat sulit diketahui, karena tidak semua konsumen menghubungi contact person yang disediakan.Maka dari itu, adanya penelitian mengenai analisis kepuasan konsumen di Restoran Dapur Solo(Cabang Kediri) tersebut diperlukan. Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan diatas, banyak carayang dapat ditempuh. Salah satunya adalah dengan melakukan pemanfaatan data perusahaan yangdiolah dengan klasifikasi Decision Tree menggunakan algoritma C4.5. Dari proses klasifikasi akanmenghasilkan beberapa aturan yang menyebabkan konsumen merasa puas dan tidak puas, sertaseberapa besar konsumen merasa puas maupun tidak puas.
Published
2018-04-22
How to Cite
SHIDDIQ, Ahmad; NISWATIN, Ratih Kumalasari; FARIDA, Intan Nur. Ahmad Shiddiq Analisa Kepuasan Konsumen Menggunakan Klasifikasi Decision Tree Di Restoran Dapur Solo (Cabang Kediri). Generation Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 9-18, apr. 2018. ISSN 2549-2233. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/gj/article/view/12051>. Date accessed: 19 jan. 2019. doi: https://doi.org/10.29407/gj.v2i1.12051.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.