Analisis Implementasi dan Pemodelan REA (Resource, Event, Agent) Sistem Akuntansi Pada UMKM Di Kabupaten Pasuruan

  • Bagus Hari Sugiharto
  • Ufi Rumefi

Abstract


Model REA (REA Model) adalah krangka kerja akuntansi alternatif untuk pemodelan sumber daya, peristiwa, dan pelaku (resource,event,agent-REA) perusahaan yang sangat penting, serta hubungan diantara mereka. Jika telah diadopsi, data akuntansi dan nonakuntansi mengenai fenomena ini dapat diidentifikasi, ditangkap, dan disimpan dalam basis data terpusat. Tempat penyimpanan ini, tampilan pengguna dapat dibentuk hingga memenuhi kebutuhan semua pengguna dalam perusahaan (James A. Hall, 2007). Dalam penelitian ini dilakukan analisa terhadap sistem pancatatan keuangan yang selama ini digunakan oleh pelaku UMKM di Kab. Pasuruan untuk menjalankan kegiatan proses bisnisnya. Untuk dapat melihat dengan sistematis dan terstruktur implementasi pencatatan keuangan yang dilakukan oleh pelaku UMKM, maka Model REA peneliti gunakan untuk menjadi nilai ukur dan bentuk hasil implementasi pencatatan keuangan yang terjadi pada pelaku UMKM di Kab. Pasuruan.
Dalam proses penelitian, terdapat beberapa tahapan proses mulai wawancara langsung hingga penyusunan rancangan Dokumen Flow, Sistem Flow, Data Flow Diagram (DFD) hingga perancangan ERD (CDM) dan REA. Hasil dari penelitian ini akan mendapat formulasi bentuk sistem pencatatan keuangan yang memang sesuai dan mudah yang selama ini digunakan oleh pelaku UMKM di Kab. Pasuruan, dari formulasi tersebut juga dapat menjadi model dasar untuk digunakan merancang bangun sebuah Aplikasi Sistem Informasi Pencatatan Keuangan untuk mengembangkan menjadi aplikasi pencatatan keuangan ter-otomatisasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-01
How to Cite
SUGIHARTO, Bagus Hari; RUMEFI, Ufi. Analisis Implementasi dan Pemodelan REA (Resource, Event, Agent) Sistem Akuntansi Pada UMKM Di Kabupaten Pasuruan. JAE (JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 87-103, mar. 2019. ISSN 2541-0180. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/12759>. Date accessed: 18 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.29407/jae.v4i1.12759.
Section
Volume 4 No 1 Maret 2019