PENGARUH SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA TERHADAP WORK READINESS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS KH. ABDUL WAHAB HASBULLAH

  • Sella Puspitasari Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah
  • Khotim Fadhli Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah
Abstract views: 331 , pdf downloads: 394
Keywords: Self-efficacy, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Work Readiness

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa KH. Universitas Abdul Wahab Hasbullah. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 160 responden dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengolahan data dengan bantuan program SPSS 26. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji rehabilitasi, uji analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Terdapat perbedaan secara parsial antara variabel efektivitas diri dan kesiapan kerja. Variabel motivasi memasuki dunia kerja tidak terdapat perubahan secara parsial namun terdapat pengaruh positif terhadap kesiapan kerja KH. Abdul Wahab Hasbullah. Nilai R2 sebesar 0,590 yang berarti 59% variabel efisiensi kerja dipengaruhi oleh efikasi diri dan motivasi memasuki dunia kerja. Mengurangi menjadi 41% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menunjukkan bahwa banyak hal yang dapat mempengaruhi kesiapan kerja. Perhitungan nilai R square sebesar 0,768 menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel efektivitas diri dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja termasuk dalam kategori hubungan kuat.

References

Abdullah, F. P., & Giatman, M. (2020). Hubungan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xii Program Keahlian Teknik Bangunan Smk …. Sekolah Dasar, 1, 36–40. http://asce.ppj.unp.ac.id/index.php/ASCE/article/download/9/7
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., & Mada, U. G. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Ambarwati, N., & Rusdarti. (2020). Economic Education Analysis Journal. 9(3), 831–843. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42409
Andrianus, I. J. (2020). Efikasi Diri dengan Kesiapan Kerja Pada Siswa Kelas XII Di SMK X. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 572. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5563
Apriansyah, M., Narimawati, U., Affandi, A., Priadana, S., & Erlangga, H. (2022). Efikasi Diri dan Implementasinya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1123–1126. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.534
Bandura, A. (1997). SELF-EFFICACY : The Exercise of Control (berilustra). W.H. Ftreeman.
Bandura, A. (2021). Self-Efficacy. In The Routledge Handbook of the Psychology of Language Learning and Teaching. https://doi.org/10.1177/0032885512472964
Chotimah, K., & Suryani, N. (2020). Pengaruh Praktek Kerja Lapangan, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 391–404. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.32079
Fadhli, K., Aminah, N., & Sa’adah, L. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan , Lingkungan Kerja , dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru ( Studi Kasus pada Madrasah Aliyah. 2(2), 253. https://doi.org/10.55123/mamen.v2i2.1811
Fidi Kirani, F., & Chusairi, A. (2022). A Systematic Review : Factors Affecting Work Readiness. 9(September), 821–828.
Flammer, A. (2018). Self-Efficacy. December 2001. https://doi.org/10.1016/B0-08-043076-7/01726-5
Gani, A., & Nasution, J. (2020). Metodologogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (2nd ed.). Medan.
Hariyati, S., Wolor, C. W., & Rachmadania, R. F. (2022). Pengaruh Efikasi Diri ( Self-Efficacy ) dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 3(2), 1–15.
Liyasari, N. (2019). Pengaruh praktik kerja lapangan, motivasi memasuki dunia kerja, dan keaktifan berorganisasi terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII jurusan administrasi perkantoran smk negeri 1 Purwodadi tahun 2018/2019. Skripsi, 1(1), 1–262. https://lib.unnes.ac.id/29614/1/7101413025.pdf
Mardin, M. R. (2021). Pengaruh Soft Skill Dan Hard Skill Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Tingkat Akhir Prodi Perbankan Syariah Iain Palopo. Skripsi, 109.
Mecang, K., Elfranata, S., Daud, D. J., Pratiwi, N., & Meliyani, E. (2022). Pengaruh Self Esteem dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri di Kecamatan Pontianak Utara. 2(4), 260–270.
Mutoharoh, A. K. (2019). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Lingkungan Keluarga, Bimbingan Karier Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Apriliana Khulasatul Mutoharoh1, Wisudani Rahmaningtyas2 Fakultas Ekonomi , Universitas Negeri Semarang. 38–59.
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (T. Chandra (ed.); Edisi Revi). Zifatama.
Rahardhian, A. (2019). Multikultural Interkultural DAN Inovasi.
Raitano, N., Goldie, L., Hannah, A. M., Sanjana, E. G., & Gregory, J. (2022). Vocational Outcomes in ASD : An Examination of Work Readiness Skills as well as Barriers and Facilitators to Employment Identified by Autistic Adults. Journal of Autism and Developmental Disorders, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10803-022-05804-8
Ramadhan, G., Kusumah, I. H., & Solehudin, A. (2020). Pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja peserta didik di Smk Negeri 2 Bandung. Journal of Mechanical Engineering Education, 7(2), 225–234.
Ristika, S. (2015). Analisis pengaruh efikasi diri (.
Rohiimimah, T. A., & Soedjarwo. (2021). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Setara Daring Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Peserta Didik Paket C Di SKB Gudo Kabupaten Jombang. 10(2), 235–243.
Setiadi, S., & Sumaryotno. (2021). Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa. Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 155–169. https://doi.org/10.30998/herodotus.v4i2.9428
Siswopranoto, M. F. (2022). Standar mutu pendidikan. 6.
Siyoto, S., & Ali, M. S. (2015). DASAR METEDOLOGI PENELITIAN.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R&D. ALFABETA,CV.
Tentama, F., & Riskiyana, E. R. (2020). The role of social support and self-regulation on work readiness among students in vocational high school. 9(4), 826–832. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20578
Wardani, F. K., Isnain, A., Alifah, A. N., & Uswatun, P. (2021). The Construction of Work Readiness Scale Konstruksi Skala Kesiapan Kerja. 78–87.
Wibowo, R. E., Santoso, J. T. B., & Widiyanto, W. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Prestasi Belajar Dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xi Smk. Business and Accounting Education Journal, 1(2), 147–155. https://doi.org/10.15294/baej.v1i2.41448
Wijikapindho, R. A., & Hadi, C. (2021). Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental Hubungan antara Self-Efficacy dengan Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Semester Akhir. 1(2), 1313–1318.
Wulandari, C., Purwanto, T., & Ariprabowo, T. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kesiapan Karyawan. 3(2), 1–9.
Yani, A. S., & Hanafi. (2020). Jurnal administrasi dan perkantoran modern. Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern, 9(1), 1–11.

PlumX Metrics

Published
2024-03-22
How to Cite
Puspitasari, S., & Fadhli, K. (2024). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA TERHADAP WORK READINESS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS KH. ABDUL WAHAB HASBULLAH. JAE (JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI), 9(1), 119-129. https://doi.org/10.29407/jae.v9i1.22232
Section
Volume 9 No. 1 Tahun 2024