PENGARUH SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA TERHADAP WORK READINESS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS KH. ABDUL WAHAB HASBULLAH
DOI:
https://doi.org/10.29407/jae.v9i1.22232Keywords:
Self-efficacy, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Work ReadinessAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa KH. Universitas Abdul Wahab Hasbullah. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 160 responden dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengolahan data dengan bantuan program SPSS 26. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji rehabilitasi, uji analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Terdapat perbedaan secara parsial antara variabel efektivitas diri dan kesiapan kerja. Variabel motivasi memasuki dunia kerja tidak terdapat perubahan secara parsial namun terdapat pengaruh positif terhadap kesiapan kerja KH. Abdul Wahab Hasbullah. Nilai R2 sebesar 0,590 yang berarti 59% variabel efisiensi kerja dipengaruhi oleh efikasi diri dan motivasi memasuki dunia kerja. Mengurangi menjadi 41% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menunjukkan bahwa banyak hal yang dapat mempengaruhi kesiapan kerja. Perhitungan nilai R square sebesar 0,768 menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel efektivitas diri dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja termasuk dalam kategori hubungan kuat.
References
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., & Mada, U. G. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Ambarwati, N., & Rusdarti. (2020). Economic Education Analysis Journal. 9(3), 831–843. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42409
Andrianus, I. J. (2020). Efikasi Diri dengan Kesiapan Kerja Pada Siswa Kelas XII Di SMK X. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 572. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5563
Apriansyah, M., Narimawati, U., Affandi, A., Priadana, S., & Erlangga, H. (2022). Efikasi Diri dan Implementasinya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1123–1126. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.534
Bandura, A. (1997). SELF-EFFICACY : The Exercise of Control (berilustra). W.H. Ftreeman.
Bandura, A. (2021). Self-Efficacy. In The Routledge Handbook of the Psychology of Language Learning and Teaching. https://doi.org/10.1177/0032885512472964
Chotimah, K., & Suryani, N. (2020). Pengaruh Praktek Kerja Lapangan, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 391–404. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.32079
Fadhli, K., Aminah, N., & Sa’adah, L. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan , Lingkungan Kerja , dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru ( Studi Kasus pada Madrasah Aliyah. 2(2), 253. https://doi.org/10.55123/mamen.v2i2.1811
Fidi Kirani, F., & Chusairi, A. (2022). A Systematic Review : Factors Affecting Work Readiness. 9(September), 821–828.
Flammer, A. (2018). Self-Efficacy. December 2001. https://doi.org/10.1016/B0-08-043076-7/01726-5
Gani, A., & Nasution, J. (2020). Metodologogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (2nd ed.). Medan.
Hariyati, S., Wolor, C. W., & Rachmadania, R. F. (2022). Pengaruh Efikasi Diri ( Self-Efficacy ) dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 3(2), 1–15.
Liyasari, N. (2019). Pengaruh praktik kerja lapangan, motivasi memasuki dunia kerja, dan keaktifan berorganisasi terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII jurusan administrasi perkantoran smk negeri 1 Purwodadi tahun 2018/2019. Skripsi, 1(1), 1–262. https://lib.unnes.ac.id/29614/1/7101413025.pdf
Mardin, M. R. (2021). Pengaruh Soft Skill Dan Hard Skill Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Tingkat Akhir Prodi Perbankan Syariah Iain Palopo. Skripsi, 109.
Mecang, K., Elfranata, S., Daud, D. J., Pratiwi, N., & Meliyani, E. (2022). Pengaruh Self Esteem dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri di Kecamatan Pontianak Utara. 2(4), 260–270.
Mutoharoh, A. K. (2019). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Lingkungan Keluarga, Bimbingan Karier Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Apriliana Khulasatul Mutoharoh1, Wisudani Rahmaningtyas2 Fakultas Ekonomi , Universitas Negeri Semarang. 38–59.
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (T. Chandra (ed.); Edisi Revi). Zifatama.
Rahardhian, A. (2019). Multikultural Interkultural DAN Inovasi.
Raitano, N., Goldie, L., Hannah, A. M., Sanjana, E. G., & Gregory, J. (2022). Vocational Outcomes in ASD : An Examination of Work Readiness Skills as well as Barriers and Facilitators to Employment Identified by Autistic Adults. Journal of Autism and Developmental Disorders, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10803-022-05804-8
Ramadhan, G., Kusumah, I. H., & Solehudin, A. (2020). Pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja peserta didik di Smk Negeri 2 Bandung. Journal of Mechanical Engineering Education, 7(2), 225–234.
Ristika, S. (2015). Analisis pengaruh efikasi diri (.
Rohiimimah, T. A., & Soedjarwo. (2021). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Setara Daring Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Peserta Didik Paket C Di SKB Gudo Kabupaten Jombang. 10(2), 235–243.
Setiadi, S., & Sumaryotno. (2021). Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa. Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 155–169. https://doi.org/10.30998/herodotus.v4i2.9428
Siswopranoto, M. F. (2022). Standar mutu pendidikan. 6.
Siyoto, S., & Ali, M. S. (2015). DASAR METEDOLOGI PENELITIAN.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R&D. ALFABETA,CV.
Tentama, F., & Riskiyana, E. R. (2020). The role of social support and self-regulation on work readiness among students in vocational high school. 9(4), 826–832. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20578
Wardani, F. K., Isnain, A., Alifah, A. N., & Uswatun, P. (2021). The Construction of Work Readiness Scale Konstruksi Skala Kesiapan Kerja. 78–87.
Wibowo, R. E., Santoso, J. T. B., & Widiyanto, W. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Prestasi Belajar Dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xi Smk. Business and Accounting Education Journal, 1(2), 147–155. https://doi.org/10.15294/baej.v1i2.41448
Wijikapindho, R. A., & Hadi, C. (2021). Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental Hubungan antara Self-Efficacy dengan Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Semester Akhir. 1(2), 1313–1318.
Wulandari, C., Purwanto, T., & Ariprabowo, T. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kesiapan Karyawan. 3(2), 1–9.
Yani, A. S., & Hanafi. (2020). Jurnal administrasi dan perkantoran modern. Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern, 9(1), 1–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License