Pengembangan Ujian Digital Adaptif Untuk Materi Analisis Data Dalam Pembelajaran Informatika Kelas IX

Authors

  • Puji mahendra PPG, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.29407/noe.v8i02.25290

Keywords:

ADDIE, Pengembangan , Ujian digital adaptif

Abstract

Kemajuan teknologi dalam pendidikan mendoroang perlunya sebuah inovasi dalam evaluasi pembelajaran, khususnya pada jenjang SMP. Salah satunya dalam kegiatan asesmen untuk peseta didik, sebagaimana yang terjadi di SMP Negeri 19 Malang soal  ujian yang diberikan kepada peserta didik masih seragam.  Ujian dengan soal yang seragam kurang sesuai dengan kemampuan peserta didik dengan tingkat kemampuan yang beragam. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem ujian digital adaptif berbasis web yang dapat menyesuaikan tingkat kesulitan soal dengan kemampuan peserta didik pada materi Analisis Data dalam mata pelajaran Informatika kelas IX. Sistem ini dirancang menggunakan model pengembangan ADDIE dan menggabungkan soal LOTS dan HOTS berdasarkan hasil asesmen sebelumnya. Validasi ahli media dan materi menunjukkan kelayakan sangat tinggi, masing-masing sebesar 90,6% dan 92,1%. Respon siswa terhadap sistem juga positif dengan persentase total 80,65%. Hasil ini menunjukkan bahwa sistem ujian digital adaptif yang dikembangkan tidak hanya layak diimplementasikan, tetapi juga mendapat penerimaan baik dari peserta didik. Dengan demikian, sistem ini diharapkan mampu mendukung pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang adil, efektif, dan berpusat pada peserta didik.

Abstract views: 0 , PDF downloads: 0

References

Al Fadilah, Y., & Rafli Akbar, A. (2024). Strategi Desain Pembelajaran Adaptif Untuk Meningkatkan Pengalaman Belajar di Era Digital. 01(04), 354–362.

Azmy, B., & Fanny, A. M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Konteks Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 217–223. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.92280

Febriyanti, N. M. D., Sudana, A., & ... (2021). Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen. Jurnal Ilmiah …, 2(3). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3457876&val=30165&title=Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen

Hadiawati, N. M., Prafitasari, A. N., & Priantari, I. (2024). Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. 4, 1–8.

Haryati, M. (2020). Analisis soal UN biologi SMA/MA berdasar dimensi proses kognitif, karakteristik HOTS, dan bentuk stimulus. Jurnal Education and Development, 8(2), 91–94. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1634/809

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal UIN, 1(1), 28–37.

Manik, P. S. S., & Ngurah, G. S. A. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat TinggiDalam Menyelesaikan Soal HOTSMata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 258–269. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25336/15392

Maryuliana, Much Ibnu Subroto Imam, & Farisa Chairul Haviana Sam. (2016). Sistem informasi angket pengukuran skala kebutuhan materi pembelajaran tambahan sebagai pendukung pengambilan keputusan di sekolah menengah atas menggunakan skala likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika, 1(2), 1–12.

Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 165–179. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.582

Salaam, P. A., & Iskandar, J. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Digital Berbasis Website Menggunakan Pendekatan Addie Di Desa Cikalong Sukahaji - Majalengka. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 9(2), 1022–1030. https://doi.org/10.29100/jipi.v9i2.5535

Sallaby, A. F., & Kanedi, I. (2020). Perancangan Sistem Informasi Jadwal Dokter Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Media Infotama, 16(1), 48–53. https://doi.org/10.37676/jmi.v16i1.1121

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-10-11

How to Cite

Pengembangan Ujian Digital Adaptif Untuk Materi Analisis Data Dalam Pembelajaran Informatika Kelas IX. (2025). Nusantara of Engineering (NOE), 8(02), 399 – 408. https://doi.org/10.29407/noe.v8i02.25290

Similar Articles

1-10 of 38

You may also start an advanced similarity search for this article.