Pengembangan Ujian Digital Adaptif Untuk Materi Analisis Data Dalam Pembelajaran Informatika Kelas IX
DOI:
https://doi.org/10.29407/noe.v8i02.25290Keywords:
ADDIE, Pengembangan , Ujian digital adaptifAbstract
Kemajuan teknologi dalam pendidikan mendoroang perlunya sebuah inovasi dalam evaluasi pembelajaran, khususnya pada jenjang SMP. Salah satunya dalam kegiatan asesmen untuk peseta didik, sebagaimana yang terjadi di SMP Negeri 19 Malang soal ujian yang diberikan kepada peserta didik masih seragam. Ujian dengan soal yang seragam kurang sesuai dengan kemampuan peserta didik dengan tingkat kemampuan yang beragam. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem ujian digital adaptif berbasis web yang dapat menyesuaikan tingkat kesulitan soal dengan kemampuan peserta didik pada materi Analisis Data dalam mata pelajaran Informatika kelas IX. Sistem ini dirancang menggunakan model pengembangan ADDIE dan menggabungkan soal LOTS dan HOTS berdasarkan hasil asesmen sebelumnya. Validasi ahli media dan materi menunjukkan kelayakan sangat tinggi, masing-masing sebesar 90,6% dan 92,1%. Respon siswa terhadap sistem juga positif dengan persentase total 80,65%. Hasil ini menunjukkan bahwa sistem ujian digital adaptif yang dikembangkan tidak hanya layak diimplementasikan, tetapi juga mendapat penerimaan baik dari peserta didik. Dengan demikian, sistem ini diharapkan mampu mendukung pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang adil, efektif, dan berpusat pada peserta didik.
References
Al Fadilah, Y., & Rafli Akbar, A. (2024). Strategi Desain Pembelajaran Adaptif Untuk Meningkatkan Pengalaman Belajar di Era Digital. 01(04), 354–362.
Azmy, B., & Fanny, A. M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Konteks Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 217–223. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.92280
Febriyanti, N. M. D., Sudana, A., & ... (2021). Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen. Jurnal Ilmiah …, 2(3). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3457876&val=30165&title=Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen
Hadiawati, N. M., Prafitasari, A. N., & Priantari, I. (2024). Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. 4, 1–8.
Haryati, M. (2020). Analisis soal UN biologi SMA/MA berdasar dimensi proses kognitif, karakteristik HOTS, dan bentuk stimulus. Jurnal Education and Development, 8(2), 91–94. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1634/809
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal UIN, 1(1), 28–37.
Manik, P. S. S., & Ngurah, G. S. A. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat TinggiDalam Menyelesaikan Soal HOTSMata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 258–269. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25336/15392
Maryuliana, Much Ibnu Subroto Imam, & Farisa Chairul Haviana Sam. (2016). Sistem informasi angket pengukuran skala kebutuhan materi pembelajaran tambahan sebagai pendukung pengambilan keputusan di sekolah menengah atas menggunakan skala likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika, 1(2), 1–12.
Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 165–179. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.582
Salaam, P. A., & Iskandar, J. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Digital Berbasis Website Menggunakan Pendekatan Addie Di Desa Cikalong Sukahaji - Majalengka. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 9(2), 1022–1030. https://doi.org/10.29100/jipi.v9i2.5535
Sallaby, A. F., & Kanedi, I. (2020). Perancangan Sistem Informasi Jadwal Dokter Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Media Infotama, 16(1), 48–53. https://doi.org/10.37676/jmi.v16i1.1121
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Puji mahendra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License