Pencegah Plagiasi Dengan Deteksi Kemiripan Judul Skripsi
PDF (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Sanjaya, A., Fauzi, I., & Uddin, M. F. (2018). Pencegah Plagiasi Dengan Deteksi Kemiripan Judul Skripsi. Nusantara of Engineering, 3(2), 7-16. https://doi.org/10.29407/noe.v3i2.12336

Abstract

Penelitian ini dibuat bertujuan untuk membuat sistem pendeteksi kemiripan judul skripsi pada program studi Teknik Informatika Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sistem ini diimplementasikan dalam bentuk pendaftaran judul proposal skripsi secara online dan akan diintegrasikan dengan web prodi. Sistem ini menggunakan metode Rabin Karp dengan nilai gram 2. Teks judul yang diuji dan judul yang dijadikan acuan di-hash dan didapatkan substring. Selanjutnya substring digabungkan dan dihilangkan yang memiliki kesamaan.  Substring judul yang diuji dibandingkan kesamaan terhadap substring yang telah digabungkan. Apabila nilai kemiripan judul baru kurang dari ambang yang ditentukan maka proses pendaftaran seminar proposal tidak dapat dilanjutkan. Hasil pengujian 10 judul skripsi baru menunjukkan rata-rata tingkat kemiripan kemiripan 0% dan pengujian dengan mengacak 10 judul yang telah ada rata-rata memiliki tingkat kemiripan 100%.

Kata Kunci—Plagiasi, Rabin Karp, kemiripan judul.

https://doi.org/10.29407/noe.v3i2.12336
PDF (Bahasa Indonesia)

Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1. Hak cipta pada artikel apa pun dipegang oleh penulis.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan semua materi yang diterbitkan terkait didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0