Main Article Content
Abstract
Abstract—Paralel series circuit thematic material is one of the materials that is difficult for elementary school (SD) students to understand because it requires direct understanding and application of paralel series material. At SD Negeri Pojok Kota Kediri the paralel series material is taught in class VI, the lack of learning media for this material causes students to have difficulty understanding the material. The aim of this Community Service (PkM) activity is to design and implement a paralel series trainer for elementary school students so that it is hoped that students will find it easy to understand and apply the series. This service activity produced 4 trainers, namely a series circuit trainer, a paralel circuit trainer, a combination switch circuit trainer, and a paralel series resistance interactive trainer. The results of applying the trainer show that 90% of students are able to apply circuits to series and paralel material using the series paralel circuit trainer.
Keywords
Article Details
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
References
- [1] A. Anugrah dan M. Akbar, “Pengembangan Alat Simulasi Rangkaian Dasar,” Politeknik Negeri Ujung Pandang, 2021.
- [2] Atmaja dkk, “Pengembangan Media Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Negara,” JPTE: Jurnal Pendidikan Tenik Elektro.,vol .12,no 1, pp. 66-78, 2023.
- [3] Daliyawati, “Upaya Meningkatkan Prestasu Belajar Mata Pelajaran IPA Rangkaian Seri dan Rangkaian Paralel Melalui Metode Eksperimen Siswa Kelas VI SD N 10 Ujan Mas,” Jurnal PGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar., vol.3, no.3, pp 313-320, 2016.
- [4] M. Nusawiguna dkk, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran yang Mengintegrasikan KIT Listrik dan Phet Melalui Model Kooperatif STAD Pada Siswa Kelas V SD, ” Jurnal Review Pendidikan Dasar ., vol .2, no. 2, pp. 139-151, 2016.