Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Mata Kuliah Akuntansi Biaya (Suatu Studi Pengukuran Efektivitas Learning Outcome)

  • Marhaendra Kusuma Universitas Islam Kadiri
Abstract views: 363 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 765

Abstract

Pancasila sebagai dasar negara harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh rakyat Indonesia, tak terkecuali akuntan dalam menjalankan praktik keprofesiannya. Akuntan dalam menghitung & melaporkan biaya produksi, mencatat siklus akuntansi biaya, menentukan harga jual, menilai persediaan, menyusun perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan khusus harus dilandasi oleh jiwa berketuhanan, humanis, nasionalis, demokratis, dan berkeadilan. Mahasiswa akuntansi sebagai calon akuntan dimasa mendatang, harus dibekali karakter akuntan yang kompeten seutuhnya dan berjiwa Pancasila, melalui serangkaian kurikulum prodi yang terintegrasi dengan muatan Pancasila didalamnya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas muatan nilai-nilai Pancasila yang diselipkan dalam matakuliah Akuntansi Biaya di Universitas Islam Kadiri Kediri pada tahun akademik 2016/2017. Metode penelitian menggunakan  uji komparasi paired t test dan independent t test dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan nilai-nilai Pancasila telah berjalan efektif dan berhasil dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan mahasiswa dalam berpraktik akuntansi biaya bernilai Pancasila. Hal ini ditunjukkan dengan persepsi mahasiswa setelah perlakuan diberikan lebih baik dari sebelumnya (perbedaan signifikan), dan persepsi mahasiswa yang diselipi muatan Pancasila lebih baik dari yang tidak diselipi (perbedaan signifikan). Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa keadaan mahasiswa bekerja atau tidak, dan faktor gender tidak mempengaruhi persepsinya atas praktik akuntansi biaya bernilai pancasila.

Published
2017-09-01
How to Cite
Kusuma, M. (2017). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Mata Kuliah Akuntansi Biaya (Suatu Studi Pengukuran Efektivitas Learning Outcome). JAE (JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI), 2(2), 71-101. https://doi.org/10.29407/jae.v2i2.867
Section
Volume 2 No 2 Tahun 2017