FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM SISTEM PEMBAYARAN BERBASIS FINTECH DITINJAU BERDASARKAN PROSPECT THEORY
DOI:
https://doi.org/10.29407/jae.v10i1.25063Keywords:
Akuntansi keperilakuan, Behavioral Finance, Prospect Theory, Financial Technology, Shopee PayLater.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian dalam sistem pembayaran berbasis financial technology bagi pengguna Shopee Paylater pada Mahasiswa Institut Teknologi dan Sains Mandala. Ditinjau dari prospect theory individu cenderung lebih enggan mempertaruhkan keuntungan (gain) daripada kerugian (loss) artinya jika sesuatu gagal, mereka cenderung lebih berani mengambil risiko daripada saat situasi berjalan baik. Populasi penelitian ini mahasiswa penerima beasiswa Institut Teknologi dan Sains Mandala angkatan 2021-2024 pengguna Shopee PayLater yang berjumlah 93 orang. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan Partial Least Squares Path Modeling (SEM PLS). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perilaku konsumtif, persepsi risiko, literasi keuangan, promosi, dan ekuitas merek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumtif berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada sistem pembayaran berbasis FinTech bagi pengguna Shopee PayLater. Sedangkan persepsi risiko, literasi keuangan, promosi dan ekuitas merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada sistem pembayaran berbasis FinTech bagi pengguna Shopee PayLater. Prospect Theory mencerminkan perilaku inrasional pada keputusan pembelian Shopee PayLater, hal ini karena diperkuat oleh indikator bahwa individu lebih memilih produk untuk menjaga penampilan dan cenderung berperilaku konsumtif jika Shopee menawarkan harga sesuai dengan kualitas. Dalam kasus ini, prospect theory menunjukkan bahwa individu cenderung mengambil risiko saat mereka kekurangan uang sehingga penggunaan kredit digital dapat menjadi keputusan irasional jika tidak direncanakan dengan baik.
References
Aaker David.A. (1991). Manajemen Equitas Merek, mamanfaatkan nilai dari suatu merek. Mitra Utama.
Aaker david. (2014). Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand. PT Gramedia Pustaka Utama.
Aini, F. N., & Susanti, S. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Kepercayaan, Dan Keamanan Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(11), 991–1000. https://doi.org/10.24843/eeb.2021.v10.i11.p06
Alghifari & Rahayu. (2021). Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee: Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Manajemen, 15(2), 223–236.
Andanika, A., Echdar, S., & Sjarlis, S. (2022). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pengelolaan Keuangan Pelaku Bisnis Ibu Rumah Tangga Di Desa Tawondu Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 11(1), 13–20. https://doi.org/10.37476/jbk.v11i1.3077
Anum, & Ameer, B. (2017). Behavioral Factors and their Impact on Individual Investors’ Decision Making and Investment Performance: Empirical Investigation from Pakistani Stock Market. Global Journal of Management and Business Research, 17(1), 1–12.
Ariely, B. D. (2008). Predictably irrational: the hidden forces that shape our decisions. In Choice Reviews Online (Vol. 46, Issue 02). https://doi.org/10.5860/choice.46-0969
Asrizal, R. (2020). No TitlePengaruh kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan dan persepsi risiko menggunakan e-commerce terhadap pembelian secara online. Jurnal Menara Ekonomi, 6(1), 62–71.
Aulia, T. N., Suryadi, E., & Safitri, H. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Wallet dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif. Owner, 7(3), 2010–2020. https://doi.org/10.33395/owner.v7i3.1601
Barberis, N. C. (2013). already famous for their work on judgment heuristics, published a paper in the journal famous for their work on judgment heuristics, published a paper in the journal Econometrica titled " Prospect Theory: An Analysis of Decision under Risk. " ti. Journal of Economic Perspectives—Volume, 27(1), 173–196.
Baswori & Utami, P. (2024). Teori - Teori Perilaku Keuangan. In P. Utami (Ed.), Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (1st ed.). CV EUREKA MEDIA AKSARA.
Bawono, A., Isanawikrama, I., Arif, K., & Kurniawan, Y. J. (2018). PENGARUH PERILAKU KONSUMEN, BRAND IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA SITUS BELANJA ONLINE (Studi Kasus pada Situs Belanja Online XYZ). Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(2), 131–144. https://doi.org/10.30813/jpk.v2i2.1366
Caesar, I., Putra, A., Kustono, A. S., & Miqdad, M. (2019). Comparison of Intention to Transact Use E-Commerce Reviewed from Perceived Usefulness , Perceived Ease of Use , Perceived Risk and Attitute Toward Use. International Journal of Economics & Business Zambrut, 6(2), 107–113.
Capriati, A. L., & Waluyo, H. D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Oppo Smartphone. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 922–928. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29918
Carpena dkk. (2011). The ABCs of Financial Literacy Experimental Evidence on Attitudes, Behavior and Cognitive Biases. Economic and Bussines Journal, 1–30.
Chairiah, R., & Siregar, Q. R. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Uang Saku Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Self Control Sebagai Variabel Mediasi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. SOSEK: Jurnal Sosial Dan Ekonomi, 3(2), 84–98.
Claudia Martin, P., Budiono, K., & Kartika Sari, N. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Return, Persepsi Risiko, Kebijakan Modal Minimal Investasi Dan Perkembangan Teknologi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Kabupaten Jember. JAKUMA : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Keuangan, 4(2), 58–74. https://doi.org/10.31967/jakuma.v4i2.963
Damopolii, A. A., Mandey, S. L., & Soepeno, D. (2025). THE INFLUENCE OF LIFESTYLE , CONSUMER BEHAVIOR , AND CUSTOMER EXPERIENCE ON ONLINE PURCHASING DECISIONS AT SHOPEE ON STUDENTS OF THE FACULTY OF Pengunjung Platform Shopee. 13(1), 195–205.
DIANA JUNIANTI LESTARI. (2023). PENGARUH PROMOSI, CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DOMPET DIGITAL SHOPEEPAY (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). In AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam: Vol. VIII (Issue I).
Dinny, D, Purwanto, S. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Perilaku Konsumtif Fans NCT Dream terhadap keputusan Pembelian Mie Lemonilo. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 762–766. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.622
Dita Intan Widiyawati, Dwi Nila Andriani, M. B. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Kemudahan Penggunaan Sistem Pembayaran Qris Terhadap Keputusan Pembelian Pada Generasi Z Di Coffe Shop“Kedai Selatan.” 8(5), 692–704.
Enre, A. E., Hutagalung, D., Simbolon, H. A., & Ong, M. T. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian CV Obor Pematangsiantar. Jurnal Akuntansil Akuntansi, 4(1), 322–332. https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.173
Faisol, Diah Nurdiwaty, Hestin Sri Widiawati, and S. P. W. (2024). BUSINESS INCUBATORS AS ENABLERS TO INNOVATION CAPABILITIES OF MSMEs: AN EMPIRICAL EVIDENCE FROM INDONESIA. AGRISOCIONOMICS, Special Ed(Februari 2024), 42–59. https://doi.org/10.14710/agrisocionomics.v8i1.21956
Faisol, Sri Aliami, M. A. (2022). Pathway of Building SMEs Performance in Cluster through Innovation Capability. Economics Development Analysis Journal, 11(2), 140–152. https://doi.org/10.15294/edaj.v11i2.46442
Faisol, Kumar, V., & Aliami, S. (2023). Mediating role of inter-firm linkages and innovation capability towards the sustainability of SMEs in Indonesia. International Journal of Technology, Policy and Management, 23(4), 387–409. https://doi.org/10.1504/IJTPM.2023.133918
Fatima, N., & Ernawati, S. (2023). Pengaruh Endorsment Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Di Sila. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(3), 1–12. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i3.520
Fauziah, G. U., Nurochani, N., & Nopianti, N. (2022). Pengaruh Fasilitas (Fitur) E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 254. https://doi.org/10.30829/ajei.v7i2.12665
Febrian, A., dan Ahluwalia, L. (2020). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek pada Kepuasan dan Keterlibatan Pelanggan yang Berimplikasi pada Niat Pembelian di E- Commerce. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan Journal of Theory and Applied Management, 13(3), 254.
Fermayani, R., Egim, A. S., & Al Hayyu, A. H. (2023). Pengaruh Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Saat Terjadi Pandemi Covid-19 Di Bungus Teluk Kabung. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 251–264. https://doi.org/10.46576/bn.v6i1.3111
Fitriani, N., Nuraeini, N., & Mulyadinata, A. (2020). Strategi Promosi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Pt. Yakult Indonesia Persada Cabang Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS), 3(03), 34–41. https://doi.org/10.24967/jmms.v3i03.578
Harjayanti, D. R., Rovita, A., & Yuwono, T. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Tingkat Literasi keuangan, Instrumen Literasi Keuangan pada Keputusan Pembelian pada Media Online (Studi Kasus Masyarakat di Daerah Tangerang Selatan). Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 199–209. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.127
Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(2), 198–209. https://doi.org/10.33373/dms.v8i2.2155
Hidayah, N., & P. B. (2023). Peran Informasi Akuntansi dalam Pengambilan Keputusan Pembelian. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Keuangan, 12(1), 15–25.
Imran, M. & Rahman, A. (2023). Financial Literacy and Consumer Behavior: A Study on Young Consumers. International Journal of Finance, 27(4), 88–102.
Indonesia, B. (2021). Laporan Perekonomian Indonesia: Bangkit dan Optimis Sinergi Inovasi untuk Pemulihan Ekonomi. In Bank Indonesia.
Irma Muzdalifa, Inayah Aulia Rahma, B. G. N. (2018). PERAN FINTECH DALAM MENINGKATKAN KEUANGAN INKLUSIF PADA UMKM DI INDONESIA ( Pendekatan Keuangan Syariah ). Jurnal Masharif Al- Syariah:Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1), h. 1-24.
Jacoby, J., & Kaplan, L. B. (2004). The Components of Perceived Risk. In J. Jacoby & L. B. Kaplan (Eds.), The Psychology of Consumer Behavior (pp. 252–268). Prentice Hall.
Juwita, S. (2023). Pengaruh Iklan Dan Perilaku Konsumtif Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee. Journal Economics and Strategy, 4(2), 37–46. https://doi.org/10.36490/jes.v4i2.897
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). In Small Business Marketing.
Kumita. (2023a). Dampak Globalisasi terhadap Perkembangan E-Commerce di Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(3), 78-90.
Kumita, N. K. A. . (2023b). E-Commerce dan Perkembangannya di Era Globalisasi. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(3), 78–90.
Kurniawan, et., al. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Keuangan Dan Perilaku Keuangan Sebagai Variabel Intervening Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Palangka Raya. Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 1(1), 50–63.
Kurniawan, H., & Nurwati, S. (2022). Analisis Pengaruh Biaya Promosi terhadap Profitabilitas Perusahaan di Sektor Retail Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Modern, 7(2), 44–55.
Lelet, P., Lumanauw, B., & Lintong, D. (2022). Pengaruh Ekuitas Merek, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Manzone Di Matahari Megamall Manado). Jurnal EMBA, 10(1), 1590–1599.
May, V., Ginting, N., & Cahyadi, D. (2024). Pengaruh Promosi Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Honda Idk. … (Indonesian Journal …, 5(2), 262–270.
Mufarizzaturrizkiyah, Aziz, A., Leliya, Pascasarjana, S., Ibn, U., Bogor, K., Hardani, D., Kamisutara, M., Purwantoro, G., Leninkumar, V., Sukendra, I. K., Atmaja Surya, I. K., Ting, O. S., Ariff, M. S. M., Zakuan, N., Sulaiman, Z., Saman, M. Z. M., Juwitasary, H., Christian, C., … dkk. (2019). E-Commerce. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Dr. Hj. Ee, Vol. 6115, Issue 1). CV ELSI PRO.
Nugroho & Ariwibowo. (2013). Pengaruh Trust dan Perceived Of Risk terhadap Niat untuk Bertransaksi Menggunakan E-commerce, Nominal, Barometer Riset. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 7(3), 52–59.
Nurliyati, D. (2022). Pengaruh literasi keuangan terhadap keputusan pembelian.
Oktapiani, Rusni, & L. (2024). Peningkatan gaya hidup dan literasi keuangan tehadap perilaku konsumtif mahasiswa rantau. 9(1), 1–4.
Panjalu, D. A., & Mirati, R. E. (2022). Analisis Pengaruh Minat Pengguna Fitur Paylater pada Aplikasi Shopee. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 3(2).
Purwanti, I. D., & Istiyanto, B. (2022). Peran Media Sosial, Influencer, Dan Kebudayaan Melalui Perilaku Konsumtif Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Variabel Intervening Pada Produk Bts Meal. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 5(2), 210–222. https://doi.org/10.37481/sjr.v5i2.456
Putra, K. P. A., & Wirawan, Y. R. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Dan Perilaku Konsumtif Terhadap Keputusan Pembelian Produk Menggunakan Aplikasi E Money “Shopee Pay” Pada Mahasiswa Universitas PGRI Madiun. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 2(1), 116–122.
Riyono, R., Astono, A. D., & M, R. N. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Oleh Mahasiswa. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 10(1), 61–71. https://doi.org/10.36694/jimat.v10i1.185
Safitri. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko, Kualitas Situs Web dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Fashion di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Pelanggan Zalora. co. id di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 26–35.
Sangadji, E. M., & S. (2013). Prilaku Konsumen. CV. Amdi Offset.
Saputri, I., & Sucipto, R. (2023). Pengaruh Financial Literacy Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Virtual Goods Game Online Mobile Legends. Jurnal Pariwisata Bisnis Digital Dan Manajemen, 2(2), 90–96. https://doi.org/10.33480/jasdim.v2i2.4660
Saragih, P. S., & Nainggolan, N. P. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia Pada Masyarakat Kota Batam. SCIENTIA JOURNAL : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(3). https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v5i3.7483
Satriadi, dkk. (2021). Manajemen Pemasaran. In Moh Suardi (Ed.), Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). Samudra Biru.
Sinurat, R., & Sinurat, J. (2020). Pengaruh PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN MEREK SEDAP DI DESA MEDAN ESTATE. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 191–197. https://doi.org/10.31849/jieb.v17i2.3890
Suhadarliha, Dwi Arini, Amelindha, Faisol, E. P. (2024). Manajemen Bisnis STARTUP (Dalam Pendekatan Konsep Dasar Kinerja). In Seval Publisher. https://katalog.penerbitseval.com/katalog/produk/manajemen-bisnis-startup-dalam-pendekatan-konsep-dasar-kinerja/
Sumartono, S. (2002). Perilaku konsumtif dalam masyarakat modern: Teori dan faktor yang mempengaruhi. Penerbit Andi.
Suryani, N. I., & Dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Kota Bogor. YUME : Journal of Management, 4(2), 254–272. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.787
Susanti, F., & Mulyani, C. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Iklan, Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Di Situs Shopee Pada Konsumen Kelurahan Lubuk Buaya. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 1155–1171. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.149
Thompson, S. (2013). Consumer Decision-Making Process: A Comprehensive Approach to Understanding Buying Behavior. Journal of Consumer Behavior, 15(2), 95–110.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Andi.
Trevio J, Lasmanah &, & Susilo S. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, dan Penggunaan Fintech terhadap Peran Inklusi Keuangan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 79–85. https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i2.2826
Utami, E. S., Aprilia, M. R., & Putra, I. C. A. (2021). Financial Literacy of Micro, Small, and Medium Enterprises of Consumption Sector in Probolinggo City. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(1), 10–17. https://doi.org/10.9744/jmk.23.1.10-17
Wahyuni, A. D., & Dahmiri, D. (2021). Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keamanan Konsumen Dan Implikasinya Terhadap Minat Beli Konsumen Di Marketplace Shopee Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 29–41. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i01.12384
Wahyuningsih, F. (2023). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku Dan Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Mahasiswa FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta Dalam Berinvestasi Tabungan Emas Di Pegadaian Syariah.
Widiastuti, R., & Anwar, M. F. (2023). Dampak Diskon Terhadap Akun Pendapatan dan Biaya dalam Laporan Keuangan Perusahaan Ritel di Jakarta. Jurnal Akuntansi Riset, 9(1), 32–40.
Yunita, S. & F. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Buka Lapak (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(190–105).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rachmatia Ika Riefthia, Nurshadrina Kartika Sari S.E., M.M dan Ihrom Caesar Ananta Putra, S.E.,M.Akun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License