VALUASI EKONOMI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DANAU PERINTIS KABUPATEN BONE BOLANGO

  • Ramlawati Tabito Universitas Negeri Gorontalo
  • Syarwani Canon Universitas Negeri Gorontalo
  • Boby Rantow Payu Universitas Negeri Gorontalo
Abstract views: 174 , pdf downloads: 191
Keywords: Pioneer lake, economic valuation, CVM, development strategy, SWOT Analysis

Abstract

Danau Perintis sebagai objek wisata merupakan wujud jasa lingkungan yang memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui valuasi ekonomi Danau Perintis sebagai objek wisata di Kabupaten Bone Bolango dan menentukan strategi pengembangan yang dapat dioptimalkan untuk meningkatkan potensi objek wisata Danau Perintis. Data yang digunakan berasal dari Dinas Pariwisata dan kuesioner kepada wisatawan dan pihak terkait. Metode yang digunakan untuk analisis valuasi ekonomi menggunakan Contingent Valuation Method (CVM) dan untuk analisis strategi menggunakan SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Hasil penelitian menunjukkan total valuasi keekonomian Danau Perintis berdasarkan CVM mencapai Rp. 4.061.114.000,00/tahun. Berdasarkan analisis SWOT, strategi yang diterapkan pada kawasan objek wisata Danau Perintis adalah dengan mempertahankan karakteristik objek wisata agar dapat menarik wisatawan, meningkatkan kemitraan dengan pelaku ekonomi lokal untuk menciptakan lapangan kerja yang berkelanjutan dan memaksimalkan potensi ekonomi yang ada pada objek wisata, mengoptimalkan dan menyediakan sarana pemancingan, mengadakan kegiatan yang meningkatkan daya tarik tempat wisata, meningkatkan kerjasama dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan untuk lebih mendukung pengembangan tempat wisata, memanfaatkan media sosial untuk promosi tempat wisata Danau Perintis dan memanfaatkan teknologi dalam pengelolaan dan wisata. pengalaman.

References

[1] Agustin, M., Ma’mun, S., & M.Baga, L. (2022). Strategi Pengembangan Wisata Bahari Di Pulau Pramuka Kabupaten Kepulauan Seribu, Dki Jakarta Mutiah. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(5), 3133–3149. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
[2] Al Madaidy, A., & Juwana, I. (2019). Penentuan Nilai Ekonomi Taman Nasional Gunung Ciremai Dengan Metode Contingen Valuation Method. Jurnal Rekayasa Hijau, 3(2), 147–156. https://doi.org/10.26760/jrh.v3i2.3147
[3] Astuti, M. T. (2018). Strategi Pengembangan Wisata Bahari Di Gili Trawangan Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat. National Conference of Creative Industry, 10(September 2018), 5–6. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1202
[4] Baymuminova, N., Shermukhammedova, G., & Choi, J. G. (2023). Estimating the Economic Value of Ichan Kala Using the Contingent Valuation Method (CVM). Sustainability (Switzerland), 15(3), 1–18. https://doi.org/10.3390/su15032631
[5] Budi Setyawan, T., Fahrudin, A., & Adi Susanto, H. (2020). Valuasi Ekonomi Wisata Memancing di Perairan Laut Sekitar Tanjung Kait, Tangerang, Banten: Pendekatan Contingent Valuation Method dan Travel Cost Method. Journal of Regional and Rural Development Planning, 4(3), 172–185. https://doi.org/10.29244/jp2wd.2020.4.3.172-185
[6] Nurhayati, N. P., & Darma, I. K. (2023). Strategy for Developing the Ecotourism Attraction of Baturiti Waterfall in the Parigi Moutong Area, Central Sulawesi. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 10(1), 67–74. https://doi.org/10.22225/jj.10.1.2023.67-74
[7] Safri, M. (2020). Pengembangan Wisata Alam Dengan Pendekatan Biaya Perjalanan (Edisi Pert). CV. Pena Persada. https://thesiscommons.org/e5vyp/download?format=pdf
[8] Sayogi, K. W., & Demartoto, A. (2018). PENGEMBANGAN PARIWISATA BAHARI (Studi Deskriptif Pada Pelaku Pengembangan Pariwisata Bahari Pantai Watukarung Desa Watukarung Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan). Journal of Development and Social Change, 1(1), 9. https://doi.org/10.20961/jodasc.v1i1.20728
[9] Tapatfeto, M. A. K., Bessie, J. L., & Kasim, A. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DALAM UPAYA PENINGKATAN KUNJUNGAN (Studi Pada Objek Wisata Pantai Oetune Kabupaten TTS). Journal of Management, 6(1), 1–20.
[10] Tresnadi, H. (2000). Valuasi Komoditas Lingkungan Berdasarkan Contingent Valuation Method. Jurnal Teknologi, 1(1), 38–53. https://doi.org/10.29122/jtl.v1i1.162
[11] ZULPIKAR, F., PRASETIYO, D. E., SHELVATIS, T. V., KOMARA, K. K., & PRAMUDAWARDHANI, M. (2017). Valuasi Ekonomi Objek Wisata Berbasis Jasa Lingkungan Menggunakan Metode Biaya Perjalanan di Pantai Batu Karas Kabupaten Pangandaran. Journal of Regional and Rural Development Planning, 1(1), 53. https://doi.org/10.29244/jp2wd.2017.1.1.53-63
[12] Wawo, M., Lengkong, J. P., & Tupan, C. I. (2020). The sustainable development strategy of marine tourism in Banda District of Central Maluku Regency based on economic valuation. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 517(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/517/1/012012
[13] Bagus Sanjaya, R. (2018). Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat Di Desa Kemetul, Kabupaten Semarang. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 05, 91. https://doi.org/10.24843/jumpa.2018.v05.i01.p05
[14] Furqony, M. I. (2018). Valuasi Ekonomi dan Strategi Pengembangan Wisata Alam Pendakian dan Mawar Camp Area. Economics Development Analysis Journal, 7(4), 395–403. https://doi.org/10.15294/edaj.v7i4.27720
[15] D. Ayuditya and R. Khoirudin, “Valuasi Ekonomi Untuk Obyek Wisata Di Pantai Menganti Kebumen Jawa Tengah,” Ilmu Ekon. Sos., vol. 13, no. 1, pp. 69–78, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/ekosos
[16] Khoirudin, R., & Khasanah, U. (2018). Valuasi Ekonomi Objek Wisata Pantai Parangtritis, Bantul Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 18(2), 152–166. https://doi.org/10.21002/jepi.2018.09
[17] T. A. Pertiwi, D. E. Noechdijati, and B. Dharmawan, “ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) PENGUNJUNG DALAM UPAYA PENGEMBANGAN AGROWISATA ‘SWEETBERRY’ DI KABUPATEN CIANJUR,” vol. 16, no. 2, pp. 500–518, 2022, doi: https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.02.15
[18] A. Pertiwi, I. Mei, and T. E. Riandhana, “PEMBERDAYAAN PEMUDA SADAR WISATA DALAM PENGELOLAAN KAWASAN PANTAI BAMBAHANO EMPOWERMENT,” vol. Vol.3 No.1, no. June, pp. 1–9, 2022

PlumX Metrics

Published
2024-08-02
How to Cite
Tabito, R., Canon, S., & Rantow Payu, B. (2024). VALUASI EKONOMI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DANAU PERINTIS KABUPATEN BONE BOLANGO. JAE (JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI), 9(2), 25-41. https://doi.org/10.29407/jae.v9i2.22829
Section
Volume 9 No. 2 Tahun 2024