Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility

  • Dwicitra Hardianti STIEM Bongaya Makassar
  • Anwar Anwar
Abstract views: 1602 , pdf downloads: 1463

Abstract

Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh ukuran perusahaan, leverage dan profitabilitas terhadap corporate social responsibility. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel tersebut, dan memberikan kontribusi dalam bentuk informasi yang bermanfaat bagi pemangku kepentingan seperti investor, pemilik dan manajemen perusahaan dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini menggunakan data sekunder sedangkan untuk populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Untuk teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling dimana pemilihan sampel yaitu berdasarkan kriteria, sedangkan untuk metodologi penelitian menggunakan metode kualitatif yang dikuantitatifkan, jumlah pengamatan sebanyak 27 perusahaan selama 2 tahun pengamatan yaitu tahun 2017 dan 2018. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program statistical package for social sciens (SPSS). Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel ukuran perusahaan memiliki pengaruh terhadap corporate social responsibility sedangkan untuk variabel leverage dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility.

PlumX Metrics

Published
2020-03-01
How to Cite
Hardianti, D., & Anwar, A. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility . JAE (JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI), 5(1), 107-114. https://doi.org/10.29407/jae.v5i1.14031
Section
Volume 5 No 1 Tahun 2020