Main Article Content

Abstract

 


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hasil belajar kognitif antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diterapkan pendekatan CTL melalui media video lokal terhadap siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV A dan B SDN Karangduak 2 Sumenep. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Instrumen atau perangkat yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pretest dan posttest, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam  penelitian ini adalah menggunakan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian yang telah diteliti menunjukkan bahwa pendekatan CTL melalui media video lokal berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif  siswa kelas IV SDN Karangduak 2 Sumenep. Hal tersebut dapat dilihat dari kolom Sig. (2-tailed) sebesar 0.003 < 0.05 yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran yang menggunakan pendekatan CTL melalui media video lokal terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Karangduak 2 Sumenep pada mata pelajaran IPS.

Keywords

local video media cognitive study result CTL approach

Article Details

How to Cite
Budiyono, F. (2018). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui Media Video Lokal terhadap Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SDN Karangduak 2 Sumenep. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 4(1), 34-42. https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i1.12165

References

  1. Abidin, Y. 2014. Desains System Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama
  2. Angel Gurría OECD Secretary-General, Snapshot of students’ science beliefs, engagement and motivation. dalam http://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf di akses 15-12-2017.
  3. Azwar, S. 1999. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Hamid, S. H., dkk. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: KementrianPendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
  5. Howe, A. C. & Jones, L. 1993. Engaging Childern in science. New York: Macmilan Publishing Company.
  6. Ghoni, D. & Almansur, F. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  7. Jumali, M., Surtikanti, & Sundari. 2008. Landasan Pendidikan Surakarta: UMS.
  8. Kemdikbud,http://nasional.kompas.com/read/2016/12/15/23091361/daya.imajinasi.siswa.lemah. di akses 15-12-2017
  9. Kepala Puspendik dalam Seminar bertajuk "Hasil Penilaian Pendidikan untukKebijakan"yangdilaksanakanPusatPenilaianPendidikan,BadanPenelitiandanPengembangan,Kemdikbud,http://nasional.kompas.com/read/2016/12/15/23091361/daya.imajinasi.siswa.lemah. di akses 15-12-2017.
  10. Majid, A. & Rochman, C. 2015. Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  11. Mardalis. 2008. Metode Penelitian“Suatu Pendekatan Proposal”. Jakarta: Bumi Aksara.
  12. Moleong, L. J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  13. Mulongo, G. 2013. Effect of Active Learning Teaching Methodology on Learner Participation. Journal of Education and Practice. Vol. 4, No. 4.
  14. Prastowo, A. 2014. Pembelajaran Kontruktivistik;Scientific untuk Pendidikan Agama di Sekolah/Madrasah; terkait teori, aplikasi dan riset. Jakarta: Rajawali Press
  15. Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik, Jakarta: Kencana Predanamedia Group 2014.
  16. Sa’ud, U. 2011. Inovasi Pendidikan. Bandung: ALFABETA
  17. Samatowa, U. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Indeks.
  18. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  19. Sukmadinata, N. S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  20. Suprihatiningrum, J. 2016. Strategi Pembelajaran; teori & aplikasi. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
  21. Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  22. Toharudin, dkk. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.