Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hasil belajar kognitif antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diterapkan pendekatan CTL melalui media video lokal terhadap siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV A dan B SDN Karangduak 2 Sumenep. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Instrumen atau perangkat yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pretest dan posttest, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian yang telah diteliti menunjukkan bahwa pendekatan CTL melalui media video lokal berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Karangduak 2 Sumenep. Hal tersebut dapat dilihat dari kolom Sig. (2-tailed) sebesar 0.003 < 0.05 yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran yang menggunakan pendekatan CTL melalui media video lokal terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Karangduak 2 Sumenep pada mata pelajaran IPS.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Abidin, Y. 2014. Desains System Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama
- Angel Gurría OECD Secretary-General, Snapshot of students’ science beliefs, engagement and motivation. dalam http://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf di akses 15-12-2017.
- Azwar, S. 1999. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Hamid, S. H., dkk. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: KementrianPendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
- Howe, A. C. & Jones, L. 1993. Engaging Childern in science. New York: Macmilan Publishing Company.
- Ghoni, D. & Almansur, F. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
- Jumali, M., Surtikanti, & Sundari. 2008. Landasan Pendidikan Surakarta: UMS.
- Kemdikbud,http://nasional.kompas.com/read/2016/12/15/23091361/daya.imajinasi.siswa.lemah. di akses 15-12-2017
- Kepala Puspendik dalam Seminar bertajuk "Hasil Penilaian Pendidikan untukKebijakan"yangdilaksanakanPusatPenilaianPendidikan,BadanPenelitiandanPengembangan,Kemdikbud,http://nasional.kompas.com/read/2016/12/15/23091361/daya.imajinasi.siswa.lemah. di akses 15-12-2017.
- Majid, A. & Rochman, C. 2015. Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
- Mardalis. 2008. Metode Penelitian“Suatu Pendekatan Proposal”. Jakarta: Bumi Aksara.
- Moleong, L. J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Mulongo, G. 2013. Effect of Active Learning Teaching Methodology on Learner Participation. Journal of Education and Practice. Vol. 4, No. 4.
- Prastowo, A. 2014. Pembelajaran Kontruktivistik;Scientific untuk Pendidikan Agama di Sekolah/Madrasah; terkait teori, aplikasi dan riset. Jakarta: Rajawali Press
- Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik, Jakarta: Kencana Predanamedia Group 2014.
- Sa’ud, U. 2011. Inovasi Pendidikan. Bandung: ALFABETA
- Samatowa, U. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Indeks.
- Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- Sukmadinata, N. S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Suprihatiningrum, J. 2016. Strategi Pembelajaran; teori & aplikasi. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
- Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Toharudin, dkk. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.