Implementasi Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Peningkatan Hasil Belajar Menulis Puisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Syaiful Bahri STKIP PGRI Sumenep

Abstract


 
Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Think Talk Write dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis puisi siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan sebagai berikut, (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Batu Belah Timur I tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pra tindakan memperoleh tingkat ketercapaian klasikal pada aspek kognitif sebesar 45,33%, dan tindakan I sebesar 70% sedangkan pada tindakan II sebesar 90%. Aspek rata-rata nilai afektif pada pra tindakan menunjukkan 67,00, setelah dilakukan tindakan I rata-rata nilai afektif meningkat menjadi 79,52 dan mengalami peningkatan menjadi 98,33 pada tindakan II, sedangkan aspek psikomotorik rata-rata nilai psikomotor pada pra tindakan menunjukkan 64,50, setelah dilakukan tindakan I rata-rata nilai psikomotor meningkat menjadi 83,00 dan mengalami peningkatan menjadi 98,00 pada tindakan II
Keywords
Think Talk Write (TTW), writing poetry, learning results

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT Raja Garfindo Persada.
Lubis, M. 1997. Sastra dan Tekhniknya. Jakarta : Obor Indonesia.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yamin, M. s& Ansari, B., I. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Pers.
Published
2018-07-10
How to Cite
BAHRI, Syaiful. Implementasi Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Peningkatan Hasil Belajar Menulis Puisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 87-100, july 2018. ISSN 2579-6461. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12164>. Date accessed: 17 july 2019. doi: https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i1.12164.