Umar Wirahadi Kusuma Penggunaan Analytical Hierarchy Process Untuk Sistem Pendukung Keputusan Bantuan Siswa Miskin

Main Article Content

Umar Wirahadi Kusuma

Abstract

Dalam kehidupan saat ini teknologi semakin canggih dan berkembang pesatdibidang Teknologi Informasi. Komputer saat ini bukanlah suatu hal yang asing lagi, tapi sudahmenjadi kebutuhan bagi banyak orang. Adanya computer bisa membantu atau mempermudahsegala bentuk kebutuhan manusia akan informasi dan teknologi. Sekolah saat ini hamper semuaadministrasi dan keuangan dibantu oleh computer. Bahkan juga untuk pemberian Bantuan KhususSiswa Miskin (BKSM) saat ini banyak yang sudah menggunakan computer. Hanya saja pengelolaanBKSM saat ini yang belum terakumulasi menggunakan database secara optimal, menyebabkankesulitan dalam pemrosesan data yang menyebabkan lamanya proses penentuan penerimaanBKSM.Hasil dari system pendukung keputusan atau prediksi diambil dari factor- factor yangmempengaruhi prestasi belajar siswa, yaitu keadaan keluarga, keadaan kesehatan orang tua,penghasilan orang tua, Jumlah keluarga yang ditanggung yang masih sekolah, dan prestasi yangdimiliki siswa. Kriteria- kriteria tersebut akan digunakan sebagai pertimbangan, bobot penilaiantertinggi yang didapat diasumsikan sebagai alternative terbaik, sehingga akan muncul dalambentuk data prioritas (rangking).Sistem Pendukung Keputusan ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process(AHP) untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan adanya system SPK BKSM akanmempermudah dan mempercepat pengambilan keputusan. Dengan system yang dapat mempercepatpengambilan keputusan ini juga akan meningkatkan kualitas keputusan dalam menentukan siswayang berhak menerima BKSM. Sistem ini hanya bersifat sebuah rekomendasi sebuah keputusankepada pihak sekolah, untuk proses selanjutnya tetap tergantung pada sekolah yang bersangkutan.Kata Kunci— SPK, BKSM, AHP

Article Details

How to Cite
KUSUMA, Umar Wirahadi. Umar Wirahadi Kusuma Penggunaan Analytical Hierarchy Process Untuk Sistem Pendukung Keputusan Bantuan Siswa Miskin. Generation Journal, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 42-51, july 2018. ISSN 2549-2233. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/gj/article/view/12250>. Date accessed: 21 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.29407/gj.v2i2.12250.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.