KOMPETENSI GURU PENJASORKES KAITANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DAN PERSEPSI GURU NON-PENJASORKES DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMPN SE-KOTA KEDIRI

  • Reo Prasetiyo Herpandika universitas nusantara pgri kediri

Abstract

 
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui hasil uji kompetensi guru Penjasorkes SMPN se-Kota Kediri, 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Penjasorkes SMPN se-Kota Kediri, 4) untuk mengetahui persepsi guru non-Penjasorkes terhadap kompetensi guru Penjasorkes SMPN se-Kota Kediri, 5) untuk mengetahui kaitan antara hasil uji kompetensi guru Penjasorkes dengan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran di SMPN se-Kota Kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian non-ekseperimental berupa deskriptif kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kompetensi guru penjasorkes dan variabel terikat adalah, hasil belajar siswa dan persepsi guru non-Penjasorkes. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 472 siswa, 84 guru non-Penjasorkes dengan menggunakan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan. Analisis data yang digunakan adalah pearson correlation. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa, 1) hasil uji kompetensi guru dibawah standar yang telah ditetapkan pemerintah, 2) hasil belajar siswa sudah memenuhi Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) yang sudah ditentukan oleh tiap-tiap sekolah, dan untuk 3) persepsi guru non Penjasorkes termasuk dalam kategori baik. Sedangkan 5) kaitan antara uji kompetensi guru Penjasorkes dengan hasil belajar diperoleh nilai signifikansi lebih besar daripada nilai taraf siknifikansi alpha (α). Dengan demikian, H0 diterima yang berarti tidak ada hubungan hasil uji kompetensi guru Penjasorkes dengan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran di SMPN se-Kota Kediri. Simpulan dari penelitian ini adalah: 1) hasil uji kompetensi guru Penjasorkes SMPN se-Kota Kediri dibawah standar kelulusan yang sudah ditetapkan pemerintah, 2) hasil belajar siswa SMPN se-Kota Kediri dalam pembelajaran Penjasorkes sudah (KKM) yang ditetapkan masing-masing sekolah, 3) persepsi guru non-Penjasorkes terhadap kompetensi guru penjasorkes SMPN se-Kota Kediri  termasuk dalam kategori baik, 5) tidak ada kaitan hasil uji kompetensi guru Penjasorkes dengan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran di SMPN se-Kota Kediri.

References

Abduhzen, Mohammad. 2012.Kerancuan Kurikulum 2013, (Online).(http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/13/16344050/Kerancuan.Kurikulum.2013, diunduhtanggal 29Desember 2012).Abdullah, Arma dan Manadji, Agus.1994.Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani.Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.Arikunto, Suharsimi. 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prektek. Jakarta: PT Rineka Cipta.Aritonang, Lerbin R. 2005.Kepuasan Pelanggan Pengukuran dan Penganalisisan dengan SPSS.Jakarta: PTGramedia Pustaka Utama.Atmojo, Seto. 2012.Hakikat Belajar,(Online). (http://sporteducationcentre.blogspot.com/2012/09/hakikat-belajar.html, diunduh tanggal 27 Desember 2012).BadanPengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan MutuPendidikan, 2013.Pedoman Uji Kompetensi Guru 2103, (Online). (http://disdik-agam.org/File/kisi-kisi ukg/PedomanUKG%202013Final.pdf, diunduh pada tanggal 17 Juli 2013).BadanStandar Nasional Pendidikan. 2006.Standar Isi Sekolah MenengahPertama Dan MadrasahTsanawiyah, (Online).(http://litbang.kemdikbud.go.id/content/Buku%20Standar%20Isi%20SMP(1)/, diunduh tanggal 13Desember 2012)
Budi, Asto. 2011.Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru Mata Pelajaran Chasis dan SistemPemindah Tenaga Terhadap Kepuasan Siswa Kelas II Teknik Otomotif di SMK 45 Wonosari,(Online). (http://eprints.uny.ac.id/2833/1/ASTO_BUDI_-_085044245019.pdf, diunduh tanggal 17November 2012).Budi, Ras Eko Santoso. 2012.Pengertian Hasil Belajar, (Online). (http://ras-eko.blogspot.com/2012/11/pengertian-hasil-belajar.html, diunduh tanggal 23 Februari 2013).Faiq, Nuraini. 2012.37 Ribu Guru di Jatim Tak Lulus UKG, (Online).(http://surabaya.tribunnews.com/2012/08/26/37-ribu-guru-di-jatim-tak-lulus-ukg, diunduh tanggal27 Juli 2013).Hakim, Thursan. 2000.Belajar Secara Efektif: Panduan Menemukan Teknik Belajar, Memilih Jurusan, danMenentukan Cita-cita.Jakarta : Puspa Swara.Hamid, Huzaifah. 2012.Pengertian Hasil Belajar,(Online).(http://zaifbio.wordpress.com/2012/09/02/pengertian-hasil-belajar/, diunduh tanggal 27 Desember2012).Harsuki,H. 2003.Perkembangan Olahraga Terkini Kajian Para Pakar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.Maksum, Ali. 2009.Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya : Unesa University Press.Maksum, Ali. 2012.Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya : Unesa University Press.Masbow, 2009.Apa itu Persepsi?,(Online). (http://www.masbow.com/2009/08/apa-itu-persepsi.html, diunduhtanggal 9 Desember 2012).Mulyasa, 2013.Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Musfah, Jejen. 2011.Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan sumber Belajar: Teori dan Praktik.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.Nasution, Nikka. 2009Survey Persepsi GuruNon-Penjasorkes Terhadap Kinerja Guru Penjasorkes Di SMASe-Kecamatan Batang Kabupaten Batang.Skripsi Sarjana Pendidikan, Universitas NegeriSemarang.Nugroho, Satria. S. 2010.Survei tentang Motivasi Siswa Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMPNegeri 3 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan FIK, Universitas NegeriMalang.Nurhasan, dkk. 2005.Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani.Surabaya: Unesa University Press.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor23 Tahun 2006, Tentang StandarKompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. (Online).(http://puskurbuk.net/web/download/uu/20PermenNo23Th2006.pdf, diunduh pada tanggal 17Oktober 2012)
Published
2015-10-19
How to Cite
HERPANDIKA, Reo Prasetiyo. KOMPETENSI GURU PENJASORKES KAITANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DAN PERSEPSI GURU NON-PENJASORKES DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMPN SE-KOTA KEDIRI. EFEKTOR, [S.l.], v. 3, n. 1, oct. 2015. ISSN 2355-956X. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/206>. Date accessed: 23 june 2018. doi: https://doi.org/10.29407/e.v3i1.206.