PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS SPIRITUALITAS, BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.29407/jae.v3i1.12010Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur-unsur spiritualitas, budaya dan kearifan lokal dalam rangka membangun sintesis dalam pembelajaran akuntansi. Budaya dan kearifan lokal dalam penelitian ini dibatasi hanya mengacu kepada unsur-unsur budaya dan kearifan lokal dalam budaya Jawa dimana penulis berada dalam lingkungan social dan berintaraksi di dalamnya. Dalam penelitian ini digunakan studi literature dengan pendekatan etnografi, yaitu menemukan unsur-unsur dalam budaya jawa yang merupakan nilai dan diparktikan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Jawa untuk kemudian dijadikan sebagai suatu sintesis dalam pembelajaran akuntansi. Dengan memasukkan unsur-unsur budaya Jawa, yang merupakan kearifan lokal dalam pembelajaran akuntansi, diharapkan peserta didik (baik siswa maupun mahasiswa) memiliki pengetahuan dan wawasan luas serta tidak terlalu kaku dalam memandang akuntansi sebagai disiplin yang multiparadigma, disamping juga pembelajaran akuntansi menjadi menarik dan tidak kering.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License