Main Article Content

Abstract

Hasil belajar siswa rendah disebabkan motivasi belajar rendah dan pembelajaran berpusat pada guru. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan variasi pembelajaran agar dapat tercapai hasil belajar yang maksimal. Jenis penelitian tindakan kelas dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas guru sebesar 100% kriteria sangat baik, aktivitas siswa sebesar 92,5% kriteria sangat baik dan hasil belajar yaitu aspek sikap terdapat 2 aspek tuntas, aspek keterampilan terdapat 32 siswa tuntas, dan aspek pengetahuan sebesar 90% kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Keywords

peningkatan hasil belajar aktivitas siswa model mind mapping

Article Details

How to Cite
Mismoyo, P., Murti, T., & Untari, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku melalui Model Mind Mapping. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 5(1), 1-14. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.12689

References

  1. Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Buzan, Tony. 2005. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  3. Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  4. Mehakati, Frederikus Umbu. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan (Mind Mapping) Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sd. 678 Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 7 Tahun ke-6 2017. https://www.google.com/url/jurnal.fkip.uns.ac.id%2Findex.php
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. (Online).(https:// bsnp-indonesia.org/), diakses pada 23 April 2018
  6. Safitri, Dyah. 2016. Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd N Balangan 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 3 Tahun ke-5 2016. Dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/
  7. Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  8. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  9. Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.
  10. Yoananda, Devi Afriyuni. 2017. Peningkatan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Pkn Tentang Sistempemerintahan Melalui Metode M2m (Mind Mapping) Kelas Iv Mi Mambaul Ulum Tegalgondo Karangploso Malang. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.1 Edisi Januari 2017. Dari http://eprints.umm.ac.id/ 30766/