Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan

  • Hidayati Nur Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Abstrak–Using Waterfall Method in Sales Information System Architecture. Bidang usaha penjualan memang sangat menarik untuk ditekuni, bukan hanya perusahaan atau organisasi, tapi masyarakat luas juga berusaha keras mengembangkan usahanya didalam  bidang ini. Akan tetapi usaha keras mereka didalam meningkatkan penjualannya tidak diimbangi dengan penggunaan sistem informasi yang baik, sehingga dapat menimbulkan permasalahan. Permasalahan tersebut muncul karena organisasi ataupun perusahaan  masih menggunakan sistem konvensional seperti dalam pemesanan barang, pengolahan data, penyimpanan data dan pembuatan laporan penjualannya. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya kesalahan pencatatan data, pencarian data terlalu lama dan keterlambatan dalam pembuatan laporan serta data yang dihasilkan tidak akurat. Salah satu contoh pembahasan disini adalah Toko Fadhil Genteng Bogor, karena Toko ini memiliki usaha penjualan yang perkembangannya bagus dan  sangat membutuhkan sekali adanya sistem informasi yang terkomputerisasi sehingga dapat memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggannya, membutuhkan pengolahan data yang baik sehingga menghasilkan informasi yang akurat. Oleh karena itu, diperlukan adanya rancang bangun sistem informasi penjualan untuk dapat diterapkan di  Toko tersebut, dengan  menggunakan Netbeans dan database MySQL. Metode yang digunakan dalam rancang bangun sistem  ini menggunakan Waterfall. Dengan penggunaan metode ini, maka akan lebih mempermudah dalam pembuatan rancang bangun sistem penjualan terutama pada Toko Fadhil Genteng Bogor, sehingga permasalahan yang dihadapinya dapat teratasi.
Published
2019-01-07
How to Cite
NUR, Hidayati. Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan. Generation Journal, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-10, jan. 2019. ISSN 2549-2233. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/gj/article/view/12642>. Date accessed: 19 jan. 2019. doi: https://doi.org/10.29407/gj.v3i1.12642.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.