Pendampingan Education Management Information System (EMIS) Dalam Pengelolaan Data Pendidikan Di Pesantren Subulussalam Plosokandang Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.29407/dimastara.v5i1.27481Keywords:
EMIS, Pesantren, Sistem Informasi Pendidikan, Pendampingan digital, tata kelola dataAbstract
Transformasi digital dalam tata kelola pendidikan merupakan kebutuhan penting di era industri 4.0, termasuk bagi lembaga pendidikan Islam seperti pesantren yang masih menghadapi keterbatasan akses dan pemahaman teknologi informasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan untuk menjawab permasalahan pengelolaan data pendidikan di Pesantren Subulussalam Tulungagung yang belum optimal dalam penggunaan Education Management Information System (EMIS). Program pendampingan ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Program Magister Prodi Manajemen Pendidikan Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan pendekatan workshop partisipatif yang dipadukan dengan praktik langsung di lapangan. Sebanyak delapan orang pengelola dan operator pesantren terlibat aktif dalam kegiatan ini, yang meliputi pelatihan input data santri, validasi mutasi antar lembaga, serta pelaporan berbasis sistem EMIS versi 4.0. Evaluasi hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan teknis operator dalam mengelola data digital, dengan tingkat keberhasilan penerapan mencapai 85% pada tahap akhir pendampingan. Kegiatan berlangsung dengan partisipasi tinggi dan antusiasme kuat dari pengurus pesantren. Hasil kegiatan ini membuktikan bahwa pendampingan teknis yang terstruktur dan partisipatif mampu meningkatkan kapasitas digital lembaga pendidikan Islam, memperkuat akuntabilitas data, serta mempercepat integrasi pelaporan pendidikan berbasis sistem nasional.
Downloads
References
[1] Imam Makruf, “Pengembangan Mutu Lembaga Pendidikan Islam di Era Digital: Analisis Problematika, Tantangan, dan Strategi,” J. Transform. Pendidik. Islam, 2022.
[2] M. El Widdah, “Madrasah Management Strategy as the Education Base for Religious Cadre,” Int. J. Learn. Teach. Educ. Res., vol. 21, no. 11, pp. 227–242, 2022.
[3] Siswati, Y. Oktavia, F. Sari, M. Eliza, A. F. Abbasa, and A. A. Afifi, “Perancangan Sistem Informasi Siswa Berbasis Website di Perguruan Darulfunun El-Abbasiyah,” J. Inisiat. Pengemb. Drh. dan Teknol., vol. 1, pp. 27–35, 2023, doi: https://doi.org/10.58764/j.jrdti.2023.1.47.
[4] N. M. Nurdiansyah, “Manajemen Pesantren Modern Berbasis Multikulturalisme (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Modern Subulussalam,” J. Kaji. Ilmu Dan Budaya Islam, vol. 3, p. 280, 2020.
[5] Suliswiyadi, S. Pawenang, Imron, and A. Tantowi, Stigmatisasi Pesantren Radikalisme-Terorisme: Analisis Disfungsi Supervisi Kurikulum. The Mattingley Publishing, 2020.
[6] Mardiana, “Pendampingan Sistem Informasi EMIS di Madrasah Aliyah Negeri 3 Cirebon,” J. Abdimas Nusant., vol. 4, no. 2, pp. 45–52, 2022.
[7] Rohman and Mustofa, “Penerapan Sistem Informasi EMIS dalam Meningkatkan Efisiensi Administrasi Madrasah,” J. Abdimas Edukasi dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 55–63, 2023.
[8] Yuliana and Kurniawan, “Community-Based Learning dalam Pemberdayaan Digital Madrasah,” J. Pengabdi. Masy. Berdaya, vol. 2, no. 3, pp. 41–49, 2021.
[9] Santoso, “Peningkatan Kompetensi Digital Guru dan Operator Sekolah melalui Pelatihan EMIS,” J. Abdi Teknol. Masy., vol. 7, no. 2, pp. 112–118, 2023.
[10] Setiawan, “Model Transformasi Digital pada Lembaga Keagamaan Berbasis Komunitas,” Pros. Semin. Nas. Abdimas UAD, vol. 4, no. 1, pp. 101–110, 2024.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


